//
you're reading...
Opini

MUDIK, TRADISI YANG TAK TERGANGGU KONDISI

karikatur mudikkk

Mudik merupakan tradisi masyarakat muslim Indonesia yang berlangsung tiap tahun. Pada tiap tahun pula, kebiasaan merayakan Idul Fitri di kampung halaman ini selalu memiliki masalah rutin yang hampir sama. Namun pada tahun 2013 ini semakin diperparah dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berdampak pada kenaikan kebutuhan ekonomi. Namun apakah solusi dari pemerintah cukup efektif ?
Permasalahan ini tentu menyeret tanggung jawab pemerintah setelah ditetapkannya kenaikan harga BBM. Khususnya Menteri Keuangan dan Menteri Ekonomi dalam mengatasi kenaikan inflasi pasca naiknya harga BBM untuk menstabilkan perekonomian rakyat. Kementrian Sosial tentunya turut serta menyumbangkan perannya dalam memberikan jaminan sosial terhadap masyarakat pra-sejatera.
Permasalahan bermunculan setelah ditetapkannya kenaikan harga BBM, mulai dari masalah harga kebutuhan pokok naik, hingga harga tiket bagi warga yang ingin naik transportasi umum, hingga jalur mudik di Pantura selalu rusak tiap tahunnya meski rutin diperbaiki. Menjelang hari H keberangkatan, para pengusaha transportasi akan menaikkan harga berlipat-lipat jauh dari ketentuan peraturan pemerintah. Mendesaknya kebutuhan, mengakibatkan masyarakat tidak memiliki pilihan lain untuk tetap bisa menikmati mudik.
Bagi masyarakat menengah ke atas, mereka memilih menggunakan mobil pribadi atau naik transportasi udara dan darat non-ekonomi, hal ini mungkin tidak terlalu bermasalah bagi mereka. Namun bagi masyarakat menengah ke bawah yang kurang beruntung secara ekonomi, mudik menggunakan sepeda motor menjadi pilihan alternatif lebih murah. Kereta api dan kapal laut kelas ekonomi menjadi alternatif pilihan angkutan umum dengan pertimbangan lebih murah dibandingkan transportasi darat lain.
Berdasarkan data di Korlantas Polri, selama ini penyumbang terbanyak kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran adalah para pengguna sepeda motor. Meski pemerintah sering kali menghimbau agar tidak mudik naik motor, pemudik tetap memilih kendaraan roda dua, dengan alasan modal pas-pasan mereka tidak akan mampu mudik jika dihadapkan dengan dampak kenaikan harga BBM.
Dalam rangka penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2013 yang aman, nyaman dan tetap menjamin keselamatan, pada masa angkutan lebaran tahun 2013 untuk pertama kalinya, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengadakan program mudik gratis angkutan sepeda motor dengan menggunakan moda transportasi kereta api melalui program subsidi angkutan sepeda motor diangkut dengan kereta api.
Program tersebut menyediakan kuota yaitu untuk arus mudik 2400 (dua ribu empat ratus) sepeda motor dan untuk arus balik 2400 (dua ribu empat ratus) sepeda motor. Demikian dikatakan Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tunjung Inderawan di Jakarta.
Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program Pemerintah mudik dan balik gratis angkutan sepeda motor dengan menggunakan kereta api dapat mendaftar lansung ke lokasi pendaftaran di Kantor Kementerian Perhubungan Jl. Merdeka Barat no 8 Jakarta Pusat lantai dasar gedung Cipta mulai tanggal 17 s.d 2 Agustus 2013 pukul 08.30 s.d 15.00 WIB.
Mudik gratis sepeda motor dengan kereta api dipersyaratkan bagi Keluarga yang memiliki tiket keberangkatan mudik dan tiket kepulangan balik yang sama yang tertera pada tiket.
Adapun sepeda motor yang diangkut harus memenuhi persyaratan antara lain : tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan; kaca spion wajib dilepas (dibawa pemilik); jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilikan, harus ada penyangga/standar tengah, harus ada pegangan belakang, ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik, tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang; bensin sepeda motor sewaktu diangkut harus dalam keadaan kosong/kering, kunci sepeda motor diserahkan kepada petugas ekspedisi; dan menunjukkan STNK Asli.
Pengguna jasa mudik sepeda motor gratis pada Loket Pengiriman diwajibkan melakukan proses administrasi dan melengkapi berkas berupa : fotocopy KTP, fotocopy STNK, Nama dan Stasiun yang dituju. Kemudian pengguna jasa mudik sepeda motor gratis pada saat pengambilan motor di stasiun tujuan diminta untuk menunjukkan bukti administrasi tersebut.
Fasilitas-fasilitas yang diberikan pemerintah lebih mengutamakan untuk pemudik pengguna sepeda motor agar memperkecil angka kecelakaan yang saetiap tahunnya selalu lebih banyak dibandingkan dengan pengguna transportasi pribadi lain.
Kenyamanan dan keamanan saat mudik menjadi keinginan utama setiap masyarakat yang ingin berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Bukan tanpa sebab, kecelakaan yang terjadi bisa saja diakibatkan dari kurangnya pengamanan dari petugas kepolisian dan juga jalan yang rusak ataupun memang murni human error. Tetapi pada dasarnya pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung program yang dijalankan dengan tertib.
Meskipun beban kenaikan BBM tidak bisa dikurangi sepenuhnya dengan program-program pemerintah, diharapkan masyarakat juga bisa lebih cermat dalam mengatur kebutuhan sehari-hari agar tidak konsumtif. Hal yang utama adalah masyarakat bias mudik dengan aman dan selamat saat berkumpul dengan sanak saudara.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,369 hits
%d bloggers like this: