//
you're reading...
Nasional

Desa Mekarlaksana-Ciparay Masuk Nominasi Lomba Desa Unggulan Tingkat Kabupaten Bandung 2014

liomaba desa 2lombadesaBandung, (BIN).- Pembinaan kinerja aparatur dan pengelolaan administrasi pemerintah desa telah menjadi tuntutan mendasar untuk menunjang meningkatkan kwalitas pelayanan public, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bandung dalam setiap tahun mengadakan seleksi pemilihan desa unggulan melalui lomba desa se Kabupaten Bandung, dimana tujuannya diadakan kompetisi ini adalah dalam rangka memicu daya saing diantara desa-desa untuk meningkatkan predikat pemerintah desa unggulan disegala bidang pembangunan.
Camat Ciparay Drs. Ma’sum, S.Ip berhasil ditemui saat melakukan ferivikasi pemilihan rumah sehat milik pasangan suami/isteri Aziz dan Yanti warga Kp. Hegarmanah RT.001/RW.003 Desa Mekarlaksana, Kecamatan Ciparay ketika itu didampingi Kepala Desa Mekarlaksana Dede Ruhiyat disela-sela kesibukannya kepada Media BIN menerangkan sehubungan persiapan pelaksanaan kegiatan lomba Desa se Kabupaten Bandung, dimana seleksi pemilihan desa unggulan dilakukan melalui panitia Tim Seleksi Lomba Desa Unggulan yang dibentuk oleh Pemkab. Bandung.
Lebih lanjut Camat Ciparay menjelaskan pula, bahwa Tim Seleksi Tingkat Kecamatan Ciparay saat ini berdasarkan penilainnya mendelegasikan Desa Mekarlaksana berhasil meraih kategori desa unnggulan yang kemudian berhak untuk diikutsertakan pada lomba desa tingkat kabupaten Bandung pada 2014 ini, tetapi sebelumnya tim seleksi indevenden mengadakan pemilihan Desa unggulan yang diikuti oleh desa-desa se-Kecamatan Ciparay. Hasilnya terpilih Desa Mekarlaksana sebagai yang mendapat kepercayaan untuk tampil di event pemilihan desa unggulan tingkat Kabupaten Bandung.
Pemilihan desa unggulan tersebut ditentukan berdasarkan atas beberapa indicator, yaitu pencapaian Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang meliputi pencapaian bidang pendidikan, kesehatan dan daya beli, pelaksanaan sepuluh program PKK seperti: pengamalan Pancasila, sandang, pangan, kesehatan, kegotongroyongan dan lain-lain. Program PKK tersebut kemudian direalisasikan melalui pembentukan kelompok-kelompok kerja (Pokja), yang terdiri dari pokja 1 (satu) sampai pokja 4 (empat).
Penilaian desa unggulan juga dilihat dari tingkat partisipasi masyarakat dalam segala bidang pembangunan desa, pembangunan Infrastruktur, ketertiban administrasi desa, kesiapan SDM aparatur pemerintah desa, LPMD Badan Permusyawaratan Desa, LPMD, Swadaya Masyarakat desa, termasuk tingkat pengendalian pertahanan dan kemanan masyarakat desa.
Menyinggung soal ekonomi masyarakat desa Mekarlaksana dominan bidang ekonomi pertanian, perdagangan dan dan produksi gourden yang mana pemasarannya sampai lintas antar pulau. Sedangkan keberhasilan swadaya masyarakat kepemilikan rumah sehat dinilai berdasarkan beberapa indicator yaitu; memiliki ruangan yang cukup, adanya pentilasi udara, memiliki kamar mandi tertutud dalam ruangan, halaman yang memadai dan tersedia tanaman yang disebut warung hidup
Kepala Desa Mekarlaksana menambahkan, dengan adanya lomba desa tingkat kabupaten ini diharapkan dapat memicu kekompakan dan semangat gotongroyong dalam melaksanakan tugas dan fungsi dan kinerja sebagai aparatur pemerintah desa mekarlaksa demi tercapainya tujuan peningkatan pelayanan masyarakat Desa Mekarlaksana khususnya. ( MJ/AR)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,369 hits
%d bloggers like this: