//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Politik & Korupsi

Diduga Libatkan Oknum Aparat, Raskin Disunat, Jatah Warga Menyusut

raskinGARUT – BIN. Penyaluran beras miskin (raskin) di Desa Galih Pakuwon, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut bermasalah. Pasalnya, jatah raskin per karung mengalami penyusutan ketika di perjalanan dari Gudang Bulog sebelum sampai ketitik pendistirbusian di tingkat desa. Ditengarai, penyelewengan raskin ini dilakukan oleh petugas pengawal raskin yakni Satuan Kerja (Satker) Bulog Garut yang dibekingi oknum aparat hukum.
raskin 2Dari penelusuan Koran ini, modus penyusutan yang dilakukan oknum pengawal raskin yakni sebelum sampai ketitik distribusi di tingkat desa terlebih dahulu membawaraskin ini ke sebuah gudang illegal. Diduga, di lokasi inilah terjadi pengurangan raskin.
Dugaan ini diperkuat hasil investigasi Koran ini di lapangan. Belum lama ini, ada pendistribusian raskin ke Desa Galih Pakuwon sebanyak 432 karung. Seharusnya, masing-masing karung berisi 15 kilogram raskin. Kenyataannya, setelah ditimbang ulang oleh pihak desa rata-rata kuota raskinnya berkurang 2 kilogram.
Salah seorang petugas pengawal raskin, TD mengakui telah melakukan penyunatan raskin bersama teman kerjanya yang lain. TD berdalih penyunatan ini karena adanya peluang, terlebih adanya keterlibatan dari salah seorang oknum Polres Garut berinisial LT. “Mengurangi raskin dilakukan di sebuah gudang sebelum sampai kedesa-desa.Makanya tiap karung jadi berkurang.Rata-rata paling 2 kilogram diambilnya dari tiap karung,” ujar TD.
Kepala Desa Galih Pakuwon, Asep S mengakui penyusutan ukuran raskin ini sudah sering kali terjadi. Informasi dari stafnya, praktik curang ini sudah berlangsung sejak 2004 lalu.Di samping ukuran, kualitas raskin yang diterimanya bermutu jelek.
“Mutu berasnya sering kali dikeluhkan warga karena jelek.Walaupun sudah berlangsung lama, penyusutan dan kualitas raskin ini belum juga membaik, Makanya sebagai bentuk tanggung jawab saya kepada warga, saya mengajukan surat pernyataan kepadabupati agar segera menyikapi permasalahan seputar raskin,” terang Asep.
Maka itu, Asep berhar apadanya peran pro aktif pemerintahan dan kepolisian untuk mengawasi raskin. Dia tak menampik, permasalahan penyaluran raskin selama ini adanya keterlibatan preman-preman berseragam ataupun oknum dari Bulog yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.
“Ini harus disikapi dengan serius karena menyangkut perut banyak .Jangan sampai karena ulah segelintir pihak, banyak warga yang dirugikan. Ini merupakan program untuk membantu warga miskin jangan sampai dimanfaatkan,” cetusnya. (TIM)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: