//
you're reading...
Nasional, Politik & Korupsi

Pemprov. Jawa Barat Gantung Pencairan Dana Bangub Anggaran 2013

DSCF3770Bandung, (BIN).- Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, setiap tahun anggaran mengucurkan bantuan stimulant untuk kegiatan pembangunan di tingkat pemerintah desa se- Jawa Barat melalui program Bantuan Gubernur (Bangub), masing-masing sepebesar @ Rp. 100 juta. Namun Fenomena yang ditemukan untuk tahun anggaran 2013 sampai saat ini tahun 2014 berdasarkan konfirmasi dari sejumlah sumber yang diperoleh dan fakta yang ditemukan sejumlah Pemerintah Desa yang belum menerima dana Bangub.
Meski untuk sebagian besar pemerintah desa lainnya, memang diakui masing-masing sudah mencairkan bantuan anggaran tersebut– namun sesuai hasil konfirmasi dari sejumlah sumber yang diperoleh sehubungan masalah pencairan dana Bangub tahun anggaran 2013, yang mana sampai saat ini ada sejumlah desa yang belum menerima realisasi pencairan.
Dari keterangan yang diperoleh dilapangan, banyak keluhan pemerintah desa di Daerah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, contohnya: Desa Mandalahaji, Desa Sukarame, Desa Mekarjaya, Desa Mekarsari, Desa Pangauban, Desa Cikitu, Desa Nagrak, masing-masing termasuk desa yang berada di wilayah Kecamatan Pacet.
Sejumlah Kepala Desa yang sempat dihubungi untuk klarifikasi, memang pihaknya mengakui merasa bingung, karena tidak jelas apa yang menjadi alasan alokasi dana Bangub tidak bisa cair, para kepala desa tersebut belum mengetahui alasannya dan entah dimana penyimpangannya?
Memang, dengan penyumbatan pencairan Bangub ini, yang lebih pasti merugikan warga masyarakat desa terkait, pasalnya ada sejumlah program di tahun 2013 yang sebelumnya sudah dicanangkan melalui rembukan musyawarah di tingkat pemerintah desa beserta RT/RW dan komponen tokoh masyarakat terkait RPD (Rencana Penggunaan Dana) Bantuan Gubernur tersebut.
Dengan tidak terealisasi program-progran kegiatan tersebut inpacnya telah menimbulkan prasangka buruk ditengan masyarakat terhadap pemerintah desa dengan persepsi dugaan seolah-olah penarikan dana Bangub tahun 2013 tersebut tidak ada realisasi “ditelan” untuk kepentingan sendiri oleh Kepala Desa beserta jajarannya.
Bila anggaran Bantuan Gubernur 2013 untuk bantuan stimulant kegiatan pemerintah desa yang sampai saat ini belum dicairkan, wajar bila masyarakat bertanya, kemana duit anggaran Bangub untuk desa tersebut? Mengapa belum dicairkan dan apa yang menghambat pencairan?
Dimaksudkan jangan sampai di tengah masyarakat muncul kesan ada muatan kepentingan politis yang melahirkan sisi kebijakan diskriminasi dalam program pembangunan. Dalam hal ini masyarakat meminta pemerintah untuk dapat bertindak konsiten setidaknya dapat menjelaskan dan member kepastian terkait fenomena penyumbatan pencairan Bangub untuk desa-desa tersebut.
Disini untuk sementara waktu, tidak perlu menyebutkan siapa yang membeberkan atas permasalahan kemacetan anggaran bangub di Provinsi Jawa Barat, tetapi yang terpenting adalah perlu tindakan ceck-end receck, apakah keluhan ini benar-benar adanya, atau sekedar provokator, suravai lapangan yang membuktikan. (Tim WRC)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: