//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Politik & Korupsi

BSM SMKN 5 Kota Jambi ‘Perkaya’ Kepsek

Jambi, (BIN).– Senin 5 Mei silam puluhan Guru, orang tua siswa dan Ketua Komite SMKN 5 kota jambi ramai-ramai curhat ke DPRD Kota Jambi, rombongan para guru ini diterima Ketua Komisi D Jefri Bintara Pardede dan anggota Komisi D lainnya diruang rapat Komisi D,sekaligus menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Drs Rifai. Kedatangan Guru, Orang tua Murid ini melaporkan arogansi Kepsek Ely Sutinar selama memimpin sekolah tersebut. Menurut para guru dalam hearing dengan Komisi D,dan Kadisdik, perlunya hal ini diketahui DPRD Komisi D selaku mitra kerja Dinas Pendidikan Kota Jambi.
Dalam Hearing tersebut, menurut Para Guru, dan Orang tua murid ketidak becusan Ely Sutinar selaku Kepsek SMKN 5 ini sudah pernah dilaporkan kepada Rifai, namun tidak pernah mendapatkan perhatian yang serius dari Kadis tersebut. Hal itu yang membuat Guru dan Komite sekolah mendatangi Dewan papar para guru dan oranr tua siswa.
Permasalahan di SMKN 5 ini sepertinya sudah lama dan berlarut-larut, seperti Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang selayaknya diterima oleh siswa namun tidak pernah sampai kepada siswa tersebut alias ditilep Ely Sutinar dengan alasan untuk keperluan sekolah, dan menurut para orang tua murid dan ketua komite sekolah, Kepsek tersebut telah melanggar dan mengangkangi juknis BSM itu sendiri.
Dalam juknis Bantuan Siswa Miskin (BSM), BSM APBN-P sasaran programnya adalah siswa miskin yang pada tahun ajaran 2013/2014 masih berstatus sebagai siswa SD, SMP, SMA, SMK, serta memenuhi sekurang-kurangnya satu dari kriteria sebagai, Siswa yang orang tuanya penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS), Siswa Penerima kartu calon penerimaan Bantuan Siswa Miskin Khusus untuk SD dan SMP,orang tua siswa terdaftar sebagai peserta Program Keluarga Harapan (PKH),siswa terancam putus sekolah karena kesulitan biaya, siswa yatim, atau yatim piatu.
Program BSM ini dikucurkan Pemerintah per semester di tahun ajaran 2013/2014 sebagai berikut, untuk SD Rp. 425.000,- SMP Rp. 575.000,- SMA dan SMK Rp.700.000,- dan pemanfaatannya untuk pembelian buku dan alat tulis sekolah, pembelian pakaian dan perlengkapan sekolah seperti sepatu, tas dll, biaya transport kesekolah, uang saku siswa, dan biaya les tambahan.
Terkait Kepsek SMKN 5, Ely Sutinar, para guru dan orang tua siswa serta komite sekolah memaparkan beberapa permasalahan di sekolah yang di kepalai Ely Sutinar tersebut, seperti masalah Uang NUPTK,janji menjadi PNS,gaji serta SK, kesejahteraan guru, dan yang terahir masalah BSM yang dikuasai oleh Ely Sutinar yang diduga untuk kepentingan pribadi.
Setelah para guru, orang tua siswa, dan Ketua komite sekolah memaparkan pola kepemimpinan serta arogansi Ely Sutinar di hadapan Kadisdik, satu persatu anggota Dewan memberikan tanggapan. Sarto SH,M Hum anggota komisi D DPRD Kota jambi dalam hearing tersebut mencermati permasalahan Bantuan Siswa Miskin (BSM), Sarto mengatakan permasalahan BSM ini harus segera di tuntaskan dan mengembalikan uang tersebut kepada orang tua murid,dan jangan persoalan ini mencuat dan sampai ke penegak Hukum, sebab ini menyangkut anggaran pemerintah pusat,” ujar Sarto.
Dalam hearing bersama Kadisdik Kota Jambi, Dewan merekomendasikan kepada kadisdik untuk mengevaluasi masalah Kepsek SMKN 5 ini dalam waktu dua bulan kedepan,dan berharap para guru dan orang tua murid bersabar. Namun keputusan tersebut tidak serta merta diterima guru dan orang tua murid,dan menyatakan bahwa mereka(guru, red) tidak mau lag dipimpin oleh Ely Sutinar.(Ranto/JhP)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: