//
you're reading...
Nasional

Akibat Polusi Asap Batu Bara, Warga Rancaekek Setiap Hari Menghisap Racun

cerobong asapAsap dari sisa pembakaran batu bara yang keluar dari cerobong asap boiler batu bara dapat mencemari udara dan mengancam kesehatan masyarakat yang di wilayah timur Kab. Bandung dan sekitarnya. Umumnya saat ini sebagian besar industri tekstil menggunakan bahan bakar batu bara.
Di wilayah timur tersebut terdapat puluhan hingga ratusan perusahaan yang menggunakan batu bara.
“Dalam satu desa saja disini terdapat puluhan pabrik,” kata Asep Sugianti salah satu tokoh masyarakat. Menurutnya, dampak dari pembakaran batu bara itu adalah asap dan debu. “Kalau perusahaan menggunakan batu bara, maka akan menimbulkan bau yang tidak enak. Itu bagian dari polusi udara yang disebabkan pembakaran batu bara,” ujarnya.
Lebih parah lagi, keluhan masyarakat itu dirasakan sejak pukul 16.00 WIB hingga menjelang malam. “Kalau siang mungkin tiupan anginnya lebih kencang, sehingga tidak terlalu terasa baunya. Tapi kalau sudah sore hingga malam, baunya sangat terasa,” katanya. Dengan pencemaran udara itu, ia mengatakan, wajar jika banyak warga yang sakit. “Asap batu bara bisa menimbulkan infeksi saluran pernapasan akut,” katanya.
Ia berharap para pengusaha tekstil bisa menggunakan bahan bakar batu bara yang ramah lingkungan. “Jangan sampai warga menjadi korban gara-gara polusi udara,” katanya. Polusi udara ini akan menjadi ancaman bagi masyarakat luas jika tidak ada penanggulangan. “Jangan sampai warga sakit gara-gara menghirup asap batu bara,” katanya.
Sama halnya yang dikatakan Jujun, warga Rancaekek. Menurutnya, polusi udara yang disebabkan asap batu bara itu sudah menjadi persoalan serius. “Cepat atau lambat, masyarakat akan merasakan dampak buruk dari polusi udara yang disebabkan asap batu bara itu,” katanya.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: