//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

KETUA DPRD PATI RESMI GUGAT SK GUBERNUR JAWA TENGAH

dprdPati – BIN, Ketua DPRD, bersama Ketua Komisi II dan Ketua Komisi III DPRD Pati, resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang, atas Keputusan Gubernur Jawa Tengah, yang memecatnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Pati. Mereka telah mendaftarkan gugatannya ke PTUN Semarang, Kamis pagi, 12 Desember 2013.
Gugatan Ketua Dewan dan dua Ketua Komisi di DPRD Pati itu, telah diregister (didaftar) PTUN Semarang, dengan No. 91/Gugatan/2013/PTUN.Smg, tertanggal 12 Desember 2013. Gugatan itu sebagai upaya hukum Sunarwi (Ketua Dewan), Mudatsir (Ketua Komisi II) dan Irianto Budi Utomo (Ketua Komisi III), terkait dengan keabsahan pemecatannya sebagai anggota DPRD Pati. Selama proses gugatan itu, Sunarwi Cs, menunjuk kuasa hukum dari LBH Teratai Pati, Pengacara Nimerodin Gule, SH, MH.
Saat jumpa pers di rumah makan Kembangjoyo Pati, Sunarwi Cs melalui Kuasa Hukumnya, Pengacara Nimerodin Gule, SH. MH menilai, Gubernur Jawa Tengah telah melakukan pelanggaran hukum, terkait terbitnya SK pemecatan kepada ketiga kliennya sebagai anggota DPRD Kabupaten Pati. Khususnya pasal 103 ayat 3 dan 8 PP Nomor 16/2011 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD.
“Kami akan menguji di Pengadilan, kami yakin bahwa putusan Gubernur menerbitkan SK Pemecatan terhadap klien kami adalah keliru. Karena keliru, kami yakin gugatan akan bisa dimenangkan. Karena ada upaya hukum dari perkara ini, maka saya katakan, ketiga klien kami masih berstatus sebagai anggota dewan. Dan Sunarwi masih sebagai Ketua Dewan,” terang Nimerodin Gule, SH. MH.
Untuk memberhentikan anggota dewan, kata Nimerodin Gule, semestinya Gubernur mengacu pada peraturan perundang-undangan yang ada. Karena mekanisme pemberhentian setiap anggota DPRD sudah jelas di PP No. 16/2010.
“Mekanismenya DPC mengajukan PAW ke DPRD, kemudian hasil pembahasan DPRD diusulkan ke Bupati, selanjutnya Bupati mengusulkan ke Gubernur. Dasar inilah menjadi dasar untuk memecat, tapi ini tidak dilakukan. Jadi Gubernur keliru, dan terlalu bernafsu dia, karena dia orang PDI Perjuangan, tapi dia lupa. Kalau dia seorang Gubernur,” tegas Pengacara dari LBH Teratai Pati.
Setelah dipecat dari keanggotan PDI Perjuangan, Sunarwi, Mudatsir, dan Iranto Budi Santoso, bergabung ke Partai Hanura, sebagai calon legislatif pada Pemilu Legislatif (Pilleg) 2014 mendatang.( Indra BIN)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,369 hits
%d bloggers like this: