//
you're reading...
Nasional

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Menandatangani Peresmian Gedung Tata Usaha PG. Trangkil

ganjartrangkilPati, (BIN).- Kunci utama agar petani tebu bersedia menanam tebu adalah pengamanan lahan pertanian.selain itu, menjaga stabilias harga gula di pasaran juga menjadi hal yang penting. Hal tersebut yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutanya ketika meresmikan Gedung Kantor Tata usaha Keuangan PG Trangkil, Pati Jawa Tengah, pada (10/5).
Melaui sambutan dalam peresmian Gedung Kantor Tata Usaha yang di hadiri Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Budiyono serta forkompinda dan Kepala Badan Kordinator wilayah I tersebut, Ganjar menekankan bahwa untuk menjaga kestabilan harga dan produksi gula tebu harus menjadi pekerjaan semua pihak, baik stockholder, pemerintah, dunia perbankan dan masyarakat.
Diperkirakan stok gula nasional semakin menurun di tahun 2014 dan musim giling diperkirakan mundur dari Mei menjadi Juni. Karenanya, untuk mengatasi masalah tersebut, berdasarkan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) akhir tahun 2013, disepakati bahwa Pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk menambah cadangan stok gula sebesar 350.000 ton. Bulog dipersilahkan mengumpulkan dari produksi dalam negeri atau mengimpor, baik dalam bentuk gula kristal putih konsumsi maupun gula rafinasi untuk maksud tersebut.
Ganjar menuturkan, menurunnya produksi Gula tebu nasional tersebut disebabkan beberapa hal. Pertama berkurangnya lahan pertanian Tebu yang disebabkan oleh alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman maupun pengalih fungsi untuk tanaman pertanian yang lain. Menurutnya, pengalihan fungsi penggunaan lahan untuk pemukiman bisa di siasati pemerintah daerah dengan menerbitkan Regulasi yang mengatur hal tersebut lewat Raperda.
Sedangkan pengalihan penanaman komuditas tebu ke yang lain bisa disiasati dengan memberi kepastian Harga Pokok Penjualan (HPP), sehingga petani akan lebih memelih menanam tebu karena lebih menguntungkan. “Kalau menanam tebu lebih menguntungkan, pasti petani lebih memilih menanam tebu daripada menanam yang lain” ujar Ganjar.
Selain itu, harapan kami karena PG trangkil termasuk pabrik tertua dengan segudang pengalaman manajemen dalam industri gula maka tidak ada salahnya kalau PG trangkil bisa menjadi trademark yang akan menjadi kebanggaan Jawa Tengah. “Hal itu mungkin terjadi jika luas lahan dan petani bisa dipertahankan untuk tetap menanam komuditas tebu” pungkasnya. (Indro Bin)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
%d bloggers like this: