//
you're reading...
Politik & Korupsi

Koperasi Sekolah Cari Peluang Bisnisan Jual belikan Buku LKS dan Mainkan Dana BOS SMAN 6 Kota Jambi

SMAJambi, (BIN).- Terkait Jual-beli buku cetak dan LKS di SMAN 6 kota jambi sebelumnya sudah diberitakan koran ini, pada edisi sebelumnya. Sehubungan sejumlah orang tua siswa kepada koran ini menceritakan perihal pungutan biaya untuk buku Paket dan LKS.
Penelusuran BIN sampai maret 2014, mengindikasikan adanya penggunaan Dana BOS tahun 2013 untuk siswa SMAN 6 diselewengkan alias tidak sampai kepada sasaran siswa sebagai penerima, terbukti sampai pertengahan bulan maret ini banyaknya murid yang menunjukkan bukti kwitansi pembayaran buku-buku tersebut. Dalam kwitansi pembayaran tersebut, sepertinya dilakukan mulai dari bulan November 2013 s/d Februari 2014, yang rata-rata berkisar Rp 400 ribu hingga 500 ribu rupiah, lengkap dengan tanda tangan penerima NOVA.
Perihal pungutan buku paket dan LKS ini,sebelumnya awal Desember 2013 silam Acep Sutoyo Kepsek SMAN 6 mengatakan pada koran ini mengetahui pungutan tersebut dengan alasan alokasi Dana BOS sampai disekolah tersebut sekitar bulan September, padahal murid sudah harus harus mengikuti kegiatan belajar mengajar, terkait pembelian buku ini menurut Acep tidak ada paksaan seorang murid harus membayar. namun janjinya tidak akan ada lagi pungutan perihal buku-buku tersebut kedepan”ujar Acep pada BIN.
Berbeda dengan keterangan beberapa siswa SMAN 6 yang namanya tidak mau dicantumkan mengatakan terkait pembayaran buku Paket dan LKS tersebut mereka sengaja didatangi oleh guru kekelas masing-masing. Nova yang diketahui sebagai guru bahasa Inggris itu sampai saat ini belum dapat dikonfirmasi.
Sekretaris Pendidikan Kota jambi Sofyan S.Pd yang sebelumya menjabat sebagai Kabid Dikmen Disdik Kota Jambi 2013 silam, ketika dikonfirmasi tgl 3 maret 2014 mengatakan tidak mengetahui hal pungutan itu “Saya tidak mengetahui pungutan itu, dan itu tidak dibenarkan “terang Sofyan diruang kerjanya.
Terkait kegiatan Koperasi yang memperjual belikan buku-buku tersebut akan memanggil Kepsek SMAN 6 dan ibu guru Nova tersebut “Nanti akan segera kita panggil Kepsek dan guru bahasa inggrisnya, jika memang benar uang tersebut akan dikembalikan kepada orang tua siswa” terang Sofyan.
SMAN 6 Kota Jambi yang jumlah siswanya 896 orang, terdiri dari 331orang siswa kelas 3, dan 560 orang siswa kelas 1-2. Pada tahun 2013 silam yang harus mendapat Dana BOS, namun pada kenyataannya murid dan orang tua masih terbebani dengan tingginya biaya beli buku disekolah tersebut.
Untuk tahun 2013 yang lalu dana BOS untuk SMA dialokasikan sebesar Rp.2.118 triliun untuk 4,23 juta siswa,dibagikan dua tahap sebagai berikut. Tahap I : Rp 60,000/siswa/semester. Tahap II : Rp 500.000/siswa/semester.
Terkait soal Dana BOS SMA TA 2013 sesuai dengan Permendiknas no.69 tahun 2009,meliputi antara lain pembelian buku teks pelajaran, alat tulis sekolah untuk kegiatan pembelajaran,penggandaan soal,pembelian peralatan pendidikan, pembelian bahan habis pakai, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan penerimaan siswa baru. Sementara jadwal kegiatan dibagi beberapa fase. Pertama, data sekolah penerima Dana BOS SMA 2013 Tahap I : Januari-April 2013,Tahap II : July-Agustus 2013.
Kedua, pengesahan juknis Dana BOS SMA 2013,Januari-April 2013. Ketiga, penetapan sekolah penerima BOS, Tahap I : minggu II-III, April 2013. Tahap II : minggu III-IV,Agustus 2013 s/d minggu I September 2013, dan berikut penetapan pelaksanaan Program di bulan Oktober-November, dan dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan,Tahap pertama, July dan kedua bulan Desember.
Ditahun yang sama sekolah ini juga dinsinyalir menerima DAK 2013 untuk perlatan kegiatan belajar siswa. Sebelumya Pertengahan Desember 2013 silam Acep mengatakan telah mengunakan Dana BOS untuk kegiatan olah raga termasuk sewa lapangan Rp. 50 juta, photo copy soal Rp.50 juta, alat fisika Rp.50 juta, dan kegiatan hari-hari besar Rp.20 juta dan pertengahan Desember silam Acep mengakui dana tersebut belum semuanya terpakai “Ya memang dana tersebut masih ada sekitar seratusan juta lebih, dan kita sudah habiskan di akhir Desember silam untuk beli komputer, jaring dan lainnya kelit Acep sutoyo, sebab menurutnya lagi dengan hasil konfirmasinya dengan sesama guru, Dana BOS tersebut harus dihabiskan dan harus dilaporkan habis terpakai sampai pelaporan tanggal 31 Desember 2013. Terkait hal pelaporan ini, Sofyan Dikmen Disdik Kota Jambi saat itu, sampai 31 Desember 2013 belum menerima tembusan laporan penggunaan BOS 2013, “saya sudah pernah meminta tembusan laporan dana bos, tapi sampai tanggal tiga puluh satu desember belum ada saya terima, mungkin ke dikmen yang baru sudah ada tebusannya,” terang Sofyan pada BIN.
Terkait tidak taransprannya penggunaan BOS dan jual beli buku di SMAN 6 ini,Ketua LSM Peduli Bangsa H.Adi Subroto,ini sudah mengarah kepada tindak pidana korupsi. Penggunaan Dana bos ini sudah harus diperiksa oleh Kejari,dan kinerja Kadisdik Kota Jambi layak untuk di evaluasi oleh Walikota,tutur H.Adi Subroto pada BIN baru baru ini. (Ranto/jhp)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,289 hits
%d bloggers like this: