//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Pertamina Harusnya Blokir SPBU Nakal

bbm (3)bbm (1)Sulteng, (BIN). Siang itu, di SPBU No. 74.947.27, terjadi antrian panjang lantaran SPBU di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, suasana terlihat ramai ditengah terik matahari yang begitu terasa menyengat membuat sebagian konsumen menggerutu dan tampak kesal saat melihat petugas SPBU sibuk melayani pengisian deretan pembeli pakai jerigen. “Owh bagaimana ini sudah panas, lama lagi,” ucap salah seorang konsumen di tengah antrian tersebut.
Maraknya “pemburu” BBM bersubsidi secara rutin pelanggannya menggunakan jerigen tersebut, yang kini telah membuat resah warga. Sebab selain memperlambat antrian warga yang hendak mengisi BBM, kegiatan tersebut terindikasi adanya spekulasi yang dilakukan para oknum yang hendak mengeruk keuntungan pribadi.
Padahal pihak Pertamina mengakui telah mengingatkan kepada pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) No : 74.947.27 di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, untuk tidak melayani pembelian BBM khususnya jenis bensin (premium) dengan menggunakan pengangkut jerigen. Pelarangan itu dilakukan karena melanggar peraturan yang sudah ditetapkan dan menjaga pemenuhan suplay BBM bersubsidi.
Pemerintah juga telah menerbitkan Peraturan Presiden No 15 tahun 2012 dimana secara detail dituangkan pula dalam Permen. tentang harga eceran untuk jenis BBM tertentu seperti solar dan Premium. Pembelian BBM dengan jerigen sangat merugikan masyarakat.
Oleh sebab itu, pihak terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banggai harus menindak tegas SPBU yang melayani pengisian BBM melalui Jerigen dengan jumlah besar. Terlebih oknum (pemburu BBM dengan Jerigen,red) yang tidak memiliki izin dari pemerintah setempat.
“Harusnya Pemerintah Kabupaten Banggai melalui Disperindag lebih mengutamakan kepentingan rakyat, bukan oknum yang sengaja melakukan pelanggaran atas aturan yang sudah dibuat. Oleh sebab itu, pembelinya maupun SPBUnya harus diberikan sanksi,” ungkap narasumber kepada wartawan Media Berita Investigasi Nasional.
Dia juga menyebutkan, maraknya pembeli BBM dengan menggunakan jerigen merupakan bukti pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah tidak berjalan. Namun bisa saja aparat yang bermain atau justru dinas terkait ikut menikmati ‘upeti’ yang diberikan pelaku usaha atau konsumen sendiri.
“Bisa saja dalam hal ini aparat ikut bermain, atau dinas terkait juga ikut di dalamnya. Makanya, Dinas terkait harus melakukan klarifikasi kalau ada temuan pelanggaran di lapangan. Jangan didiamkan, karena ini akan memunculkan beragam spekulasi di tengah masyarakat. Kapan perlu lakukan sidak ke lapangan untuk mengetahui kebenaran dari apa yang diresahkan masyarakat itu,” tukas Wan.
Apa yang disangkakan Wan Zulham sepertinya sangat realistis kalau melihat keberadaan SPBU yang persis dekat dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan. Bisa jadi kondisi tersebut dibiarkan lantaran ada yang membacking jaul beli pakai Jerigen.
Mestinya, mereka yang tidak memiliki izin dari pemerintah yang membeli BBM dengan jerigen dengan jumlah besar harus ditindak, termasuk SPBUnya. Namun, kenyatannya kondisi tersebut seperti dibiarkan tanpa ada upaya untuk menertibkan.
Melihat dari kondisi di lapangan, masih banyak wilayah di Kabupaten Pelalawan yang SPBU-nya masih melayani pembeli BBM pakai Jerigen dalam jumlah besar. (Ags)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: