//
you're reading...
Politik & Korupsi

Kajati Jambi Bongkar Kasus Korupsi Proyek Alkes RS Pendidikan UNJA

183312_demo-antikorupsi-di-kantor-kejati-jambi_663_382Jambi, (BIN).- Kejaksaan Tinggi Provinsi Jambi akhir-akhir ini sibuk melakukan pemeriksaan terkait kasus dugaan penyimpangan proyek pengadaan Alat Kesehatanan Rumah Sakit (RS) Pendidikan Universitas Jambi. Aneh memang, anggaran proyek dikucurkan dialokasikan untuk pengadaan alat kesehatan sementara belum tersedia pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur Rumah Sakit tersebut. Untuk itu sejak awal terindikasi adanya kong-kalingkong proyek ‘Siluman’ alias fiktif’.
Dugaan penyalah gunaan dan penyimpangan anggaran Proyek pengadaan Alat Kesehatan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Jambi T.A 2013,sedang dalam proses pemeriksaan pihak Kejaksaan Tinggi jambi. Hal ini dikatakan Kasi Penkum Kejati jambi,kamis 20/3 diruang kerjaanya baru-baru ini”benar,semua panitia sudah kita panggil,kini sedang proses pemeriksaan,meminta keterangan dari pihak-pihak terkait,serta pengumpulan data-data”ujar Iskandarsyah,SH pada BIN.
Berdasarkan informasi LPS Universitas jambi,diperoleh melalui pokja terkait pengadaan Alkes T.A 2013 diumumkan sebagai berikut,”Alat Kesehatan Rumah Sakit Pendidikan Unja” secara logika kalimat ini mengatakan Alkes tersebut untuk Rumah Sakit Pendidikan Unja,yang mana Rumah sakit tersebut masih terbengkalai dan belum dapat digunakan sama sekali sementara pemenang tender pengadaan Alkes T.A 2013 silam telah diumumkan.
Mencuatnya persoalan ini ketika hasil lelang menetapkan PT.Panca Mitra Lestari(PML) ditunjuk sebagai pemenang sesuai surat Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa (SPPBJ) No.11/UN21.9.3.3.4/PPK/2013 pada 21 November 2013 silam dengan nilai Rp.19.685.220.500,- ada beberapa kejanggalan yang dilakukan Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) yang diduga kuat bermaksud untuk menganjal PT.PML. Hal ini disampaikan Direktur PT.PML melalui surat tertanggal 4 Desember 2013 yang bunyinya dengan tegas mengatakan pihak PPK Alkes Unja telah melanggar Perpres nomor 70 tahun 2012,dan RKS dan memaksa rekanan tetap melakukan jaminan pelaksanaan dari Bank pemerintah yang ditunjuk pihak PPK.
Persoalan Alkes Unja akhir-akhir ini sangat menarik perhatian, pasalnya Rektor Universitas Jambi Prof. Drs. Aulia Thasman.M.Sc,.PhD sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) selalu berkelit dan menghindar ketika dikonfirmasi,dan anehnya lagi sang Rektor mengatakan akan mengkonfirmasi dulu ke Kementerian untuk menjawab konfirmasi wartawan. Pernyataan ini menjelaskan dugaan semakin kuat bahwa pengadaan Alkes tersebut”FIKTIF”terbukti Fakultas kedokteran universitas Jambi melalui beberapa staf ketika dikonfirmasi Januari silam mengatakan tidak tahu-menahu terkait Alkes tersebut.(berita BIN edisi 9002).
Pemainan petak umpet dan berupayanya pihak Panitia Alkes ini untuk menutupi borok-boroknya semakin terlihat jelas,Februari 2014 silam BPK Pusat datang memeriksa terkait Alkes tersebut,sebulan kemudian tepatnya tanggal 4 maret 2014 pihak Kejaksaan Tinggi Jambi memanggil guna memeriksa pihak Panitia Alkes tersebut. Berbagai macam opini terbangun dimasyarakat apakah ini hasil rekomendasi dari BPK Pusat bahwa ada dugaan Tindak Pidana penyalah gunaan anggaran terkait Alkes tersebut? sebab ini Domain BPK. BPK bisa merekomendasikan kepada pihak-pihak Penyidik apabila hasil audit menemukan kejanggalan penggunaan anggaran,ujar sumber BIN di BPK.
Terkait Pemanggilan Pihak Panitia dan PPK Alkes oleh Kejati Tinggi Jambi tertanggal 4 maret 2013 silam,belum banyak memberikan komentar, namun pihak Kejati melalui Kasi Penkum mengatakan telah membentuk Tim dari Kejaksaan Tinggi jambi.( TIM).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: