//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Ribuan Beras Raskin Raib Di Desa Sukamulya…

wawan KUstiawan@BANDUNG-BIN – Sebanyak 1,4 ton beras untuk warga warga miskin (raskin ) diduga digelapkan Kepala Desa Sukamulya,Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.Pasalnya jumlah raskin jatah masyarakat bulan Desember 2012 itu tidak ada barangnya ketika dimintai pertanggungjawabannya oleh masyarakat desa Sukamulya.
Berdasarkan hasil investigasi dilapangan berita acara serah terima beras raskin,Desa Sukamulya mendapatkan jatah sekitar 13 ton yang terbagi menjadi 15 kg. Namun yang tersalurkan hanya sekitar 823 karung umtuk 13 RW yang ada di Desa, BPD Sukamulya mencatat,RW 1 mendapatkan jatah 70 karung. Rw 2 mendapatkan jatah 78 karung,RW 3(65 karung),RW 4 (63 karung),RW 5(92 karung),RW 6 (66 karung), RW 7(63 karung), RW 8 (36 karung), RW 9 (47 karung), RW 10 (60 karung),RW 11 (62 karung), RW 12(53 karung),dan RW 13 (68 karung). Jumlah tersebut di dapatkan dari data pemeriksaan yang dilakukan BPD Sukamulya. Data tersebut juga di tandatangani dan cap (stempel) masing-masing RW,” berdasarkan bukti-bukti yang ada,
Awalnya,,dugaan adanya penggelapan raskin tersebut berasal dari laporan masyarakat.Namun masyarakat tidak memiliki bukti yang kuat terkait dugaanya. Dengan adanya beberapa karung beras raskin ketika itu sebanyak 10 karung beras yang tersimpan ketika rapat di gudang kantor Desa,kamis 20 Desember 2012.Ketika ditanya kepada aparat Desa yang biasa mengurus raskin,sejumlah beras itu merupakan jatah aparat Desa.Namun ketika ditanya di forum,aparat Desa mengaku sudah mendapatkan jatah jauh-jauh hari.Bahkan ada yang tidak mengambil jatah tersebut, Menurut dugaan penggelapan raskin tersebut diperkirakan sudah berlangsung sejak lama.Pasalnya setiap RW juga RT selalu mendapat kan jatah yang sama dalam setahun ini.pada tahun 2012 “Rekaman kepala Desa yang berbincang dengan salah satu tim investigasi.Ia mengaku telah mengaku 1 Ton beras raskin itu ke Majalaya.Sebab Kepala Desa tidak mau persoalan ini mencuat di Masyarakat.
Hasil investigasi dilapangan sejumlah warga,terindikasi kuat kasus dugaan penggelapan raskin tersebut juga melibatkan oknum perangkat Desa.Pasalnya sejumlah aparat Desa BPD,masyarakat,bahkan aparat yang seharusnya memiliki tanggung jawab terhadap raskin,yakni Kepala Seksi(Kasi) Kesejahteraan Rakyat (Kesra)Desa Sukamulya,tak mengetahui segara pasti tentang detail pendistribusiannya. Yang mendistribusikan beras-beras ini dan yang mengurus semuanya merupakan orang kepercayaan Kepala Desa.Dan orang ini juga sempat berubah jawaban ketika ditanya tentang 10 karung beras yang disimpan di gudang kantor Desa.
Bukti-bukti penggelapan yang saat masih ada tersimpan oleh pihak nara sumber dan serta suda di serahkan anggota polres bandung (Unit tipiter ).dan hal ini sempat mau di laporakannamun tidak adanya tanggapan melaporkan penggelapan tersebut bersama anggota BPD Sukamulya pada Rabu 26 Desember2012. Namun pihaknya belum mendapatkan tanggapan dari pihak kepolisian sampai saat ini .
Berawal pengaduan melalui polsek Rancaekek,tapi kami diminta untuk melaporkan kasus ini ke Polres Bandung.Sejauh ini laporan sudah empat bulan sampai saat belum adanya pengembangan hingga dari pihak Polres Bandung,kasus ini baru bisa diproses jika ada pengaduan terlebih dahulu.Saya siap mempertanggungjawabkan persoalan ini,” ujar nara sumber yang mengaku sudah beberapa kali mendatangi juga mempertayakan kepihak Polres Bandung. Perkara Raskin yang duga dilakukan oleh kepala desa ( mantan) beriniasial (S) Ketua RW,Rahmad,dan Ketua RW 7, Asep Muhammad (41), membenarkan jika setiap tahunnya belum menangani peningkatan jatah raskin.Namun demikian keduanya mengaku sama sekali tidak mengetahui jumlah raskin secara keseluruhan yang disalurkan. hanya memiliki tugas menyalurkan raskin kepada masyarakat. Untuk persoalan total raskin yang di dapat kami tidak faham betul karena itu merupakan urusan desa,” ujar Rahmad kepada wartawan ketika dimintai keterangan di Kantor Desa Sukamulya. (Tim WRC )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: