//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

Tug Boat MBS 171 Pengangkut Tambang Bauksit Tabrak 10 Rumah Lanting Dan Perahu Klotok Di SEI Cempaga

tongkangtongkang 2Tongkang yang menabrak rumah lanting, perahu sampan dan perahu mesin di sungai Cempaga pada Jumat (6/9/2013) sekitar pukul 16.00 WIB, Tug Boat MBS 171 Pengangkut Tambang Bauksit Milik PT. Fajar Mentaya Abadi (FMA) ditahan warga Desa Cempaka Mulya Timur dengan alasan sebagai jaminan supaya perusahaan untuk secepatnya melakukan pengganti kerusakan rumah lanting , perahu sampan dan perahu klotok / mesin tersebut.
Menurut Raimi, salah satu warga Desa Cempaka Mulya Timur mengatakan “Peristiwa tersebut awalnya yang kena duluan adalah Desa Cempaka Mulya Barat RT 05 sekitar lima rumah lanting kemudian tug boat lepas kendali, kemudian tug boat yang ada diburitan tongkang menyenggol tiga rumah lanting dua perahu sampan dan satu perahu klotok RT 05 dan dua rumah lanting RT 08 Desa Cempaka Mulya Timur karena posisi kedua desa beseberangan”, Ungkapnya pada BIN.
Satriman menambahkan, “Kasus tongkang yang menabrak rumah lanting, perahu sampan dan perahu mesin di sungai Cempaga ini sudah berpuluh-puluh kali dan sudah ada satu korban meninggal akibat ditabrak tongkang di Desa Patai sungai Cempaga tug boat MBS III sekitar sebulan yang lalu. Selama sungai Cempaga dijadikan lalu lintas tongkang, masyarakat banyak mengalami kerugian baik fisik maupun non fisik”. Ujarnya dengan mimik merah.
Lebih lanjut Satriman menjelaskan “Peristiwa ini tidak bisa dilihat dari satu sisi saja, tetapi harus diungkap lebih jauh apakah layak sungai Cempaga yang dari dulu sampai sekarang dijadikan sebagai pusat aktivitas kehidupan masyarakat Cempaga yang dijadikan sebagai lalu lintas tongkang, apalagi muatan tongkang itu jauh melebihi kapasitas yang tidak sebanding dengan lebar dan kedalaman sungai. Sudah seharusnya aparat mengusut kasus tersebut dengan memanggil berbagai pihak yang terkait pemberian izin lintasan tongkang, sebab sudah banyak kasus tongkang yang meresahkan masyarakat pinggiran sungai.
Ketua Tim Investigasi Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) M.Sofian, juga menilai bahwa tingginya aktivitas tongkang akan membawa dampak yang kurang baik bagi masyarakat yang hidup di sepanjang sungai Cempaga. Hilir mudik tongkang yang cukup padat dialiran sungai Cempaga yang sempit dinilai sangat rawan terhadap kecelakaan.(red)
Saat dilakukan konfirmasi ke lokasi beberapa warga Desa Cempaka Mulya Timur membenarkan bahwa kejadian yang diakibatkan lalu lintas tongkang tidak hanya kali ini terjadi. Pernah juga tongkang merusak lanting warga, menabrak perahu klotok, bahkan merusak tiang penyangga rumah warga. Yang paling parah, lalu lintas tongkang juga menyebabkan ke tidak nyamanan warga karena seringnya tongkang beroperasi pada malam hari.
Senada dengan masyarakat, salah satu tokoh LSM di Kotim, Wawan SE, juga meminta agar aparat menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran bagi perusahaan yang beroperasi di Sungai Cempaga Khususnya.
Terpisah, Humas Perusahaan PT.FAJAR MENTAYA ABADI (FMA) Sutikno, mengaku turut prihatin dengan kejadian tersebut. Kendati demikian bukan menjadi tanggung jawab pihaknya sebagai perusahaan. Alasannya,(red) karena yang mengakomodir urusan pengangkutan hasil tambang tersebut adalah pihak ketiga yakni pemilik tongkang. “Yang jelas tongkang MBS171 tersebut bukan milik perusahaan ini. Kami hanya menyediakan hasil tambang saja. Sedangkan untuk pengangkutan bauksit sudah ada yang mengakomodir yakni syahbandar melalui agen Pelayaran Administrasi Pelabuhan (Adpel)”, ujar Sutikno pada BIN kamis (7/9/2013).
Sementara, ketika BIN mengkonfirmasikan kepada aparat setempat, Kapolsek Cempaga dan Kepala Desa setempat, belum bisa memberikan keterangan resmi terkait peristiwa naas yang menimpa warga Desa Cempaka Mulya Timur dan Desa cempaka Mulya Barat tersebut.
(Deddy dj / Syahrian BIN Kalteng)

Discussion

One thought on “Tug Boat MBS 171 Pengangkut Tambang Bauksit Tabrak 10 Rumah Lanting Dan Perahu Klotok Di SEI Cempaga

  1. ini baru berita.

    Posted by rokan | September 13, 2013, 13:29

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: