//
you're reading...
Hukum & Kriminal

KANTOR IMIGRASI BATAM TERCORENG

DUA TERDAKWA CALO DISIDANGKAN

 

Batam. BIN. Pemalsuan Dokumen Negara Pasport Republik Indonesia disidangkan di Pengadilan Negeri Batam (08/10/13). Sebelum persidangan dimulai Majelis Hakim Merry TB membuka persidangan yang terbuka untuk umum dengan mendengarkan keterangan dari dua terdakwa Heri dan Samsul. Dalam sidang yang ke empat ini agendanya mendengar keterangan terdakwa dan alat bukti yang di ajukan jaksa penuntut.

Majelis Hakim Merry TB mencecar beberapa pertanyaan dalam hal pembuatan paspor kepada dua terdakwa, antara lain legallitas dalam pengurusan (sudah berapa lama menjadi pengurusan dan bagaimana sistim untuk mendapat sebuat dokument paspor di Imigrasi Batam). Terdakwa Samsul mengatakan sebagai mitra pihak Imigrasi dalam pengurusan paspor sudah berjalan hampir 10 tahun  sedangkan Heri selama kurang lebih empat tahun bekerja sebagai calo di imigrasi Batam.

Dua terdakwa menceritakan kronologis pembuatan  paspor, paspor yang akan di buat hanya berbentuk data saja, setelah itu kami buat segala persyaratan  yang di butuhkan berupa foto copi KTP, KK, Akte Lahir atau Ijazah. Masing – masing berkas kami kerjakan dengan membuat nama yang bersangkutan menggunakan photo copy kantor Pemko Batam,  setelah sudah selesai semua baru saya masukan berkas ke kantor imigrasi Batam.

Majelis Hakim Merry  mempertanyakan kembali sistim pemasukan berkas di imigrasi apa yang asli tidak di perlihatkan?  terdakwa Samsul mengatakan selama ini tidak pernah diperlihatkan berkas yang asli , cukup memasukan uang ke dalam berkas masing-masing petugas sebesar Rp. 50 ribu. Jawaban terdakwa membuat Majelis Hakim Merry dan semua pengunjung sidang terkejut.

“ Yang benar aja,  membuat dokument Negara (paspor-red) tidak memperlihatkan dokumen asli, saya saja kalau membuat paspor menunjukan dokumen asli diawal dan dilakukan wawancara. Anda yang benar saja, kok bisa mendapatkan paspor tanpa dokumen asli,”Kata Hakim Merry .

Kemudian Hakim Merry pun menanyakan proses penangkapan dan siapa yang menangkapnya terdakwa mengatakan tertangkapnya saat itu ada pihak Kepolisian dari Pol Airut Polda Kepri dan langsung di bawa untuk di tahan.

Demikian pula Jaksa Penuntut mencecar beberapa pertanyaan kepada para terdakwa dan memperlihatkan barang bukti berupa sebuah paspor dan sejumlah uang kepada majelis hakim. Jaksa Penuntut mempertanyakan kembali bagaimana pengurusan untuk mendapatkan  paspor.

Terdakwa mengatakan paspor yang akan dibuat terlebih dahulu dilengkapi persyaratan, setelah itu saya serahkan kepada petugas imigrasi Sugeng. JP , Apakah tidak  menunjukan yang asli ? terdakwa menjawab tidak ada. Dan dari mana uang tersebut kamu terima dan untuk siapa? Terdakwa menjawab uang tersebut saya terima dari “pasien” yang memesan paspor tersebut sejumlah Rp. 1 juta lebih. ( A.rianto )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
%d bloggers like this: