//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

Sengketa Hak Milik Tanah Pejuang di Desa Kartika Jaya

kartika webkartika web 2

kartika web 3Kendal – BIN. Desa Kartika Jaya berada di Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, merupakan satu-satunya Desa yang memiliki sejarah tersendiri, penghuninya merupakan Prajurit AD KODAM IV Diponegoro. Sebelum menjadi sebuah desa definitif pada waktu itu masih dalam binaan langsung kodam VII Diponegoro yang dijabat Panglima Kodam Mayor Jendral Soemitro, proyek resetlement berada di bawah tanggung jawab Pembina Transmigrasi Angkatan Darat (BABINTRAJA) Kodam VII Diponegoro yang saat itu dijabat oleh Letkol Hardono, kemudian Letkol Kav Mulyadi. Sedangkan pengawasan proyek tersebut dilakukan langsung oleh Kodam 0715 Kendal yang waktu itu dijabat Letkol Inf. Suryanto, dalam pengawasan proyek di lapangan dilakukan oleh Mayor Hendarto beserta staffnya. Pada tanggal 9 Maret 1972 dikirim sebanyak 36 kepala keluarga untuk menempati dan bermukim di proyek tersebut, dalam waktu satu tahun datang gelombang kedua dikirim sebanyak 64 kepala keluarga, dalam gelombang ketiga pada tanggal 9 Maret 1972 dikirim 131 kepala keluarga, dan pada gelombang terakhir dipimpin Letkol Sucipto.
Dengan demikian perlu adanya aturan tentang penghuni proyek Resetlement Kodam VII Diponegoro Komando Wilayah Pertanahan II, Kodam mengeluarkan surat Keputusan No : Skep/63/V/1975 tentang pencabutan hak sebagai anggota Resetlement Angkatan Darat Kodam VII Diponegoro, dengan Surat Keputusan KA BABIN TRANSJA TNI-AD No: Skep/008/III/1975 Tanggal 29 Maret 1975 mengingat dari awal sampai akhir pemberangkatan para prajurit yang dilakukan tanggal 9 Maret, maka tanggal tersebut digunakan sebagai Hari Jadi Desa Kartika Jaya.
Tanah Balae Desa merupakan tanah jatah untuk Bapak Hardono (Alm) yang pada waktu itu gugur kepemilikannya berdasarkan peraturan Kodam melalui Surat Keputusan No: Skep/63/V/1975 tentang pencabutan Hak sebagai Anggota Resetlemen Angkatan Darat Kodam VII Diponegoro, Memperhatikan Surat Keputusan KA BABIN TRANSJA TNI AD No: Skep/008/III/1975 tertanggal 29 Maret 1975.
Berdasarkan Surat Keputusan yang bersangkutan Bapak Hardono (Alm) yang pada waktu itu menjabat sebagai KA BABINTRANSJA (Letkol) menyerahkan sepenuhnya tanah tersebut untuk digunakan sebagai pusat Administrasi Desa atau digunakan Balai Desa Kartika Jaya.
Dalam kurun waktu yang cukup lama muncul klaim kepemilikan Tanah Balai Desa Kartika Jaya berdasarkan Sertifikat Tanah atas lokasi di Tanah Balai Desa Kartika Jaya yang terbit pada tahun 2006 atas nama H. Zaenudin merupakan hasil jual beli Tanah Balai Desa Kartika Jaya senilai Rp 11.000.000,- dengan sertifikat Nomor 448.
Pada tahun 2010 Sdr. Erries selaku Kepala Desa Kartika Jaya mengaku bahwa tanah Balai Desa Kartika Jaya adalah miliknya hasil jual beli dengan H. Zaenudin dengan harga Rp 70.000.000,-. Masyarakat mengatakan kepada Media BIN bahwa proses jual beli tersebut tidak melalui rembug desa. Pada tahun 2011 Sdr. Erries selaku Kepala Desa Kartika Jaya meminta ganti rugi kepada masyarakat sebesar Rp 70.000.000,- atau diganti dengan tanah senilai dan seluas yang sama dengan tanah tersebut.
Dari informasi masyarakat setempat, Tanah Balai Desa tersebut adalah Tanah Negara yang merupakan aset Desa satu-satunya peninggalan para pejuang 45 dan dikelola oleh Desa yang di dalamnya terdapat beberapa fasilitas untuk umum khususnya masyarakat Desa Kartika Jaya. Di dalam hal ini Sdr. Erries selaku Kepala Desa Kartika Jaya melakukan tindakan indisipliner terhadap masyarakat Desa Kartika Jaya dengan wewenangnya sebagai Kepala Desa.
Dari investigasi Media BIN dengan masyarakat Kartika Jaya, temuan Iinspektorat Kabupaten Kendal Sdr. Erries untuk mempertanggung jawabkan atas keuangan Kas Desa sebesar Rp 19.218.000.- dan menunjukan kwitansi asli atas bukti pengeluaran sebesar Rp 15.000.000,- sebagai pengeluaran perantara leleng, harapan dari masyarakat Desa Kartika Jaya memohan agar pemerintah untuk hal ini lebih serius dalam menangani kasus demi kasus yang terjadi di Desa Kartika Jaya dan mengembalikan aset satu-satunya Desa peninggalan para pejuang 45. (BIN )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: