//
you're reading...
Nasional

Kontrak Kerja Pembangunan Waduk Gerak Copong Ditandatangani

Lintas Jabar (BIN). Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melakukan penandatanganan kontrak pekerjaan pembangunan waduk Gerak Copong DI. Leuwi Goong
Dalam sambutannya Dirjen SDA Moch. Amron mengatakan, sesuai dengan target Renstra 2010-2014, SDA akan meningkatkan 500 ribu hektar daerah irigasi dan merehabilitasi sebesar 1,3 juta hektar daerah irigasi. Hal ini sesuai dengan komitmen kita dalam mempertahankan ketahanan pangan. Tingginya pertambahan penduduk serta banyaknya alih fungsi lahan, sehingga mengakibatkan daerah irigasi menjadi berkurang, ini menjadi pemicu kinerja kita untuk tetap melayani agar terjaganya fungsi layanan irigasi kepada masyarakat, tambah Amron.
Amron juga menjelaskan dari layanan fungsi, posisi ketersediaan prasarana dan sarana pengolahan lahan pertanian beririgasi Indonesia cukup tinggi yaitu nomor dua (91% ) di dunia setelah China (98%). Sedangkan Vietnam sebesar 44%-46%-nya saja yang diberi air irigasi. Jadi mereka masih menggantungkan pengairannya pada air hujan. Tapi mereka mampu menjadi pengekspor beras ke dua setelah Thailand yang ketersediaan irigasinya hanya 39%, jelas Amron.
Dengan kondisi prasarana irigasi kita tersebut manggambarkan bahwa kita sebenarnya sudah menyediakan air yang cukup untuk irigasi, tetapi masalahnya adalah jumlah penduduk kita yang cukup besar, yaitu nomor empat dunia ini. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab bahwa kita harus lebih bekerja keras untuk menyediakan cukup pangan bagi masyarakat.
Paket pekerjaan LMS 18 untuk daerah irigasi Leuwigoong ini adalah peket ke-8 dari 9 paket yang ada dalam loan agreement PIRIMP IP 546. Dalam paket ini akan dibangun sebuah bendung gerak (barrage) Copong dengan dua bentang (span) masing masing 19 x 7 meter. Paket yang ditandatangani oleh PT Pembangunan Perumahan-Wijaya Karta JO, PPK Irigasi II BBWS Cimanuk Cisanggarung dan Kepala SNVT BBWS Cimanuk Cisanggarung ini akan mengairi daerah irigasi seluas 5313 hektar di kabupaten Garut.
Dirjen SDA berpesan bahwa setelah prasarana dan sarananya direhabilitasi tentunya improvement dan manajemen irigasinya juga perlu dicermati dan ditingkatkan. Dirjen juga berharap dengan ditandatanganinya paket pekerjaan pembangunan Bendung Gerak Copong DI.Leuwi Goong ini, profesionalisme dan kompetensi semua pihak dapat dikedepankan untuk penyelesaian perkerjaan. Turut hadir pada acara ini Direktur Irigasi Imam Agus Nugroho, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Priyo Sambodo, dan PT. Pembangunan Perumahan-Wijaya Karya. ( Danu )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: