//
you're reading...
Nasional

Pengadilan Negeri Ruteng Menjadi Rumah Keadilan Bagi Masyarakat Pencari Keadilan

Ketua PN Ruteng, Richmond P.B Sitoroes, SH.MH

Ketua PN Ruteng, Richmond P.B Sitoroes, SH.MH

Ruteng-NTT-BIN. Pengadilan bukan suatu tempat dimana orang menjadi susah, tetapi menjadi rumah keadilan, orang yang berperkara, bersengketa sampai ke pengadilan, sampai dengan adanya  solusi hingga Putusan bukan hanya berperan sebagai yang menentukan siapa menang siapa yang kalah, siapa salah siapa benar, begitu juga siapa yang dihukum dan siapa yang tidak dihukum, tetapi sebagai solusi terhadap permasalahan masyarakat. Jadi pegadilan bisa menjadi rumah keadilan bagi masyarakat. Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, Richmond P.B Sitoroes, SH.MH, saat ditemui wartawan Berita Investigasi Nasinal di Ruteng (23/7) baru-baru ini.
“Kami berusaha melalui koridor Hukum yang ada akan meningkatkan pelayanan, bukan semau kami. Masyarakat bisa mengakses informasi tentang kami melalui papan informasi, meja informasi, juga meja pengaduan. Masyarakat bisa menyampaikan pengaduan melalui kotak pengaduan dan sms pengaduan yang sudah di cantumkan , nomor sms kami akan launching dengan kotak pesan,hal tersebut sementara masih dalam proses. tetap memegang komitmen, visi dan misi, gerakan anti korupsi dan memberantas segala mafia peradilan, pastikan bahwa setiap masyarakat yang kesini mencari kebenaran dan keadilan, jadi tidak ada intimidasi, dan semua transparan”. Tegas Richmond.
Ketua PN Ruteng ini melanjutkan bahwa melalui sumber daya  manusia yang ada, akan berusaha semaksimal mungkin agar pelayanan publik, akses informasi publik, koordinasi dengan penasehat hukum, Kejaksaan, Kepolisisan juga  Pers sebagai wahana informasi semakin baik. Ke depan kami akan mengadakan pertemuan dengan PERADI (Pehimpunan Advokat Indonesia), supaya kita memiliki satu visi dan misi, karena tugas kita sama, memberikan perlindungan dan pelayanan Hukum kepada masyarakat, yang sangat penting adalah transparansi.” Ungkapnya.
Sitoroes menambahkan, semuanya berdasarkan regulasi dan perintah Mahkamah Agung, bahkan kalau kami tidak melaksanakannya, kami akan diberi sanksi, setiap hari akan mengoptimalkan pelayanan publik agar masyarakat bisa mengerti dan mengetahui tentang aktifitas yang sebenarnya . Kami dituntut agar profesional dalam menjalankan tugas. “Impian saya ke depannya agar ada meja informasi dalam bentuk IT, komputer yang bisa digunakan masyarakat untuk mengakses informasi, Kami juga mempunyai Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP). Jadi semua bisa mengetahui jadwal sidang, berita acara, putusan sidang, bisa melalui  WEBSITE resmi Pengadilan Negeri Ruteng dengan alamat domain http://www.pn-ruteng.go.id. Tujuan utama WEBSITE ini adalah sebagai media Informasi bagi Para Pencari Keadilan serta masyarakat luas yang membutuhkan dan merupakan Implementasi dari Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tanggal 5 Januari 2011tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan serta Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor : 06 Tahun 2010 tentang Instruksi Implementasi Keterbukaan Informasi Pada Kalangan Pengadilan demi terwujudnya Visi dan Misi Mahkamah Agung RI dan menjadikan Pengadilan Negeri Ruteng Sebagai “Rumah Keadilan” bagi seluruh masyarakat pencari keadilan”. Ujar Ketua PN Ruteng.
Menurutnya, Cuman salinan keputusan sesuai regulasi dan undang-undang tidak semua orang mendapatkannya, yang wajib hanya penyidik dan penuntut umum, kalau terdakwa harus atas permintaan, LSM boleh tetapi kita lihat kepentingannya apa, kalau sekedar memperkeruh situasi ya tidak bisa, kalau untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat, sebagai contoh atau sampel, pasti bisa.

Kerjasama Dengan Pers sebagai wahana komunikasi public  sangatlah penting
Selaku Ketua Pengadilan Negeri Ruteng, Richmond A.B Sitoroes, SH.MH, menjelaskan bahwa pers memiliki peran yang penting, maka kita  menyiapkan ruangan kusus untuk para jurnalis di kantor ini, mereka bisa mengakses atau mengirim berita dengan menggunakan fasilitas yang ada. Apabila meliput sidang dipengadilan dan agar tidak terjadi seperti peristiwa sebelumnya, maka solusinya adalah sehari sebelum meliput persidangan seandainya mau mengambil gambar atau merekam, sekalipun sidang itu terbuka untuk umum, bisa menyampaikannya melalui bagian Humas, baik tertulis maupun dalam bentuk lisan, memberitahukan bahwa akan meliput, apakah merekam ataupun memotret. Humas akan melapor kepada Ketua Pengadilan dan Ketua Pengadilan akan menyampaikannya ke Majelis yang bersangkutan, sehingga Majelis yang bersangkutan akan mengatur, kapan waktunya memotret, kapan boleh meliputnya, semuanya akan diatur sedemikian rupa supaya tidak mengganggu. Misalnya untuk memotret apakah sebelum atau sesudah persidangan, untuk rekaman video, apakah dari arah barat atau timur semuanya akan diatur. Terang Sitoroes.menjelaskan kepada wartawan BIN
Seperti Kejadian yang sudah-sudah, terjadi karena kurangnya  komunikasi, sehingga waktu majelis hakim fokus dalam persidangan tiba-tiba ada ceprat cepret, majelis hakim kaget, karena dianggap mengganggu maka diminta keluar. Kalau ada komunikasi sebelumnya, maka semuanya bisa diatur. Pada prinsipnya kami majelis  Makim tidak anti dengan pers,  malah sebaliknya Pers adalah rekanan kerja kita  hanya  saja mungkin waktunya bisa di konfirmasi sebelum adanya peliputan sehingga ketika sidang merasa tenang dan tak terganggu.Ungkapnya. ( liputan Fransiscus)

Discussion

2 thoughts on “Pengadilan Negeri Ruteng Menjadi Rumah Keadilan Bagi Masyarakat Pencari Keadilan

  1. Posted by Anonymous | August 22, 2014, 08:37

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,369 hits
%d bloggers like this: