//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Kepala Kelurahan Sumbersari Tanda Tangani Surat Kuasa dan KTP Hasil Rekayasa Oknum

“ …. Saya tidak tahu surat kuasa itu ada rekayasa atau palsu, yang jelas, dalam waktu dekat ini, saya akan menyelesaikan untuk pengembalian dana kematian itu kepada keluarga H. Uhi … ”

Garut, (BIN).- Sesuai klarifikasi melalui surat yang dikirimkan kepada Kepala Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut Yeni Damayanti, SSTP, M.Si menyusul adanya penandatanganan dan stempel pemerintah Kelurahan regol, Kecamatan Garut Kota pada Surat Kuasa dari H. Uhi (65) warga Kp. Tutugan, Desa Desa Haruman kepada Aceng Ramdan, namun belakangan ini diketahui surat kuasa tersebut rekayasa (palsu) yang diduga dipergunakan untuk pengambilan dana kematian atas nama keluarga H. Uhi.
Dalam kasus Surat kuasa ini ditemukan kejanggalan sebagai berikut: Pertama, ditemukan Surat Kuasa kepada Aceng Ramdan yang menyebutkan diperoleh dari H. Uhi diduga palsu. Sebab, H. Uhi yang sebelumnya disebut pihak “Pemberi Kuasa” untuk penyelesaian pengambilan dana pemakaman, ternyata H. Uhi saat diminta konfirmasi kepada Media Berita Investigasi Nasional menyatakan tidak pernah menanda tangani dan/atau memberikan Kuasa kepada Aceng Ramdan.
Kedua; Identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) atas nama H. Uhi yang dipergunakan untuk lampiran surat kuasa penyelesaian pengambilan dana pemakaman tersebut akhir-akhir ini dinyatakan KTP Palsu sesuai Surat Keterangan pemerintah Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut pada 30 Mei 2014 menyatakan tidak pernah menerima permohonan untuk pembuatan KTP atas nama sodara H. Uhi tersebut.
Ketiga: Suarat Kuasa hasil rekayasa untuk dipergunakan penyelesaian pengambilan dana kematian tersebut, kemudian dibubuhi cap stempel dan tangan Kepala Kelurahan Sumbersari , Kecamatan Garut Kota, Yeni Damayanti, SSTP, M.Si, sehingga dengan adanya cap stempel dan tanda tangan merupakan pihak pemerintah kelurahan sumbersari merupakan legitimasi kepercayaan kepada pihak Bank BNI Cabang Garut untuk mencairkan pengambilan dana kematian itu.
Dengan adanya KTP dan surat kuasa itu , sementara H. Uhi sendiri mengakui tidak pernah memberi kuasa kepada Aceng Ramdan, karena mengadukan persoalan tersebut melalui Pemerintah Kabupaten Garut, Kecamatan Leles, Desa Haruman. Atas dasar pengaduan warga ini selanjutnya Kepala Desa Haruman mengeluarkan surat keterangan tanggal 30 Mei 2014, yang menyebutkan ditemukan indikasi pemalsuan Identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) atas nama H. Uhi (65) warga Kampung Tutugan Rt. 03/02 Desa Haruman Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, dan menyatakan pihaknya tidak pernah membuat KTP atas nama H. Uhi.
Berdasarkan data yang diperoleh Redaksi Berita Investigasi Nasional (BIN) KTP palsu tersebut kemudian dipergunakan untuk melengkapi Surat Kuasa khusus yang diberikan kepada Aceng Ramdan (45) warga Kp. Sumbersari, RT/RW 03/17 Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota dengan kepengtingan untuk penyelesaian pengambilan uang pemakaman di Bank BRI Cabang Garut.
Dari hasil klarifikasi lisan, Yeni Damayanti selaku kepala kelurahan Sumbersari, Kecamatan Garut kota saat diminta konfirmasi kepada wartawan Tabloid Berita Investigasi Nasional membenarkan adanya tanda tangan dan cap stempel di surat kuasa yang diduga palsu tersebut, meski membantah tudingan turut membantu menipulasi data pengambilan dana kematian itu, karena itu Yeni akan segera mengembalikan ganti rugi uang tersebut kepada keluarga H. Uhi
“ Saya tidak tahu surat kuasa itu ada rekayasa atau palsu, yang jelas, dalam waktu dekat ini, saya akan menyelesaikan untuk pengembalian dana kematian itu kepada keluarga H. Uhi,” tandas Yeni Damawati kepada Media BIN.
Yang menjadi pertanyaan disini, sebetulnya ada motif apa antara Aceng dengan Ibu Yeni ini? sementara dana bisa diambil melalui Bank, kendatipun dilakukan unsur manipulasi data KTP dan surat kuasa yang sekan-akan formil ada kuasa dari H. Uhi ke Aceng Ramdhan yang notabene dilegitimasi dengan cap stempel dan tanda tangan kepala Kelurahan sumbersari Yeni Damayanti, M.Si. (tim-WRC)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
%d bloggers like this: