//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

Bawaslu Berdiam Diri Dibalik Permasalahan Panwaslu Kab. Bandung

ARI DAN HUSEN

Sejumlah elemen masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Ormas, Parpol dan para tokoh masyarakat meminta kepada pihak Bawaslu dapat menindak lanjuti sehubungan ditemukan adanya permasalahan identitas domisili ganda

surat pengangkatan husen sebagai ketua RW

surat pengangkatan husen sebagai ketua RW

Bandung, (BIN).- Badan Penga­was Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat sementara hanya bersembunyi dibalik persoalan legalitas ketua Komisioner Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bandung Husen Hermawan, S.Ag, M.Pd ditemukan adanya identitas ganda berdomisili sebagai penduduk Kota Bandung dan Penduduk Kabupaten Bandung. Bawaslu Provinsi Jawa Barat dalam hal adalah sebagai pihak bertanggungjawab untuk memeriksa dan penetapkan sangksi atas permasalahan yang ditemukan ditubuh Panwaslu Kabupaten Bandung.
Dalam rangka menyukseskan penyelenggarakan demokrasi pemilihan umum Calon Anggota Legislativ DPRD, DPD, DPR-RI tahun yang akan dilaksanakan pada 9 April 2014 ini sejumlah elemen masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Ormas, Parpol dan para tokoh masyarakat meminta kepada pihak Bawaslu dapat menindak lanjuti sehubungan ditemukan adanya permasalahan identitas domisili ganda atas nama Husen Hermawan yang kini menjabat selaku Ketua Komisioner Panwaslu Kabupaten Bandung, ditangani sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
Perlu disampaikan pula bahwa, Media BIN sebelumnya telah menyampaikan klarifikasi tertulis yang ditujukan kepada Camat Cileunyi, Kabupaten Bandung, serta tembusannya yang disampaikan kepada instansi terkait, berdasarkan surat Nomor. 025/RED/BIN/III/2014 pada 18 Maret 2014, tetapi sampai berita ini naik pemerintah Kecamatan Cilenyi belum bersedia memberikan keterangan sehubungan penerbitan KTP a/n Husen Hermawan tersebut.
Berbeda halnya dengan respon masyarakat luas dengan ditemukan identias ganda tempat domisili ketua Komisioner Panwaslu Kabupaten Bandung Husen Hermawan, S.Ag, M.Pd berupa KK dan KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagaimana telah diperoleh Media Berita Investigasi Nasional, bahwa data administrasi identitas domisili yang bersangkutan yaitu tercatat sebagai penduduk RW 12 Kelurahan Palasari Kecamatan, Cibiru Kota Bandung dan penduduk RT.003/RW007 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.
Identitas ganda atas nama Husen Hermawan ini merupakan kategori pelanggaran administrasi, kode etik dan pidana karena terindikasi melakukan menipulasi data administrasi kependudukan yang diduga telah dipergunakan oleh yang bersangkutan untuk memenuhi persyaratan mendudukui jabatan Ketua Komisioner Panwaslu Kabupaten Bandung.
Pertanyaan sekarang mengapa Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) berdiam diri? Kendatipun kasus ini telah mendapat tanggapan miring dari berbagai komponen masyarakat baik Ormas, Parpol LSM, praktisi dan tokoh masyarakat pada umumnya tapi sayangnya Bawaslu Provinsi Jawa Barat apriori dan tidak bertindak atas permasalahan tersebut. padahal ini menyangkut keabsahan administrasi penyelenggara Negara. Atas pemberitaan kasus tersebut masyarakat melalui Media BIN meminta kepada pihak yang berwenang dalam hal ini Bawaslu Provinsi Jawa Barat dan apabila permasalahannya tidak diselesaikan didaaerah maka permasalahan ini dikawal sampai ditingkat Bawaslu Republik Indonesia.
Oknum Bocorkan Rahasia Panwaslu
Menanggapi pemberitaan Media BIN sebelumnya sehubungan adanya pelanggaran kode etik dan disiplin yang dilakukan oleh oknum anggota komisioner Panwaslu bidang Pengawasan dan Penindakan Kabupaten Bandung pada Pemilu 2014 untuk pemilihan DPRD, DPD dan DPR-RI.
Anggota Komisioner Panwaslu Kabupaten Bandung Bidang Pengawasan, Arie Haryanto dalam klarifikasinya kepada Media BIN menyatakan rasa keberatan atas pemberitaan yang telah di muat di Media BIN. “Saya keberatan dengan judul berita “Kenakalan Oknum Komisioner Panwaslu Bidang Pengawasan” pada edisi sebelumnya yang dirasakan sangat menyudutkan, karena itu saya meminta bertemu untuk klarifikasi terkait pemberitaan tersebut,” ungkap Arie kepada Media BIN.
Isi pemberitaan itu sehubungan keterlibatan Ari Haryanto atas laporan masyarakat tentang indikasi kegiatan kampanye terselubung salah satu Caleg DPR-RI Drs. H. Ikang Fawzi, MBA yang difasilitasi oleh oknum Anggota Komisioner Panwaslu Bidang Pengawasan dan Penindakan Pemilihan DPRD, DPD dan DPR-RI ketika itu Ikang Fawzi disuruhnya tampil diatas panggung pada acara hajatan di Desa Ciapus, Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung. (MJ/TIM WRC)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: