//
you're reading...
Politik & Korupsi

Pembangunan RKB-MAN Ciparay Terlantar Kepala Sekolah Dan Pemborong Saling Tuding

manBandung [BIN] Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) Madarasah Aliyah Negeri Ciparay terlantar. Pasca bangunan RKB roboh, setelah diperbaiki sekedarnya bisa berdiri, kini pekerjaan pembangunan RKB tersebut sudah lama ditinggalkan oleh pihak pemborong, akibatnya bangunan sekolah belum bisa dipergunakan, sehubungan belum terselesaikan baik pada bagian plafon maupun bagian lantai kelas.
Sekolah Madrasyah Aliyah Negeri [MAN] Ciparay Berlokasi di Baranangsiang, Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya Rabu sore sekitar Jam 16.30 Wib 8 Januari 2014, Bangunan Ruang Kelas Baru [RKB] Yang Sedang Dibangun tersebut Roboh meski tidak makan korban, namun sempat membuat warga masyarakat yang berada disekitar menjadi panik.
Dengan kejadian tersebut membuat kaget warga masyarakat setempat yang mendengar suara robohnya bangunan tersebut dan warga masyarakat spontan mendatangi lokasi kejadian, ternyata bangunan ruang kelas baru MAN Ciparay yang sedang dibangun tersebut roboh. Kerusakan bangunan akibat roboh, selanjutnya diperbaiki namun tidak sesuai dengan petunjuk teknis dan Pembangunan RKB MAN Ciparay saat ini diperkirakan baru mencapai sekitar 75% sampai 80%. Saja.
Menyikapi kejadian ini tentunya sangat disayangkan sebab dalam pelaksanaan pembangunan RKB diduga tidak sesuai dengan bistek yang sudah ditentukan oleh pemerintah melalui kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Anggaran dipa tahun 2013 sebesar Rp. 540 000 000,- [limaratus empat puluh juta] yang diperuntukan untuk pembangunan tiga ruang kelas baru. Melalui pembayarannya sistem progres tiga kali termen. Adapun hal pembayarannya melalui pihak sekolah.
Berdasarkan hasil monitoring tim WRC, menemukan ada beberapa kejanggalan, seperti: dilokasi kegiatan pembanguna tidak ada papan proyek, banyak menggunakan kayu-kayu bekas, tidak memasang balek, kuda- kuda atap menggunakan bahan kayu bekas dan lain-lain. Ini mengindikasikan adanya peraktek korupsi alokasi anggaran belanja untuk material bahan abngunan yang dilakukan oleh pihak pelaksana bahkan tidak tertutup ada konspirasi dengan pihak kepala sekolah yang bersangkutan.
Tedy salah satu sumber kepada BIN mengatakan, diakui atau tidak pembangunan ruang kelas baru MAN Ciparay, dikerjakan tidak sesuai standar minimal kualitas konstruksi Bangunan, dan yang lebih dikhawatirkan adalah keselamatan jiwa bagi siswa dan guru yang sedang melaksanakan kegiatan belajar mengajar, pasalnya pembangunan RKB dilaksanakan dibagian lantai dua sementara kualitas konstruksi bangunan nampaknya sangat rendah. Hal ini dibuktikan pada saat dilaksanakan pembangunan sempat terjadi insiden bangunan RKB yang sedang dikerjakan roboh. Tuturnya.
Masih kata Tedy, pihak pemborong maupun kepala sekolah harus bertanggung jawab atas robohnya bangunan tersebut ini disebabkan lemahnya pengawasan dari pihak pengawas teknis maupun konsultan pembangunan termasuk pihak sekolah sebagai penerima manfaat. Bahkan tidak tertutup disini adanya kong kalingkong dengan pihak-pihak terkait yang hanya mementingkan keuntungan semata tanpa memperhatikan kualitas konstruksi bangunan.
Tentu saja ini mestinya segera dievaluasi oleh pemborong, pengawas teknis, konsultan, Kemenag Prov Jabar sebagai pemberi tender maupun pihak sekolah sebagai penerima manfaat, dan dipertanggungjawabkan, karena telah merugikan keuangan kas negara dengan cara mengurangi bahan bahan matrial yang tidak sesuai dengan kontrak kerja serta RAB pembangunan RKB yang ditetapkan sebelumnya.
Amat sangat disayangkan kepala sekolah MAN Ciparay, selaku pihak penerima manfaat seharusnya cepat tanggap menyelesaikan pembangunan RKB yang mana sampai saat berita ini diturunkan kegiatan pembangunan terhenti tidak dilanjutkan alias terlantar ditinggalkan begitu saja oleh pihak pemborong, meski pembangunan belum selesai diperkirakan baru mencapai 75 %, akibatnya pihak bangunan tersebut belum bisa dipergunakan untuk kegiatan KBM. (Tim WRC)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: