//
you're reading...
Nasional

Kementrian Kelautan dan Perikanan Dukung Program Peningkatan Usaha Garam Rakyat Jawa Tengah

MPK webPati, (BIN).- Kementrian Kelautan dan perikanan (KKP), Sharif C. Sutardjo berkomitmen mendukung program swasembada garam tingkat nasional terus ditingkatkan. Melalui Program Peningkatan Usaha Garam Rakyat (PUGAR), KKP gelontorkan dana batuan Rp. 8,7 Milyar untuk peningkatan produksi garam di Jawa Tengah.
Dalam acara penyerahan bantuan program KKP di Pelabuhan Bajomulyo Kecamatan Juwana Kabupaten belum lama ini, Sharif menjelaskan terkait programnya, beberapa kabupaten di Jateng berpotensi menjadi swasembada garam. “Sentra produksi garam di Kabupaten Pati, Rembang, Jepara dan Brebes mampu mendukung swasembada garam di Jawa Tengah.” Ujar Sharif.
Menurut Sharif, dari tujuh lokasi yang yang ditetapkan sebagai PUGAR, Kabupaten Pati merupakan salah satu wilayah yang berpotensi. Selain itu, KKP telah menetapkan 33 kabupaten untuk unit penyangga PUGAR.
Dalam pelaksanaan PUGAR menggunakan prinsip bottom-up dengan arti masyarakat yang mengelola sesuai ketentuan mekanisme. “Bottom-up artinya masyarakat sendiri yang merencanakan, melaksanakan, melakukan monitoring dan evaluasi sesuai mekanisme yang ditentukan, serta mempertimbangkan pengarusutamaan gender. Ujarnya.
Ditegaskan oleh Sharif kebutuhan garam konsumsi nasional mencapai 1,5 juta ton pertahunnya, sedangkam garam industri sebesar 2 juta ton. Dan untuk memenuhi kebutuhan itu, mulai 2011, KKP melakukan program PUGAR di 40 kabupaten dan kini pada 2014 menjadi 43 kabupaten.
Dari hasil PUGAR ini, telah meningkatkan produksi garam nasional secara signifikan dan dapat memenuhi garam konsumsi. Ditahun 2013 pesediaan garam surplus 605.400 ton. Dan target di tahun 2014 ini sebesar 3,3 juta ton dengan luas lahan 26,700 hektar. “Melaui revitalisasi dan intensivikasi PUGAR, KKP berupaya meningkatkan produksi garam nasional dan swasembada garam secara terus-menerus, sehingga impor garam dapat dikurangi dan bahkan dihentikan” ujar Sharif.
Jawa Tengah menjadi nomor 2 dalam emnyalurkan kontribusi garam sebanyak 30 persen setelah Jawa Timur dengan angka 47 persen dan urutan ketiga yakni Jawa Barat dengan jumlah 10 persen dan dilengkapi kabupaten lainnya. Direncanakan, produksi garam nasional bisa meningkat karena mengingat kondisi Indonesia yang terdapat potensi alamiah, antara lain 104 ribu kilometer garis pantai dan 5,8 juta kilometer persegi laut. Termasuk tekstur tanah di sejmlah wilayah dapat di dayagunakan sebagai tambak garam.
Perihal kebutuhan BBM, Sharif mengungkapkan pembangunan sektor kelautan dan perikanan masih menghadapi banyak tantangan secara kondisi global seperti krisis finansial dan perdagangan bebas, maupan kendala dalam negeri spserti permodalan, infrastruktur, listrik dan BBM. Untuk kendala BBM bagi nelayan, KKP akan memperkuat infrastruktur di hulu yaitu salah satunya dengan membangun Stasiun Pengisian BBM solar untuk nelayan (SPBN) diwilayah pesisir seperti pelabuhan pelelangan ikan Bajomulyo. Dimana kebutuhan BBM solar untuk mendukung seluruh armada kapal ikan pada tahun 2014 diperkirakan mencapai 2.500.000 kiloliter.
KKP juga mengembangkan kemitraan dengan perusahaan minyak swasta yang dapat lisensi dari pemerintah untuk menyalurkan BBM solar bersunsidi. Selanjutnya KKP telah memfasilitasi pembangunan 291 unit SPDN di seluruh Indonesia. Untuk anggaran 2012/2013 yang lalu, KKP telah merampungkan pembangunan 48 unit SPDN guna meningkatkan ketersediaan bahan bakar minyak bersubsidi bagi nelayan. “SPBN PPI Bajomulyo yang akan diresmikan hari ini, merupakan salah satu kerjasam KKP dengan AKR dari 11 unit yang telah dibangun dalam dua tahun terakhir ini. (Indro)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: