//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Oknum Caleg (cara) Beli Suara Rakyat…. Dengan Kupon Berhadiah Haji & Umroh !

hj reni web kcl jpgBandung, (BIN).— Desk Pemilu legislatif 2014 Yang di temukan oleh Tim Investigasi juga mencatat kasus-kasus dilapangan yang menunjukan, bahwa pemilihan pada periode 2014 kali ini merupakan pemilu legislatif paling binal, mulai praktik politik uang kepada pemilih, main mata jual-beli suara dengan oknum-oknum petugas penyelenggara pemilu, hingga mengubah hasil perhitungan suara dan lain-lain. Ini merupakan preseden pemilihan terburuk sepanjang sejarah pemilu yang tengah berlangsung di Indonesia sejak masa orde lama tahun 1955 dan pemilu dimasa Orde Baru.
Terbukti catatan buruk dengan adanya kasus pemilihan ulang/perhitungan ulang yang dikabarkan sedikitnya ada 780 TPS diseluruh Indonesia, lebih memprihatinkan lagi ternyata kasus pengulangan dan pelanggaran yang paling parah terjadi di Provinsi Jawa Barat, seperti kasus pemilihan ulang beberapa TPS di Kabupaten Bandung, umumnya Jawa Barat
Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) sendiri juga menemukan ada tiga klasifikasi jenis pelanggaran yang brutal saat ini terjadi di berbagai daerah. Ketua Bawaslu Republik Indonesia (Bawaslu RI) , mencatat temuan dan laporan ada tiga klasifikasi pelanggaran tersebut, yaitu politik uang, tertukarnya surat suara antar daerah pemilihan (Dapil) dan mengubah perhitungan suara.juga money Politik lainnya ( masiv )
Mengutip pernyataan salah satu elite Politik di Indonesia, dunia politik saat ini ternyata di luar dugaan sebelumnya. Menurutnya hampir setiap politisi tidak dapat dipercaya. “Minta ampun. Dari 15 orang yang saya temui, 14 bohong semua,”
Sehubungan dengan itu Media berita Investigasi nasional juga menemukan indikasi kecurangan pemilu politik uang yakni dengan membeli suara rakyat melalui modus kupon berhadiah haji, padahal realita pemberangkatan jamaah haji saat ini memerlukan kurun waktu,hal yang mustahil jika ini di tepati juga suara pemilih yang begitu banyak ,dugaan kuat ini jelas–jelas adalah kebohongan sebuah Politik elit dan juga kebohongan public,“ ungkap salah satu para tokoh yang enggan di sebut namanya .Di tempat yang terpisah Tim Investigasi juga menemukan banyak nya kecurangan yang di lakukan oleh para Caleg .yang sampai saat ini banyak menuai masalah juga dalam kubu partai itu sendiri dan sangat tidak mungkin ketika politik berjalan demi tahta maka saling menunjukan kekuatan system sehingga dalam partaipun saling menumbalkan sahabat ,rekan bahkan saudara sendiri.hal itu juga lemah nya bagian pengawasan Panwas kabupaten Bandung .yang menurut hasil temuan Tim investigasi yang sampai saat ini masih di duga nya tebang pilih atau mungkin saja sudah terisolir sehingga di anggap tak ada masalah lagi .
Dalam menduduki jabatan anggota legislatif, artinya ongkos naik haji yang dijanjikan dari kupon berhadiah itu tidak lain jurus membeli suara rakyat dengan ‘tipu daya’ semata-mata untuk meraih kursi jabatan.
Contoh yang saat ini yang ditemukan Tim investigasi yaitu kupon berhadiah haji, diantaranya tertulis atas nama Caleg DPRD Kabupaten Bandung dari PKB, Hj. Renie Rahayu Fauzie, Nomor urut 2 (dua ) untuk daerah pemilihan (Dapil) V yang meliputi Kecamatan Majalaya, Kecamatan Paseh, Kecamatan Ibun dan Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung.
Atas temuan tersebut barang bukti selembaran kupon berhadiah Haji yang disebar dimasyarakat beraromakan politis untuk memenangkan dukungan suara pada Pileg (pemilihan legislatif) 2014, Modus politik uang ( masiv ) dari kubu para oknum Caleg ini dilakukan melalui pendataan kepada para pemilih dengan cara mengisi selembaran kupon berhadian Haji dan umroh bagi pemilih di DPT.
Sehubungan ditemukan adanya praktik ‘kenakalan’ dengan cara melawan peraturan KPU, pihak masyarakat yang menemukan dan salah satu caleg merasa keberatan dengan adanya temuan kecurangan ini kemudian mengadukannya permasalahan tersebut melalui pengurus internal Partai, namun tidak mendapat tanggapan yang serius, selanjutnya delik pengaduan tindak pidana kejahatan Pemilu Legislatif, sesuai Undang-Undang No. 8 Tahun 2012 yang bersangkutkan melaporkan temuan dugaan kecurangan pemilu ini ke Panwaslu Kabupaten Bandung, namun begitu juga Panwaslu tidak menindak lanjuti sesuai kewenangannya.
Menanggapi hal itu, Komisioner Bidang Pengawasan dan Penindakan Panwaslu Daerah Kabupaten Bandung, mengakui adanya delik pengaduan terkait temuan kupon berhadiah haji dari salah satu kubu Calon Legislatif DPRD Kabupaten Bandung. Karena diduga kupon berhadiah tersebut dipergunakan untuk pemenangan pemilihan legislatif, hanya saja Panwaslu menerima delik pengaduan tersebut tanggal 21 April 2014, karena itu Panwaslu tidak menindak lanjuti karena menurut Undang-Undang KPU telah lewat 7 hari masa pengaduannya. Yang pada akhirnya panwas Kabupaten Bandung juga membenarkan bahwa ini adalah Pelanggaran yang di duga kuat dilakukan oleh Hj. Renie Rahayu Fauzie,
Kendatipun masa untuk pengaduan sudah lewat 7 hari, namun persoalan ini mengindikasikan adanya unsur tindak pidana pemilu yaitu money politik dan unsur menjanjikan sesuatu hal barang, jasa atau uang yang dapat mempengaruhi para pemilih DPT , Oleh karenanya sejumlah tokoh masyarakat dan agama, Parpol, ormas, OKP, LSM di Kabupaten Bandung mendesak kepada Panwas ,KPU dan Bawaslu provinsi jawa barat untuk menanggapi hal-hal pengaduan masyarakat terkait pelanggaran atau kasus pidana pemilu khususnya persoalan yang mengemuka di Jawa Barat.
“Agar demi tegaknya hukum yang sebenar- benarnya sehingga pemilihan legislatif ini bersih dari masiv, “menurut salah satu pengamat politik dan aktivis kabupaten Bandung ( Tim WRC )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: