//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

Proyek Pembangunan Hotel dan Mall di KM 1,5 Jl.Sudirman Sampit Bakal Jadi Polemik

Pembangunan sebuah Hotel dan Mall di Kilometer 1.5 Jalan Sudirman Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, tampaknya bakal menjadi polemik panjang, investasi bangunan megah itu diduga masih belum mengantongi perizinan yang belum sempurna.
Kepala Bagian ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Kotim, Wim RK Benung, belum lama ini, mengatakan bahwa hingga saat ini pihak pemerintah daerah, belum mengetahui persis sejauh mana proses perizinan yang dilakukan pihak investor dalam membangun sebuah hotel dan mall di Km 1.5 Jl.Sudirman tersebut.
Menurut Wim, sepengetahuannya “dalam perijinan, saat itu hanya mengantongi izin prinsip saja sedangkan untuk masalah dokumen lingkungannya dan surat dari dinas Perindustrian dan perdagangan dari Provinsi Kalteng harus di penuhi juga, sekarang apakah itu sudah atau belum?, kami belum tahu khusunya untuk dokumen lingkungan karena ini kan pembuatan Hotel sekaligus Mall.” kata Wim RK Benung.
Menurut Wim, mantan Camat Cempaga Hulu ini, sesuai dengan aturan, jika hanya masih mengantongi sebatas izin prinsip maka pembangunan tidak bisa dilaksanakan selama perijinan yang di amanatkan oleh aturan belum sempurna.”Selain itu juga masalah IMB, dirinya masih belum mengetahui, karena dalam pendirian bangunan, memang IMB di haruskan, Sekarang IMB sudah mereka urus atau tidak.” Jelas Wim.
Sebenarnya dalam hal ini pemerintah daerah sepenuhnya mendukung, pembangunan hotel berserta mall tersebut, sebab bagaimana pun juga untuk kemajuan perekonomian di Kotim akan tetapi harus sesuai dan ikut aturan yang di tetapkan.
Terpisah Johny Tangkere Kepala Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT), selaku Pemberi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Di Kotim, ketika ditanya mengenai persoalan ini, belum bersedia di konfirmasi.
Sesuai izin yang diajukan Borneo Mall dibangun PT Danadipa Aluwung Pembangunannya direncanakan akan bertahap, Tahap pertama dibangun mall dan kemudian dilanjutkan pembangunan hotel dengan ditargetkan akan rampung pada akhir 2014 mendatang.
Bahkan untuk pembangunan hotel serta convention centre ini tidak main-main dikarenakan rencananya hotel ini akan terdiri dari 120 kamar Hotel ini rencananya bekerja sama dengan Swiss Belinn Hotel, selain itu juga akan ada hypermart.
Sementara itu Warga Jalan Nauli dan Jalan Pramuka, belum lama ini mendatangi kediaman ketua Komisi III DPRD Kotim, Rimbun, ST. Kedatangan puluhan warga tersebut bermaksud mengadukan sebuah proyek pembangunan di kawasan tersebut, Warga menuding pihak pengembang tidak pernah melakukan sosialisasi terkait pembangunan tersebut.
“Saya diminta keterangan dari warga sekitar sini terkait proyek tersebut, tapi sampai saat ini baik sebagai pribadi maupun anggota DPRD saya tidak mengetahuinya apa yang akan dibangunan itu,” kata Rimbun belum lama ini.
“Saya tidak pernah mendapatkan sosiaslisasi terkait Proyek Pembangunan itu. Padahal fakta di lapangan, pengerjaan proyek tersebut terus berlanjut”. Dirinya juga mempertanyakan mengenai perizinan dari proyek tersebut. “Jangan sampai aturan dan ketentuan dalam pembangunan itu diabaikan, salah satunya mengenal AMDAL-nya,” ucap Rimbun.
Sebagai investor yang baik, Rimbun berharap pembangunan tersebut dilakukan sosialisasi sehingga warga setempat mengetahuinya dan tidak dilanda kebingungan,jika dalam waktu dekat, Pemkab Kotim tidak menindak lanjuti keluhan tersebut, maka mereka akan memanggil semua instansi terkait untuk membicarakan hal tersebut.(mISNAto)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: