//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Politik & Korupsi

SATKER BULOG KABUPATEN GARUT PEJAM MATA

raskin webGarut –BIN Bukan rahasia umum lagi bahwa raskin di kabupaten Garut dijadikan ajang bisnis , hal ini dilakukan adanya kerja sama antara oknum kepala desa , para calo juga oknum bulog yang ada.
Dari hasil penyelidikan tim investigasi di lapangan bahwa dalam pengambilan raskin oleh kepala desa yang seharusnya di peruntukan kepada masyarakat namun ini sebaliknya malah di jual kepada para bandar dengan cara membeli beras tersebut dengan harga yang cukup lumayan , Raskin yang diterima oleh desa-desa di kabupaten Garut, diduga kuat adalah pencurian yang terorganisir.

Uji coba timbang, ternyata Raskin menyusut 2Kg /karungnya

Uji coba timbang, ternyata Raskin menyusut 2Kg /karungnya


Hal ini dibuktikan oleh tim Investigasi yang membuntuti truk yang keluar dari gudang yang diduga sebagai tempat dijadikannya untuk mengeluarkan beberapa kilo raskin dari karungnya. Salah satu mobil berjenis truk colt diesel dengan nopol. D 8875 UB yang dicurigai, terus dibuntuti oleh tim investigasi sampai ketempat tujuan, ternyata betul mereka membawa beras raskin sebanyak 432 karung ke desa Galih Pakuwon yang dikawal oleh sdr. Tedi oknum petugas dari Dolog.
Saat dimintai keterangan Tedi menjelaskan secara jujur sambil memperlihatkan surat jalan/ Faktur yang berisi penugasan untuk mengawal pendistribusian beras raskin sebanyak 432 karung x 15 Kg per-karung, ke desa Galih Pakuwon Kec. Limbangan Kab. Garut. Saat dikonfrontir dengan perangkat desa dan petugas yang mengirim untuk dilakukan uji coba agar ditimbang beberapa buah karung untuk dijadikan contoh, ternyata terbukti hanya ada 13 Kg setiap karungnya. Hal ini ternyata di akui oleh Tedi yang telah melakukan penyusutan digudang bersama rekan-rekan dari truk yang akan mengirimkan ke tujuan masing-masing.
“ Saya akui adanya peluang berbuat tidak jujur itu karena ada rangkaian kendali pemain Raskin serta melibatkan oknum anggota Polres Garut,” tegas Tedi.
Jelas hal ini sangat memprihatinkan pihak desa “ Saya sangat prihatin semenjak saya belum menjadi kepala desa staf desa sering menyampaikan keluhan adanya penyusutan kiriman raskin setiap karungnya, bahkan hal ini terjadi dari tahun 2004 sehingga warga pene­rima manfaat seringkali mengeluhkan karena raskin disamping tidak berkualitas ditambah timbangannya kurang. Padahal saya sebagai kepala desa merasa bertanggung jawab untuk memenuhi nilai yang dibayar ke pihak dolog,” ungkap Asep. S kades desa Galih Pakuwon.
Masih menurut Asep, jika hal ini terus berlarut-larut, sikap saya tidak akan menyalahkan pihak lain diluar dolog, karena pihak dolog-lah yang harus bertanggungjawab jangan sampai cuci tangan dalam masalah raskin. Ada pepatah mengatakan tidak ada prajurit yang salah, peribahasa ini sangat pantas jika ditujukan kepada kepala sub gudang dolog perwakilan Kabupaten Garut.
Lanjut Asep “ Saya meyakinkan perbuatan yang merugikan negara dan menelantarkan rakyat miskin dalam hal ini bukan dari musibah, tetapi faktor kesengajaan karena diduga kuat adanya preman-preman yang memanfaatkan beras raskin untuk memperkaya diri, bahkan sudah menjadi rahasia umum untuk di Kabupaten Garut khususnya, masalah beras raskin sudah ditunggangi oleh oknum-oknum aparat yang ikut serta dalam melakukan kejahatan itu ,” Tuturnya.
Salah seorang perangkat desa yang hadir mendampingi kades, dia ikut angkat bicara dengan tegas menyampaikan “ saya mohon kepada pihak yang berwajib agar diberantas para tikus raskin yang berkepala besar sehingga tidak ada lagi kasus-kasus pencurian raskin, serta kami menyampaikan atas nama masyarakat miskin kabupaten Garut, pihak Dolog agar memberikan beras yang berkualitas tidak seperti yang kami terima hari ini dan sebelumnya”.sampai saat ini tim masih melakukan investigasi kepada pemerintah terkait agar hal tersebut jelas sangat merugikan para masyarakat kecil sementara bantuan raskin tersebut adalah program pemerintah yang tak bisa di rubah dalam Keputusan Presiden . (TIM WRC)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: