//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Ingkar Janji, Warga Demo PT PMS

demo pmsSAMPIT-KALTENG-BIN,
Dituding selama ini hanya menguntungkan pihak perusahaan saja, ratusan masyarakat mendemo perusahaan tambang PT. Parenggean Makmur Sejahtera (PMS) yang berlokasi di Desa Sudan, Kecamatan Cempaga Hulu, Rabu (30/10).
Sekirat 500 warga dari tiga desa yakni Sudan, Parit dan Bukit Raya mendatangi PT PMS untuk menuntut agar perusahaan peduli terhadap masyarakat sekitar. Menurut mereka, hanya 5 persen warga sekitar lokasi tambang yang dipekerjakan.
Uji, salah seorang warga yang ikut demo mengatakan perusahaan selama ini selalu berjanji akan mempekerjakan masyarakat sekitar lokasi tambang, tapi nyatanya tidak ada. “Saat menyusun kerangka acuan Amdal, perusahaan di Kantor Camat Cempaga Hulu berjanji setelah hasil tambang diambil, dilakukan reklamasi seperti ditanami pohon karet dan dikembalikan kepada masyarakat. Tapi itu tidak dilakukan, padahal mereka sudah berjanji,” paparnya.
Lanjut Uji, mereka datang mengajukan tiga tuntutan yakni tanah yang sudah digarap agar segera dikembalikan dengan masyarakat setelah ditanami pohon karet sesuai perjanjian awal pemilik tambang.
Masyarakat juga meminta dipekerjakan paling tidak 70 persen warga lokal sekitar lokasi sesuai janji saudara AHI sewaktu pembebasan lahan. Tuntutan lainnya, warga meminta tanah kuburan muslim dipindahkan dengan ganti rugi atas lahan yang digarap perusahaan.
Supandi, warga lainnya mengaku kecewa atas tidak pernah direalisasikannya janji-janji perusahaan. “Kami masyarakat hanya minta agar perusahaan tidak ingkar janji yang sebelumnya pernah diucapkan,” jelasnya.
Dalam aksi kemarin, warga tidak melakukan tindakan anarkis namun mereka mengancam jika permintaan diabaikan, masyarakat berjanji akan kembali berdemo secara besar-besaran.(to)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: