//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Dit. Resnarkoba Polda Kepri Musnahkan Barang Bukti Narkoba

DSC_0080DSC_0062Batam, (BIN).- Kabid Humas Polda Kepri Akbp. Hartono, SH diruang kerjanya, kamis (12/6/2014) menerangkan tentang Exspose Pemusnahan barang bukti Narkoba jenis Shabu oleh Dit ResNarkoba Polda Kepri.
Dalam hal ini Hartono menjelaskan pula bahwa, Ka Subdit I Dit ResNarkoba Polda Kepri Akbp. Roby Karya Adi, Sik melaksanakan Exspose Pemusnahan barang bukti Narkoba Jenis Shabu sebanyak 200 ( Dua Ratus ) Gram, yang didapat dari tersangka An. S Bin AK. Tersangka ditangkap berdasarkan Laporan Polisi : LP – A / 32 /V / 2014 / SPKT – Kepri pada hari Senin tanggal 12 Mei 2014 di Pelabuhan International Batam Center – Batam Kota. Proses Pemusnahan Barang Bukti tersebut dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polda Kepri dan Para Wartawan Media cetak dan elektronik serta beberapa orang Undangan dari Perwakilan Bea – Cukai Kota Batam, BNP Kepri, Kejaksaan tinggi Kota Batam, Pengadilan, LSM Granat dan Tersangka.
Tersangka ditangkap pada saat barang bawaannya diperiksa melalui Image X – Ray Bagasi Pelabuhan International Batam Center. Tersangka An. S Bin AK berhasil ditangkap oleh Subdit I Dit ResNarkoba Polda Kepri pada pukul 09.30 Wib berkat kerjasama dengan Bea dan Cukai Pelabuhan International Kota Batam. Selanjutnya tersangka dibawa ke Kantor Dit ResNarkoba Polda Kepri untuk proses penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.
Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari Tersangka sebanyak 200 ( Dua Ratus ) Gram, akan tetapi untuk Proses pemeriksaan barang bukti maka barang bukti yang tersisa untuk Proses pemusnahan yakni: 14 (empat belas) gram serbuk kristal berupa shabu dikirimkan untuk Proses pengujian pada PusLabfor Polri Cabang Kota Medan – Sumatera Utara; 2 (dua) Gram Serbuk Kristal berupa shabu dan sisa hasil dari pemeriksaan dari PusLabfor untuk dijadikan pembuktian perkara di Pengadilan; dan barang bukti Narkoba Jenis Shabu yang tersisa dari Proses yang disebutkan diatas sebanyak 184 ( Seratus Delapan Puluh Empat ) Gram dimusnahkan dihadapan Tersangka dan Saksi – saksi di Kantor Dit ResNarkoba Polda Kepri.
Barang bukti Narkoba jenis Shabu yang ditangkap dari tangan tersangka An. S Bin AK, sesuai dengan Nomor ketetapan Penyitaan Narkotika : SK -88 / N.10.11 / EuH.1 / 05 / 2014 tanggal 26 Mei 2014. Barang bukti tersebut apabila beredar di Pasaran maka perkiraan harga barang tersebut adalah Rp. 1.500.000,- ( Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah ) Per – Gram x 200 Gram = Rp. 300.000.000,- ( Tiga Ratus Juta Rupiah ). Oleh sebab itu, Berkat kerja keras Personil Dit ResNarkoba Polda Kepri maka telah menyelamatkan jiwa masyarakat Prov. Kepri, apabila diasumsikan dengan 1 ( Satu ) Gram Shabu adalah 5 ( Lima ) Orang, jadi total jiwa masyarakat Prov. Kepri yang terselamatkan adalah 5 Orang x 200 Gram = 1000 Orang.
Tersangka diduga keras telah melakukan Tindak Pidana Norkotika Golongan 1 ( Satu ) dalam bentuk serbuk Kristal yang diduga Shabu, sebagaimana disebutkan dalam Undang – undang Negara Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Yaitu : Pasal 114 ayat ( 2 ) dan atau Pasal 113 ayat ( 2 ) dan atau Pasal 112 ayat ( 2 ).
Setelah Proses Pemeriksaan dan Penyidikan dilakukan oleh Subdit I Dit ResNarkoba Polda Kepri yang dipimpin oleh Akbp. Roby Karya Adi, Sik yang telah selesai, maka barang bukti Narkoba jenis Shabu tersebut dimusnahkan, Yaitu melalui beberapa proses sebagai berikut; Memasukan Narkoba jenis Shabu tersebut kedalam Tong yang berisi Air Panas yang mendidih lalu diaduk menggunakan kayu hingga habis larut dengan air panas tersebut dan disaksikan oleh Para Undangan yang hadir serta Tersangka, Akan tetapi, sebelum memasukan Barang bukti Narkoba jenis Shabu tadi, maka barang bukti harus diukur / ditimbang maupun di Test terlebih dahulu menggunakan peralatan yang telah disediakan dan disaksikan oleh seluruh orang yang hadir dalam ruangan tersebut termasuk juga tersangka An. S Bin AK maupun pengacaranya; Setelah barang bukti Narkoba jenis Shabu larut dalam air Panas Mendidih, setelah itu dibuang kedalam Kloset / Toilet yang terdapat di Mapolda Kepri Lantai III dan disaksikan oleh para undangan yang hadir maupun Tersangka;
Dalam Proses Pemusnahan barang bukti Narkotika Jenis Shabu yang dimusnahkan di Ruang Kantor Dit ResNarkoba Polda Kepri Lantai III, mulai dari tahap Awal tersangka dibawa dari sel tahanan Dit Tahti Polda Kepri sampai dengan Proses Pemusnahan hingga saat membuang barang bukti kedalam Kloset / Toilet, dibawah Pengawasan / Pemantauan langsung dari Bid Propam Polda Kepri. (A.Rianto)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,591 hits
%d bloggers like this: