//
you're reading...
Nasional

Siap Bangun PLUT Pemkab Kendal Bubarkan 30 Koperasi ‘Sakit’

KOPERASIKendal, (BIN).- Lantaran sudah tidak beroperasi lagi ditambah dengan tidak adanya pengurus dalam koperasi, Pemkab kendal melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan membubarkan 30 buah koperasi di tahun 2014. Tahun sebelumnya ( 2013 ), 18 belas koperasi telah dilikuidasi.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sutiyono, S.Sos dalam konperensi pers soal koperasi dan UMKM di Aula Dinkop, Kamis ( 22 / 5 ). Dari 541 koperasi yang tercatat, sebanyak 301 koperasi masih aktif dan akan berusaha diaktifkan 50 koperasi selama 2014. Di 2015, sisa koperasi yang masih tercatat akan dikaji apakah akan dipertahankan atau dibubarkan.
Sebagian besar koperasi yang ditutp merupakan koperasi serba usaha. Pemerintah pusat sesuai dengan UU No 17 tahun 2012 telah menetapkan jenis koperasi yang boleh berdiri di Indonesia yakni koperasi produksi, koperasi konsumen, koperasi jasa dan koperasi simpan pinjam. Namun sampai sekarang Peraturan Pemerintah dan peraturan Menteri belum juga ditetapkan.
Sebenarnya, lanjut Sutiyono, apabila UU tersebut sudah berlaku, koperasi tidak hanya merupakan badan usaha namun juga berbadan hukum sehingga sejajar denganlembaga ekonomi lain seperti PT dan CV.
Bantuan yang diberikan untuk pengembangan koperasi umumnya berupa hibah, namun sangat kecil jumlah bantuan yang diberikan. Lembaga Pengelola Dana Bergulir ditunjuk pemerintah memberikan bantuan pada koperasi.
Pemkab Kendal berencana membangun Pusat Layanan Usaha Terpadu ( PLUT ) guna mengembangkan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( KUMKM ). Kalangan usahawan muda banyak yang memulai usaha dengan membentuk UMKM sehingga memerlukan bantuan bimbingan dan permodalan.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kendal Sutiyono. S. Sos menyampaikan rencana tersebut di hadapan para wartawan dalam kegiatan press conference di Aula Dinkop UMKM, Kamis ( 22 / 5 ). Keberadaan PLUT antara lain dianggap mampu menumbuhkan jalinan serta sinergi sumber daya terbaik antara pemerintah pusat dan daerah dan memperkuat hubungan konsultataif di antara KUMKM dengan lembaga keuangan perbankkan dan akses pasar.
iharapkan, apabila PLUT sudah berjalan, pusat layanan terintegrasi bagi potensi dan sumberdaya untuk pengembangan KUMKM di kabupaten Kendal bisa terwujud. PLUT, imbuh Sutiyono, akan memberikan layanan yang terpadu pada usaha KUMKM serta meningkatkan usaha KUMKM lebih kreatif, inovatif dan produktif. Layanan konsultasi, pendampingan, monitor serta pemberian fasilitas pembiyaan, pemasaran, pelatihan networking dan layanan pustaka enterpreneur disa diperoleh di PLUT.
Dijelaskan, dengan potensi koperasi yang berjumlah 533 dan UMKM sebesar 17.690 dengan dukungan dana dari APBD di sejumlah SKPD, kegiatan PLUT akan berperan dalam pengembangan wirausaha dan koperasi di Kabupaten Kendal. Sementara lembaga UMKM yang masih berjalan antara lain Paguyuban UMKM Kendal dan Kampung Batik di Kaliwungu.
Produk unggulan daerah yang dikembangkan dalam usaha UMKM di Kabupaten Kendal yakni jambu getas merah, ikan bandeng, batik, pisang raja bulu, kerupuk rambak dan kerupuk petis. Pdoduk lain yang tersedia diantaranya produk kayu olahan, tas kulit dan aneka olahan ketela pohon.Perlu diketahui, lokasi PLUT telah disediakan di Desa Jenarsari kecamatan Gemuh di jalur Pantura dengan luas tanah lebih kurang 10.600 M2. Bangunan PLUT akan didirikan dengan luas 2.500 m2. ( eko)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,369 hits
%d bloggers like this: