//
you're reading...
Nasional

Tender Online Tahun 2014 Mulai Diberlakukan

Pekerjaan jembatan di kota Majene jalan trans Sulawesi  terhenti sementara

Pekerjaan jembatan di kota Majene jalan trans Sulawesi terhenti sementara

Kadis PU & Perumahan Rakyat Pemprov Sulbar, Ir.H.Nasaruddin, MM

Kadis PU & Perumahan Rakyat Pemprov Sulbar, Ir.H.Nasaruddin, MM

Sulbar – BIN, Pemberlakuan tender Online melalui Sistem Layanan Pengadaan Secara Elekronik (LPSE) sangat berbeda tahun sebelumnya, yakni masih menganut sistem manual tetapi tampaknya masih membingungkan sejumlah SKPD tehnis seelaku penggunha barang dan jasa termasuk kontraktor/rekanan sebagai peserta tender. Tender online mulai diberlakukan tahun 2014 ini bakal mengalami kendala cukup berarti lantaran pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) terkesan kurang melakukan sosialisasi kepada SKPD dan PPK tentang mekanisme proses pelaksanaan tender online sehingga berdampak pada keterlambatan proses tender disetiap SKPD tehnis, baik di provinsi maupun kabupaten.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat provinsi Sulbar, Ir.H.Nasaruddin, MM yang dikonfirmasi BIN diruang kerjanya baru-baru ini tentang pemberlakuan tender online tetapi masih membingunkan sejumlah SKPD dan PPK. Menurut Nasaruddin, sesungguhnya sistem tender online ini walaupun sudah mulai diberlakukan secara nasional tetapi di provinsi Sulbar belum bisa dilakukan secara efektif karena adanya beberapa faktor yang perlu menjadi acuan dasar bagi kita di sulbar, pertama sumber daya manusia bagi kontraktor secara keseluruhan masih perlu membenahi dan mepersiapkan diri menghadapi sistem tender elektronikt itu. Kedua peralatan kotraktor di Sulbar hanya sebagian kecil memiliki alat berat, sementara dipersyaratkan sistem online itu, bagi kontraktor/rekanan yang ingin ikut tender harus memiliki alat berat maupun pendukung lainnya. Ketiga, pemberdayaan kontraktor lokal masih perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Sebab, kontraktor lokal memiliki andil cukup besar terhadap peningkatan PAD melalui pembayara pajak sementara kontraktor dari luar seperti jakarta atau daera lainnya di indonesia, ketika mereka ikut seleksi proses tender dan dinyatakan lulus dan memenangkan tender karena memang mereka sudah siap segelanya lalu kemudian tidak membuka cabang di daerah ini, sehingga tidak bisa berkontribusi terhadap pemasukan PAD tetapi hanya menguntungkan daerahnya sendiri karena disanalah alamat NPWP dimiliki.
Selain itu, tambah Nasaruddin, jika kontraktor dari luar provinsi Sulbar memenangkan tender tetapi dalam perjalanannya melakukan kegiatan fisik dilapangan ada temuan dilapangan seperti pekerjaan tidak sesuai bestek atau sejenisnya, dipastikan akan membebani SKPD tehnis sebagai pengguna barang dan jasa. Apalagi kalau pekerjaan fisik dilakukan kontraktor dari luar provinsi Sulbar terindikasi masalah hukum pasti kita juga ikut direpotkan, kata Nasaruddin pesimis.
Salah satu upaya untuk mengantisipasi kemungkinan yang terburuk, pihaknya memanggil langsung penanggung jawa atau Direktur perusahaan yang ikut dalam proses tender untukberkomitmen sekaligus bertata muka secara langsung agar kelak ketika pekerjaan itu mengalami masalah karena kesalahan bestek, akan mudah kita mencari solusi secara bersama, kunci Nasaruddin. (Andira-Husain)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
%d bloggers like this: