//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Politik & Korupsi

PROGRAM PRONA JADI BISNIS PRIBADI OLEH PEGAWAI BPN

bpn-kab-sukabumipronaSukabumi – BIN
Program PRONA merupakan pensertifikatan nasional secara massal menggunakan sumber dana APBN yang di lokasikan dalam DIPA Kantor Pertanahan Nasional Kota/Kabupaten pada program pengelolaan pertanahan.
Kendati program Prona telah mengunakan dana Negara ini bagi BPN Kab. Sukabumi tetap melakukan pemungutan hingga jutaan Rupiah. Selama ini BPN Kab. Sukabumi belum pernah mensosialisasikan program-programnya terhadap masyarakat.
Budi Yanto salah satu di antara petugas ukur program prona di wilayah Kecamatan Tegal Buleud pun telah menerima uang pungutan. Di serahkan langsung oleh Pupu Kepala Desa Tegal Buleud di dampingi oleh H . Lemi berdasarkan pengakuan Kepala Desa Tegal Buleud waktu ditemui di kantor nya belum lama ini. Dari per bidang dianggarkan Untuk BPN Rp. 300.000,- sengaja uang yang di serahkan ke BPN melalui Budi Yanto ini adalah seolah-olah pinjaman dari H. Lemi alias Bos Lem.
“Kecamatan Tegal Buleud dari tahun 2010 berlanjut 2011-2012 dan 2013 sekarang terus mendapat prona jadi pungutan ini bukan pertama kali,” ungkap Pupu Iriyanto salah satu tokoh masyarakat Sukabumi yang menanggapi persoalan ini . Program pensertifikatan Nasional massal melalui Prona ini gratis alias tidak dipungut biaya pendaftaran pengukuran dan lain-lain namun disini masih ada kewajiban bagi pemohon yakni berkas-berkas kepemilikan tanah termasuk materai Rp.6.000,- paling banyak 7 hingga 8 biji. “Tetapi jika sudah melakukan pungutan ke si pemohon hingga jutaan Rupiah dengan dalih apapun tetap itu pungli,” tambah Pupu Iriyanto.
Sekarang terjadinya pungutan tersebut apakah dari pemegang program ini tidak memberikan dana operasional terhadap petugas di lapangan ? banyak pertanyaan di sini, juga dalam program ini sistem kompetisi kenapa Tegal Buleud bisa tiap tahun dapat program ini. Padahal masih banyak Kecamatan lain yang membutuhkan prona ini. Hinga terbit nya berita ke dua ini pihak BPN Kab. Sukabumi masih bungkam terkesan selalu menghindar ketika di temui wartawan media BIN (Said )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: