//
you're reading...
Nasional

Empat Nama Calon Kepala Staf Angkatan Darat

kasad
Jakarta –BIN
Komisi Pertahanan DPR menyatakan setidaknya ada empat perwira tinggi TNI Angkatan Darat berpangkat letnan jenderal yang berpeluang menjadi Kepala Staf Angkatan Darat menggantikan Jenderal Pramono Edhi Wibowo. Adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini segera masuk masa pensiun pada bulan Mei mendatang.
Keempat perwira itu adalah Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Gatot Numantyo, Wakil KSAD Letnan Jenderal Moeldoko, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal Muhammad Munir, serta Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Letjen Waris. “Semua sama kuat, tapi yang paling potensial adalah Wakil KSAD,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin saat dihubungi Tempo, Kamis, 18 April 2013.
Hasanuddin beralasan sejarah TNI yang menganut jenjang karier, posisi KSAD selalu diisi oleh wakilnya. Namun politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menilai Moeldoko punya kekurangan. Usia yang tak jauh dari pensiun, yakni 55 tahun, bakal menjadi pertimbangan. “Tinggal tiga tahun lagi dia pensiun, sementara untuk posisi KSAD kan bisa lama, bisa sampai lima tahun,” ujar dia.

Jika melihat segi umur, Letjen Gatot Numantyo-lah yang paling berpeluang. Sebab, dengan usia di bawah 55 tahun, masa baktinya akan diunggulkan. “Tapi Letjen Munir dan Letjen Waris juga punya kelebihan sendiri.”
Sementara itu, anggota Komisi Pertahanan, Mayor Jenderal (Purnawirawan) Yahya Sacawiria, berpendapat calon KSAD terkuat ada dua, Moeldoko dan Munir. Yahya menilai prestasi jenjang karier keduanya hampir sama. “Mereka pernah jadi pangdam, menjabat komando, hingga jadi Pangkostrad dan Wakil KSAD,” kata Yahya saat dihubungi hari ini.
Mantan perwira tinggi TNI AD ini mengatakan mekanisme Dewan Kepangkatan Tinggi Mabes TNI awalnya akan mengumpulkan nama calon KSAD. Biasanya akan terpilih satu calon yang akan diserahkan ke Presiden. “Jadi yang tentukan nanti Presiden. Kita tunggu saja.”(Red)

About these ads

Discussion

One thought on “Empat Nama Calon Kepala Staf Angkatan Darat

  1. ….

    Posted by darius | May 8, 2013, 14:34

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Blog Stats

  • 84,793 hits
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 357 other followers

%d bloggers like this: