//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Politik & Korupsi

Subsidi ‘Kemiskinan’ Disejumlah Kabupaten Sulawesi Tengah Menjadi Proyek Bisnis

RaskindaSulteng, (BIN).- Saat ini bukan saja para kades atau kalangan pengu­asa raskin, dari penelusuran tim investigasi Media BIN, pada beberapa titik pendistribusian Raskin ditemukan adanya penyusutan timbangan yang sangat tidak rasional dan pembengkakan harga satuan yang tidak sesuai dengan pelaksanaan subsidi program raskin tahun 2013, pemerintah melalui PMK No. 237/PMK.02/2012 tentang Tata Cara Penyediaan, Perhitungan, Pembayaran dan Pertanggungjawaban Subsidi Raskin Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah yang telah ditetapkan Kementerian Sosial RI c.q Direktorat Jenderal Pemberda­yaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) subsidi beras Raskin.
Kegiatan ini melibatkan bebe­rapa Kementerian/Lembaga, salah satunya dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang bertugas untuk menyiapkan data Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Raskin yang sudah diverifikasi oleh daerah melalui Gubernur dan Bupati/Walikota. Sedangkan Kementerian Sosial sebagai KPA bertugas diantaranya menetapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan SPM, menyusun petunjuk teknis kegiatan subsidi Raskin, melakukan verifikasi, melaksanakan akuntansi dan pelaporan kegiatan subsidi beras serta melakukan monitoring dan evaluasi, sedangkan Perum bulog bertugas menyediakan dan menyalurkan Raskin sampai titik distribusi, sedangkan dari titik distribusi ke titik bagi menjadi tanggung jawab daerah.
Guna kelancaran pelaksanaan subsidi Raskin, dibentuk Tim Koordinasi mulai tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan sampai desa/Kelurahan. Pembentukan Tim Koordinasi ini dilaksanakan oleh kemenko Kesra sebagai Ketua Tim Koordinasi Tingkat Nasional dan sekaligus Penanggung Jawab Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Nasional pada Kluster I PNPM. Dengan adanya tanggung jawab Kementerian Sosial sebagai KPA Subsidi Raskin, peran Kementerian Sosial menjadi sangat strategis, terutama apabila dikaitkan dengan UU No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dan UU No. 13 Tahun 2011 tentang Pena­nganan Fakir Miskin. Kegiatan ini telah memperkuat upaya penanganan fakir miskin yang sebelumnya dilakukan melalui KUBE, RSRTLH dan Program PKH. Namun sebaliknya hasil pantaun timInvestigasi hampir 80% setiap kepala desa di kabupaten Lubuk –Banggai juga kepulauan di beberapa kabupaten terdapat melambung nya harga Rp2.500, Rp.2.700 sampai dengan Rp. 3.200. Ditambah lagi dengan adanya penyusutan perkarung.
Menurut informasi yang di terima Tim “Investigasi juga mene­mukan dalam pembagian raskin ada di salah satu dapur rumah keluarga Kepala Desa Pondan, Kecamatan Manto, Kabupaten Luwak (Banggai) Provinsi Sulawesi Te­ngah Yanti basompe juga menurut keterangan narasumber yang minta dirahasiakan identitas dirinya, dia mengemukakan, “ Program RTSPM tentang raskin, Herannya lagi dari salah satu keponakan kepala desa atas nama Rommi yang mana anak tersebut di titipkan sama orang tuanya sampai saat ini masih mendapatkan RTSPM melalui raskin, namun sebaliknya juga bahwa warga yang sudah jelas seharusnya mendapatkan program malah terabaikan tidak mendapat haknya sehingga menjadi kontroversi di masyarakat. Kepala Desa Pondan kecamatan Manto Kabupaten Luwuk Banggai Sulawesi Tengah (Kowil Sulteng).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: