//
you're reading...
Opini

Peran Generasi Muda Dalam Mengawal dan Membela Pilar Kebangsaan

  Oleh : ASEP GUSMAWANAsep Gusmawan.WRC

Keberadaan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan merupakan salah satu wadah bagi    para pemuda dalam berkarya secara terorganisir, yang peran sertanya tidak pernah terlepas dari pada  konsep  dan basic strategi dalam pembangunan  bangsa, dengan begitu kehadiran sebuah organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan apapun bentuk  dan misinya tentu haruslah  di orientasikan  bagi tercapainya peningkatan kualitas sosial dunia kepemudaan itu sendiri dan bagi kemasalahatan masyarakat secara umum.

Dinamika sosial yang terjadi di masyarakat sangatlah penting untuk senantiasa kita cermati dan kritisi oleh segenap kaum muda yang notabene  kumpulan kaum muda dengan integritas tinggi, sehinga  peran organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan dapat lebih signipikan dalam mengawal  dan mempertahankan pilar kebangsaan.

                Ancaman  pengikisan bahkan  penghancuran karakter, nurani termasuk sendi-sendi sosial, budaya dan ekonomi nasional kita kini semakin kentara kita rasakan, karena itu bila kita tetap ingin menjadi bangsa dan Negara yang utuh  dan berdaulat kita harus senantiasa berpegang  teguh kepada nilai – nilai luhur budaya bangsa yang tercermin dalam semangat kebangsaan atau pilar kebangsaan.yang telah terpatri dalam napas kemerdekaan 17 agustus 1945.

               Terjadinya globalisasi kegiatan ekonomi bersamaan dengan tumbuhnya perusahaan –perusahaan nasional  yang beroprasitampa mengenal batas wilayah Negara. Persaingan  dalam pasarpun semakin ketat, sehinga produk yang berkualitas tinggi dan memiliki lisensi internasional, serta pengusaha bertarap internasional yang mampu berkembang.

               Semakin cangihnya teknologi impormasi, komunikasi, dan transportasi yang mendorong tingginya mobilitas impormasi dan manusia, di satu sisi keadaan ini akan mendorong  percepatan kemajuan masyarakat yang di dukung budaya tradisional, namun di sisi lain apabila prosesnya  tidak terkendali  akan memungkinkan  terjadinya pengikisan nilai – nilai asli yang menjadi mata hati nurani dan jati diri suatu bangsa.

              Kecenderungan  umum pada sebagian kaum muda kita, bagaimana gaya hidup barat sangat di gandrungi bahkan timbul kesan bahwa semua prodak budaya barat adalah modern. dan tradisi budaya kita sendiri adalah kuno ketingalan jaman. Berbagai impo hiburan, film dan impormasi media sebagai bagian globalisasi sosial budaya, sunguh sangat efektif dalam merubah sikap hidup,  tema drama kehidupan percintaan semu, balas dendam, tahayul, mistis dsb.

              Sementara tema pendidikan .kepahlawanan kesetiakawanan sosial, paguyuban, gotong royong, kemanusian dan tradisi budaya tidak lagi menjadi tayangan pokok. Dampak dari semua itu adalah bahwa budaya dan produk asing lebih di minati dari pada budayanya sendiri. Budaya ramah hilang dalam kehidupan masyarakat serta hukum rimba lebih menonjol dalam menyelesaikan masalah.

               Persoalan sosial budaya ini tentunya harus menjadi perhatian serius dari kita semua tentunya dalam pembinaan Generasi muda  bangsa.kesadaran kita untuk mempertahankan Negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan semangat bhineka tunggal ika. Pancasila dan UUD 1945 dari berbagai ancaman konpirasi global. Masalah kependudukan, tenaga kerja, lingkungan hidup, bencana alam sosial budaya, sara dan tawuran antar kampong masih menjadi persoalan yang perlu mendapat perhatian bersama.

               Berkaitan dengan itu seluruh organisasi kepemudaan  dan organisasi kemasyarakatan dapat menjadi panutan dalam menerapkan  semangat paguyuban dan dan kebangsaan serta upaya bela Negara kepada masyarakat luas.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: