//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Politik & Korupsi

Pembangunan Mesjid Agung Maros Terindikasi Korupsi Bamus Laporkan Panitia ke Kejati SulSel

korupsi mesjidMaros,(BIN),- Pembangunan Mesjid Agung Maros, Sulawesi Selatan, menyisakan masalah, pasalnya sejak dikerjakan tahun 2008 lalu, pembangunan mesjid ini tidak kunjung rampung, karena itu Tim Formatur Penyusunan Panitia Pembangunan Mesjid Agung Maros mempertemukan Badan Musyawarah (bamus) Jemaah Mesjid Agung Maros dengan para Pengurus Yayasan Mesjid.
Pertemuan berlangsung beberapa waktu yang lalu,Tim formatur dibentuk oleh Bupati Maros, karena terjadi kisruh antara Bamus Jemaah dengan pihak yayasan mesjid, Bamus menuntut panitia pembangunan mesjid yang saat ini pengurusnya melebur di yayasan agar mempertanggungjawabkan laporan penggunaan dana yang selama ini dipakai.
Dana pembangunan mesjid bersumber dari beberapa donatur sumbangan Jemaah dan pemerintah senilai Rp 7 milyar sejak 2008 dan masalah ini mulai terkuak sejak Desember 2012 lalu dan sampai saat ini masalah tersebut belum terselesaikan.
Ketua Bamus Jemaah Mesjid Agung Maros, Zainal Abidin Noer, Bamus telah dibekukan melalui Keputusan Bupati Maros pada 11 Juni 2013. Sejak saat itu ia bersama Jemaah mesjid mempertanyakan laporan penggunaan dana selama kegiatan pembangunan,
”Sudah lima tahun mesjid di bangun, tapi kenapa pembangunannya tak kunjung selesai. Padahal total dana yang telah dikelolah panitia yang bersumber dari sumbangan Jemaah dan pemerintah sudah mencapai Rp.7,4 milyar dan itu diluar dari sumbangan material dari pihak ketiga senilai Rp. 341 juta “ ungkapnya.
Ketua Bamus menambahkan, Panitia saat ini tidak bisa memberikan penjelasan dan membuktikan laporan penggunaan anggarannya, maka Jemaah mesjid mengambil alih lanjutan penbangunannya dengan membentuk panitia baru, saat itu, kesepakatan Jemaah yang membentuk kepanitianya.
Terkait saldo keuangan yang diserahkan oleh panitia yang dibekukan sebesar Rp 56 juta kepada panitia yang baru untuk dikelola, setelah panitia baru yang dibentuk oleh Jemaah ini bekerja, Jemaah kemudian dengan sukarela menyepakati membentuk Badan Musyawarah Jemaah Mesjid Agung Maros yang baru pada 21 April 2013, Dan salah satu tugas pokoknya adalah mengawasi panitia pembangunan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya melanjutkan pembangunan mesjid itu.
Namun karena Bamus terus menuntut pertanggunjawaban panitia lama prihal alokasi dana Rp 7,4 milyar, maka Bamus dan panitia akhirnya di bekukan oleh Bupati pada 11 november 2013, kemudian dibentuk lagi tim formatur penyusunan panitia pembangunan Mesjid yang kini sedang berjalan.
Sehubungan panitia lama tidak dapat mempertanggung jawabkan laporan keuangannya, selanjutnya Bamus melaporkan dugaan kasus penyelewengan dana pembangunan mesjid ini melalui Kejaksaan tinggi (kejati) Sulawesi Selatan dan Polres Maros untuk diproses secara hukum.
Dalam penanganan kasus ini Kejati temukan indikasi korupsi terkait pengelolaan Dana Renovasi Mesjid Agung Maros,Tim penyidik bidang pidana khusus Kejati Sulsel menemukan indikasi tindak pidana korupsi anggaran renovasi Mesjid agung kabupaten Maros terkait pelaporan perkara ini dan Penyidik telah mengantongi sejumlah alat bukti dan bahan keterangan dari para saksi.
“Hasil penyelidikan menunjukkan adanya perbuatan melawan hukum dan potensi kerugian negara dalam proyek itu (renovasi Mesjid agung Maros) Segera dinaikkan kepenyidikan,” kata Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sulsel Gerry Yazid diruang kerjanya.
Terkait dengan tersangka dalam perkara ini ,Gerry menyebutkan prosesnya masih harus menunggu tahapan penyiidikan lebih lanjut. Gerry menambahkan pula, Penyidik terlebih dahulu akan melakukan ekspose perkara, kendati demikian, mantan Asisten Inteljen Kejati Nangroe Aceh itu tidak merinci lebih jauh poin pelanggaran yang ditemukan penyidik dalam perkara ini
” Soal materi perkara tidak bisa disampaikan, “Pungkasnya. (Irwan)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
%d bloggers like this: