//
you're reading...
Hukum & Kriminal

3 Pembalak Liar Di Grebeg Puluhan Meter Kubik Kayu Jarahan Disita

balakbalak 2PATI – BIN, Tiga pelaku pembalakan liar, tertangkap tangan dalam suatu penggrebegan di kawasan hutan diwilayah Dukuhseti. Selain itu, belasan sepeda motor dan puluhan meter kubik kayu jarahan disita sebagai barang bukti.
Penggrebegan yang berlangsung pukul 6 pagi hingga pukul 3 sore itu, melibatkan personil gabungan Dalmas dan Resmob Pati, berhasil menangkap tiga dari lima belas pelaku pembalakan liar, di petak 50 BKPH Ngarengan, turut Desa Wedusan Kecamatan Dukuhseti, Jumat pagi, (17/1). Sementara dua belas pelaku pembalakan lainnya, berhasil meloloskan diri dari kejaran petugas.
Disela-sela penggrebegan, Kapolres Pati, AKBP. DR. Bakharuddin Muhammad Syah, M.Si kepada PAS Pati mengatakan, dari tangan tiga dari lima belasan pelaku yang tertangkap basah dilokasi penebangan liar, Polisi juga menyita belasan sepeda motor, dan puluhan meter kubik kayu berbagai jenis hasil pembalakan liar, dari beberapa rumah penduduk yang sudah ditinggal penghuninya pergi ketiga mengetahui ada penggrebegan.
“Penebangan kayu di wilayah Kecamatan Dukuhseti ini, ibarat minum obat setiap hari. Dilakukkan pagi, siang, hingga malam hari. Sehingga ini kita lakukan dengan penertiban. Ini dalam penggrebegan sehari saja ada sembilan truk, dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore ini. Bahwasanya kegiatan ini, akan kita tindak lanjuti dengan melibatkan Perhutani, Polri dan TNI,” terang Kapolres Pati.
Kapolres AKBP. DR. Bakharuddin, M.Si dari tiga pelaku yang sudah tertangkap, pihaknya akan terus mengembangkan penyelidikan dan pengejaran terhadap tersangka lainnya, yang melarikan diri.
“Targetnya sampai masyarakat sadar. Kita sudah melaksanakan tindakan preemtip dan preventif tapi tidak dilaksanakan. Ini negara hukum, bukan soal kalah menang, atau soal berani atau takut. Tapi ini negara hukum, mau jadi apa kalau seperti ini terus. Siapa yang akan melestarikan, ini hutan milik kita semua, untuk keseimbangan ekosistem,” jelasnya.
Wakil Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Pati wilayah Utara, Agus Suprayitno mengatakan, para pelaku menganggap sudah tidak ada aturan melakukan pencurian pohon dihutan, karena keterbatasan personil dilapangan. Namun Perhutani tetap serius dalam penertiban pembalakan liar, dengan melibatkan TNI/Polri.
“Kita tenaga dilapangan sedikit, dan mereka kebanyakan nekat. Ini kolaborasinya salah satu kaitan pencurian kayu dihutan ini, ada kaitannya dengan penanaman ketela. Sebab menanam ketela ini sudah dilarang lama. Ternyata itu ada mafianya, dia menebang pohon bekerjasama dengan pencuri, sehingga lahan terbuka dan bisa ditanami ketela,” terangnya.
Berdasarkan sumber Perum Perhutani Pati wilayah timur, selama kurun waktu dua tahun terakhir, 12ribuan tunggak pohon hilang, akibat pembalakan liar yang dilakukan sebagian masyarakat dipinggiran hutan.
Ketiga tersangka, bersama puluhan meter kubik kayu hasil pembalakan liar, baik yang disita dari lokasi penggrebegan maupun dari beberapa rumah warga, serta belasan sepeda motor yang sebagian besar bodong alias hasi curian, ditahan di Mapolres Pati, untuk keperluan penyidikan.(Indro BIN)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: