//
you're reading...
Politik & Korupsi

Kualitas Bangunan Yang Rendah RKB SMAN 1 Kertasari Selesai Dibangun Kembali Ambruk

sekolah ambrukBandung, (BIN).- Kasus proyek pembangunan ruang kelas baru (RKB) SMAN I Kertasari yang baru saja selesai dibangun kembali mengalami roboh menambah catatan buruk pelaksanaan proyek pembangunan yang semestinya ditindak lanjuti aparat berwajib untuk menyelidiki dan mengusut tuntas permasalahan ini karena patut diduga adanya penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran alokasi pembangunan RKB tersebut yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan sendiri.
Pada beberapa edisi yang lalu Media Berita Investigasi Nasional telah menaikan berita terkait kasus pembangunan RKB Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) Ciparay, Kabupaten Bandung yang ditemukan ambruk sewaktu pembangunan RKB masih dikerjakan yang hingga kini fasilitas RKB MAN Ciparay belum terselesaikan dan belum dapat dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar, begitu juga kasus yang sama terjadi pada SMAN 1 Kertasari TKP tepatnya di Desa Resmitinggal, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Menurut sejumlah warga masyarakat sekitar menerangkan waktu kejadian pada (8/3) sekitar pukul 6. 30 WIB, dimana bangunan RKB yang baru saja selesai dibangun ditemukan kembali roboh untung saja saat kejadian tidak memakan korban jiwa.
Dengan adanya kejadian tersebut mengundang perhatian warga masyarakat setempat pasalnya bangunan RKB SMAN I Kertasari yang baru selesai dibangun mencapai 100% kembali mengalami ambruk sehingga menimbulkan kerugian materil hingga ratusan juta rupiah. Kepala sekolah SMAN 1 Kertasari Dudi ketika diminta kompirmasinya saat dihubungi pada waktu kejadian kepada Media BIN mengatakan tidak tahu apa-apa, “Saya sebagai pihak sekolah tidak tau apa apa mengenai pembangunan tersebut, karena dari awal sampai akhir pelaksanaan pembangunan RKB tersebut pihak pemborong tidak member tahu nama dan alamat pemborongnya siapa tidak tahu,” kata Dudi
Sementara ini tambah Dudi pula, “Meski pembangunan sdh selesai, sementara ini belum ada serah terima pada pihak sekolah, dalam hal ini saya bingung, bagai mana yah susah untuk menjawab dan menerangkannya,” jawab kepala sekolah terlihat benar-benar seperti yang sangat kebingungan.
Perkara ini tentunya perlu diselidiki asal-usul terjadinya bangunan RKB yang roboh ini, bila kemudian ditemukan dan terbukti ada pihak pihak yang terlibat menyalahgunakan wewenang dalam pembangunan sekolah tersebut, atas nama masyarakat kami meminta aparat hukum mengusut tuntas karena telah merugikan keuangan Negara, demikian dikatakan Pimpinan Harian LSM GEMPAR Harus Alrasid kepada Media BIN saat melakukan penelusuran di TKP.
Ketika itu Harun Alrasid meminta pelaksana proyek bertanggung jawab atas kejadian robohnya bangunan RKB yang terindikasi akibat lemahnya pengawasan dari pihak SKPD, konsultan , maupun dari pihak sekolah sendiri bahka diduga kuat persekutuan adanya kong-kalingkong satu sama yang lain untuk kepentingan ekonomi.
Dengan adanya kasus tersebut tentunya memunculkan tanggapan spekulasi dari masyarakat, bahwa fasilitas RKB yang roboh baru selesai dibangun tersebut disinyalir akibat konstruksi bangunan tidak stabil karena menyalahi bistek RAB (Rencana Anggaran Belanja). Anggaran pembangunan RKB dialokasikan sebesar Rp. 220.350.00, untuk 2 (dua) ruang kelas baru yang direalisasikan sekitar Nopember pada tahun anggaran 2013, dilaksanakan melalui rekanan CV Jaya Santosa dikerjakan selama 75 hari.
Ambruknya bangunan RKB tersebut terindikasi adanya dugaan pengurangan penggunaan matrial bahan bangunan, sehingga mengundang kecurigaan bagi masyarakat, LSM dan wartawan yang berfungsi sebagai sosial kontrol. Selanjutnya Harun Alrasyid menambahkan, “Diakui atau tidak, pembangunan fasilitas RKB SMAN 1 Kertasari yang dikerjakan oleh rekanan pemborong dilaksanakan asal jadi tanpa memperhatikan kwalitas bangunan yang member jaminan kenyamanan, kemanan dan keselamatan jiwa khususnya dalam aktifitas belajar mengajar kedepan,” ungkapnya [Tim WRC)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: