//
you're reading...
Nasional

Wali Kota : PDAM Harus Respon Cepat Keluhan Pelanggan

pdamPontianak-BIN. Wali Kota Pontianak Sutarmidji meminta Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Khatulistiwa yang akan terpilih nanti setelah melalui tahapan seleksi, untuk merespon secara cepat setiap keluhan pelanggan. “Kita punya pelanggan sekitar 80 ribuan dan kalau dalam sehari ada 50 keluhan hal itu wajar saja. Tapi keluhan-keluhan itu harus direspon dengan cepat dan baik supaya semuanya berjalan baik,” ujarnya usai memberikan arahan pada Uji Kelayakan dan Kepatutan calon Dirut PDAM di Aula Sultan Syarif Abdurrahman Kantor Wali Kota Pontianak, Senin (26/5).
Selain merespon setiap keluhan pelanggan, Sutarmidji juga meminta Dirut PDAM terpilih harus berani melakukan terobosan-terobosan untuk investasi PDAM. Diakuinya, untuk cakupan pelayanan PDAM di wilayah Kota Pontianak tidak bertumpu mencari keuntungan. “Tetapi ketika PDAM Kota Pontianak melayani wilayah kabupaten lain, harus bicara soal keuntungan atau profit,” ungkapnya.
Sementara itu, berbagai pekerjaan rumah (PR) yang harus segera dilaksanakan Dirut PDAM terpilih. Diantaranya penyiapan kapasitas produksi yang ditargetkan akhir tahun 2016 sudah bisa memproduksi kapasitas 2.200 liter per detik. “Saat ini baru 1.450 liter per detik dan nanti ditambah 300 liter per detik pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Pontianak Timur. Berarti sisa 450 liter per detik untuk mencapai target tersebut,” jelas Midji.
Menekan angka kebocoran air, berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait air baku dan meningkatkan kualitas air PDAM. Dalam meningkatkan kualitas air, menurut Midji, bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan laboratorium yang dimiliki perguruan tinggi yang ada di Pontianak.
Ke depannya, PDAM berencana melakukan penyesuaian tarif bagi pelanggannya. Pasalnya, penyesuain tarif ini sebagai investasi masyarakat untuk peningkatan pela­yanan air bersih. “Penyesuaian tarif ini anggap saja sebagai investasi masyarakat Kota Pontianak kalau ingin PDAM secepatnya bagus,” terang Midji.
Dalam seleksi Dirut PDAM, Wali Kota menegaskan dirinya tidak campur tangan demi independensi penunjukkan Dirut PDAM. Penunjukkan itu sepenuhnya diserahkan kepada tim seleksi calon Dirut PDAM yang telah dibentuk. Tim seleksi terdiri dari Ombudsman Perwakilan Kalbar, akademisi, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Pontianak dan lainnya.
Ada lima kandidat Dirut PDAM Tirta Khatulistiwa, empat diantaranya berasal dari lingkungan PDAM itu sendiri yakni Afandi yang saat ini menjabat Dirtek PDAM, Ardiansyah yang menjabat staf ahli bidang keuangan PDAM, Lajito yang saat ini menduduki posisi kepala bagian produksi PDAM dan Januar Pribadi yang menjabat sebagai kepala bagian pengenda­lian kehilangan air PDAM. Sedangkan kandidat yang berasal dari luar ruang lingkup PDAM Tirta Khatulistiwa yakni Zainul Arifin, mantan Direktut PDAM Kabupaten Pontianak.
Para kandidat atau calon Dirut PDAM Tirta Khatulistiwa harus melewati beberapa tahapan seleksi yakni seleksi administrasi, ujian tertulis, psikotest, uji kelayakan dan kepatutan dan test kesehatan. Setelah melalui tahapan itu, Dirut PDAM Tirta Khatulistiwa terpilih akan segera diumumkan. (BG/Jim)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
%d bloggers like this: