//
you're reading...
Nasional

Soal Keluarga Picu Laka Lantas

BUAHBATU – Selama ini, kecelakan lalu lintas mayoritas akibat human error. Namun, ada fakta menarik yang ditemukan Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (BP3APKKB) Jabar, yaitu kecelakaan yang terjadi di jalanan, adalah karena hubungan tidak harmonis dalam keluarga. Namun, fakta ini belum diteliti lebih lanjut dan masih belum mencuat ke permukaan. Meskipun BP3APKKB Jabar menemukan kasus ini.

Hal ini terungkap dalam diskusi dan sosialisasi keselamatan lalu lintas yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Polda Jabar, dan Jasa Raharja di hadapan ratusan pengemudi taksi Blue Bird di Pool Taxi Blue Bird, Jln. Terusan Buahbatu, Bandung, Selasa (21/5).

“Saya pernah menemukan kasus, ada seorang pengemudi yang mengaku, ia tidak konsentrasi saat mengemudi karena sedang ada masalah dengan keluarganya dan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Ini menunjukkan, persoalan keluarga sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi pengemudi yang berpotensi memicu terjadinya pelanggaran lalu lintas,” ujar Ketua BP3APKKB Jabar, Nenny Kencanawati.

Jaga emosi

Sementara itu, Kepala Dishub Jabar, Deddy Taufik mengatakan, para pengemudi diharapkan bisa menjaga kestabilan ego dan emosinya ketika bekerja. Sangat dimungkinkan persoalan keluarga menjadi pemicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, pihaknya berkewajiban mengubah perilaku pengemudi saat berkendara.

“Domain kita ‘kan keselamatan, kita punya kewajiban mengubah perilaku pengemudi agar menjadi lebih baik. Kita mengharapkan, sebelum berangkat bekerja diusahakan tidak ada masalah dengan keluarga. Justru mintalah restu kepada anak dan istri saat akan bekerja,” kata Deddy.

Ia berharap, melalui upaya sosialisasi keselamatan lalu lintas, mindset para pengemudi saat berkendara bisa diubah. Berbagai persoalan keluarga pun harus bisa diselesaikan agar tidak berpengaruh pada kondisi kejiwaan pengemudi saat mengendarai kendaraannya.

General Manager Pool Taxi Blue Bird Group Area Bandung, Sudaryono mengatakan, pihaknya sangat mengapreasi ada sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada para pengemudi. Diharapkan pengemudi merasa tercerahkan dengan pemaparan dari berbagai narasumber.
(B.96)**
(BIN)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: