//
you're reading...
Entertainment, Nasional

Pelantikan Pejabat Eselon 3 dan Eselon 4 Pemkab Garut Diharapkan Mendongkrak Peningkatan Pelayanan Pembangunan Daerah

Garut, (BIN).- Bupati Garut Rudi Gunawan belum lama ini melantik 250 orang, terdiri dari Eselon 2 60 orang, Eselon 3 38 orang dan Eselon 4 216 orang, pada 26/5/14, yang dihadiri oleh BKDP-OP dan SKPD se-Kabupaten Garut. Dan wakil Bupati D. Helmi pada saat itu pelantikan dilaksanakan di pendopo Kabupaten Garut, yang dimulai dari jam 13.00-15.30 WIB. Kemudian pelantikan itu dilanjutkan lagi tanggal 16/06/14 sebagai pelantikan kedua yang dilantik pada pelantikan kedua sebanyak 410 orang dari Eselon 3 sampai dengan Eselon 4.

Para eselon yang dilantik pada 16 Juni ini sekaligus diatur dan ditempatkan ditiap-tiap instansi se-Kabupaten Garut. Antara rotasi dan mutasi sudah biasa atas kewenangan Bupati selaku kepala daerah masing-masing sesuai dengan sumpah jabatan sebagai PNS ssiap ditempatkan dimana saja untuk melaksanakan tugasnya demi pengabdian kepada Negara dan Bangsa dalam menjaga keutuhan NKRI demi tercapainya adil dan makmur sejahtera disemua bidang bagi seluruh masyarakat Garut khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.
Namun hal itu jauh dari cita-cita yang diharapkan oleh seluruh masyarakat di bumi kota ini yang pernah mendapat julukan “Garut Kota Intan” pada masa lampau, sekarang hanya tinggal kenangan dan menjadi carut-marut seiring laju perkembangan zaman. Terbukti sampai sekarang penyalah gunaan wewenang dan jabatan merembak hingga ke pedesaan, bisa diambil salah satu contoh di Desa Pasir Langu, Kecamatan Pankenjeng, terkait peningkatan kualitas dan perbaikan jalan Desa dari mulai jalan raya Kampung Nagrak, yang menuju Kampung Cilinu yang mengundang reaksi pertanyaan dari sejumlah komponen warga Desa tersebut.
Contoh kasus, pertanyaan yang muncul tentang Dana PNPM tahun 2014 karena dianggap PNPM tersebut sangatdibutuhkan yuntuk infrastruktur lainnya, ternyata ada jawaban sudah dicadangkan untuk membuat bangunan PKBM oleh saudara Jana ketika ketua PKBM ketika ditemui wartawan Berita Investigasi Nasional (BIN), mereka menerangkan bahwa dana PNPM itu benar akan digunakan untuk dialokasikan pembangunan PKBM, karena dana itu adalah dana hasil penyerahan Kepala Desa Pasir Langu Engkos Kosasih yang sekarang sudah habis masa jabatannya.
Jana menerangkan, dana yang diperoleh sebelumnya dialokasikan untuk perbaikan jalan Gunung Wayang, dimana titik kerusakannya ditemukan mulai dari jalan raya Bungbulang hingga Kampung Gunung Wayang, sehubungan hal tersebut telah selesai dikerjakan oleh Yunus selaku pihak ketiga, maka dana PNPM yang ada kemudian diserahkan ke Jana, untuk biaya pemembangun PKBM dengan anggaran sebesar Rp 227 juta.
Lebih lanjut kegiatan perbaikan jalan Desa dari Nagrak sampai dengan Kampung Sampalan rencananya didanai melalui ADD Tahun Anggaran 2014 ini, sedangkan perbaikan jalan dari Kampung Sampalan ke Kampung Campaka akan didanai oleh dana padat karya, dari Campaka Cilinu akan dibiayai melalui program MP3KI. Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh Media BIN, perbaikan jalan tersebut yang dilaksanakan Tata selaku Kepala Desa Pasir lanu yang sekarang menjabat pelaksanaan peningkatan kualitas dan perbaikan jalan di Kampung Nagrak sampai Campaka tersebut, dibiyayai melalui bantuan aspfirasi dari partai sebesar, Rp 200 juta, karenanya Ketua PKBM Ajadilah Jana mengatakan, masyarakat boleh mengambil dana PNPM tersebut apabila masih dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat banyak, dalam hal ini pihaknya mengakui tidak ingin menjadi masalah baginya.
Namun disayangkan, dari sejumlah tokoh masyarakat/agama yang berada di Desa Pasir Langu menyebutkan, bahwa sewaktu diundang untuk menghadiri musyawarah Desa, hanyalah orang-orang tertentu yang dinilai dekat dengan Kepala desa atau dengan Ketua PKBM saja. Masih menurut tokoh masuarakat bahwa orang-orang yang hadir pada musyawarah itu diberi uang duduk masing-masing sebesar Rp 20 ribu.
Kembali pada esensi pengangkatan dan pelantikan pejabat eselon 3 dan eselon 4 diatas sejatinya diharapkan dapat mendorong kinerja perangkat daerah dalam melaksanakan tugas pelayanan pembangunan khususnya di wilayah Kabupaten Garut. (HR 238)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: