//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

Pengusaha TAHU Timbun Abu Batu Bara di Belakang Pabrik

tahu1tahu2Bandung, (BIN).- Salah satu pabrik tahu yang terletak di perbatasan antara desa Karang Tunggal dan Desa Cigentur, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, diduga sengaja membuang limbah abu batu bara dengan cara ditimbun tanah tepatnya lahan kosong di belakang pabrik tersebut. Selain ditimbun dengn tanah, limbah abu batu bara tersebut dengan sengaja dipergunakan untuk meratakan halaman rumah milik salah seorang warga yang tinggal disekitar pabrik tahu milik CV. Anissa tersebut.
Menurut warga setempat ketika ditanya dampak dari pembuangan limbah batu bara, kerap terjadi gatal-gatal pada kulit, sesak nafas dan batuk-batuk.
“Kami sering merasakan ga­tal-gatal pada kulit, terutama jika setelah menginjak abu batu bara apa lagi kalau keluar tidak pake sandal dan kakinya sedang berkeringat, wah, ga­talnya minta ampun. Belum menghirup asap yang dikeluarkan dari selongsong pembakaran batu bara, kami suka merasakan sesak nafas dan batuk-batuk,” katanya.
Atas pengakuan dari penghuni rumah tersebut membuktikan bahwa abu batu bara dan asapnya itu sangat berbahaya bagi kesehatan warga sekitar, karena dari beberapa penelitian menunjukan limbah abu batu bara itu mengandung unsur limbah B3.
Pemilik perusahaan CV. Anisa Yuyu Supriadi ketika itu didampingi Jajang, salah seorang keluarganya ia mengaku sebagai penanggung jawab perusahaan tersebut menjelaskan kepada media Berita Investigasi Nasional, “limbah abu batu bara tersebut bukan di timbun melainkan telatnya pengangkutan dari pihak yang biasa ngambil dan lagi pula saya sudah sesuai prosedur dan memiliki surat ijin resmi dari beberapa intansi terkait dalam hal ini BPLH kabupaten sering melakukan pengontrolan ke sini,” Kata Yuyu.
Lebih lanjut Yuyu juga menga­kui telah mengantongi perijinan yang lengkap terkait pengolah pabrik dan limbah tersebut, menurut Jajang pihaknya mengaku tidak tahu apa-apa soal dampak dari limbah abu batu bara dan asapnya, karena mereka berpikir pabrik besar saja masih banyak yang suka membuang limbah batu bara dan asapnya lebih parah dari pada CV anissa ini jadi saya kira limbah itu tidak masalah,” ungkap Jajang kepada Tim Investigasi,
Padahal di surat ijin pun dijelaskan mengenai ketentuan-ketentuan dan sanksi, namun sayangnya tidak dijadikan satu panduan oleh pemilik perusahaan tersebut. Sedangkan dalam undang-undang 32 tentang lingkungan hidup, Pasal 103 berbunyi : setiap orang yang menghasilkan limbah B3 dan tidak melakukan pengelolaan sebagaimana di maksud dalam pasal 59 dipidana de­ngan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit 1 (satu miliyar Rupiah) dan paling banyak Rp. 3 milyar Rupiah.
Menanggapi hal itu Jajang berkilah, ” Nanti kalau ada kontrol dari pihak instansi yang mengkroscek terkait masalah ini dan mau memberikan sanksi, saya katakan saja bahwa kami tidak tahu kalau limbah abu batu bara ini berbahaya.dan saya juga tidak keberatan kalau surat ijin di cabut,” ungkap Jajang kepada Tim Investigasi.
Kepala Desa Cigentur H. ATO mengatakan ”Pihak Pemerintah Desa Cigentur dalam hal ini tidak bertanggungjawab tentang masalah limbah abu atau asap batu bara tersebut, karena pabrik tersebut secara geografis berada di wilayah Desa Karang Tungal, namun dalam hal ini hanya rumah pemiliknya saja yang masuk desa Cigentur,” ung­kap H Ato kepada wartawan.
Karena itu tim Investigasi mengklarifikasi melalui Kepala Desa Karang Tunggal Usep menduga kecerobohan pihak pabrik tahu ini.
“Mungkin karena faktor awam. Masyarakat sendiri tidak tahu apa dampak dari limbah abu batu bara tersebut, namun pihaknya berjanji akan melakukan pengecekan ke lokasi,” ujar Kades Usep. ( DF/Tim-WRC).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: