//
you're reading...
Nasional

10 Persen Balita Mederita Kurang Gizi Di Desa Sindangpakuon

gizi buruk-1CIMANGGUNG-BIN, Gizi buruk bukan hanya penyebab kepada ekonomi lemah saja tetapi biasa terjadi kepada ekonomi kelas menengah ke atas karena kurang telatenya pihak keluarga dalam memberi makan dengan asupan gizi yang cukup.

Untuk lebih paham bagaimana cara memberikan asupan gizi yang baik dalam mendapatkan pemahaman bagaimana cara merawat anak balita agar tidak terserang gizi buruk di lakukan musyarawah masyarakat desa (MMD).

Selain itu di berikan pemahaman oleh residensi mahasiswa pasca sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung angakatan ke 5 yang bekerjasama dengan Desa Sindapakuon dengan menerapkan pola asah, asih asuh di harapkan  balita dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sehingga dapat melahirkan generasi muda yang sehat dan keatif.

Kepala Seksi (kasi) Sosial Kecamatan Cimanggung H Agus Munajat memberikan dukungan kepada pihak Unpad yang telah melakukan praktek keperawatan komunitas selama 2 bulan di Desa Sindangpakuon. Di harapkan selama praktek di lapangan bisa memberikan dampak kepada para orang tua khususnya para ibu agar bisa mendapat pemahaman yang lebih di banding sebelumnya dalam memberikan perawatan terhadap keluarga yang mempunyai anak balita.

“Diharapkan bisa berdampak positip dengan di lakukanya kegiatan praktek lapangan terutama kepada orang tua yang masih mempunyai anak balita, dan bisa lebih memperhatikan para balitanya dalam pemberian gizi,”katanya

Di tempat yang sama Kepala Puskesmas Cimanggung menyampaikan bahwa selama dua minggu ada pendataan kepada para balita yang ada di wilayah Cimanggung, tentunya dengan pendaataan itu bisa mendapat hasil di lapangan soal penangangan balita jika mengetahui ada permasalahan di lapangan.

“Bagaimana cara penangananya jika di temukan kasus kesehatan balita yang harus segera di lakukan penanganan secepatnya. Tentunya dengan pendataan yang di lakukan beberapa waktu lalu bisa mendapat informasi dan melihat secara langsung masalah-masalah yang ada di lingkungan masyarakat,”kata Maya Rosmayati SKM Kepala Puskesmas Cimanggung, Selasa (21/5).

Secara langsung persentasi hasil pendataan di sampaikan oleh Deli Yuliana Rahmat mahasiswa pasca sarjana Fakultas Keperawatan Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung. Hasil pendataan di lapangan jumlah balita laki-laki ada 413 balita dan perempuan 418 balita.

Sedangkan data subjektif di lapangan seorang ibu mengatakan bahwa anaknya sering jajan di luar dari pada makan di rumah dan tidak mengetahui makanan yang baik untuk anaknya. Data Objektif 42 % tidak mengetahui makanan/minuman terbaik untuk bayi, 45 % tidak mengetahui apa itu karbohidrat dan 49 % tidak mengetahui apa protein.

“Penyebabnya karena peran aktif masyarakat dan keterbatasan sumber daya masyarakat dan masalahknya adalah defisiensi pengetahuan bagi orang yang bersangutan,”katanya.Untuk status pertumbuhan balita sebagian mempunyai status gizi baik, tetapi ada sekitar 10 % balita yang mempunyai giji kurang. Gizi kurang akan berpengaruh terhadap kesehatan balita, selain itu pertumbuhan dan perkembanganya kemungkinan akan terlambat.

“Sebagian perkembangan  status balita sudah sesuai standar kesehatan, tetapi ada sekitar 16 % meragukan di karenakan kurangnya motivasi keluarga dalam memperhatikan perkembangan balita,”pungkasnya (A * )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: