//
you're reading...
Nasional

Semaraknya TI Apung Di Kelurahan Ampui Penegak Hukum Yang Terkait Tutup Mata

tiPangkalpinang-BIN. Hiruk Pikuk…!! Tiada hentinya siang dan malam gemuruh Suara Mesin TI (Tambang Inkonvensional) Apung, di RT/RW 03/01, Kelurahan Ampui, Kecamatan Pangkal Balam , Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung. Namun tidak ada tanggapan dan tindakkan dari aparat penegak hukum yang terkait. ”Terkesan tutup mata, tuli telinga, pada hal jelas di Kota Pangkalpinang di larang melakukan kegiatan Pertambangan. Kegiatan pertambangan TI Pasir Timah di daerah kawasan perairan sungai, dimana para perahu kapal nelayan sering melintas hendak pergi kelaut. Aktipitas pertambangan Pasir Timah (TI) tersebut, selalu mengatas namakan lapisan masyarakat Keluarahan Ampui, bahkan mengatas nama kan salah satu Lembaga di Kelurahan Ampui. Dengan adanya kabar hal tersebut, mengatas namakan masyarakat Ampui,” Masyarakat Ampui menolak dan tidak terima, dan bahwa masyarakatnya tidak mengijinkan ada pertambangan di Kelurahan Ampui. Dan di duga kegiatan Pertambangan Pasir Timah TI Apung di Beck Aps oleh oknum aparat penegak hukum. Sehingga kegiatan pertambangan ini, tidak pernah tersentuh oleh penegak hukum.
Ketua RT 02 Arahim di tempat kediamannya yang di dampingi Wakil RW 01 M. Isnaini mengatakan kepada Wartawan BIN “ Bahwa saya sebagai warga ampui menolak keras adanya kegiatan pertambangan Pasir Timah alias TI Apung di Kelurahan Ampui. Karena Pertambangan yang mereka lakukan tidak ada ijin, sebab Pemerintah Kota Pangkalpinang tidak akan pernah mengeluarkan perijinan pertambangan. Jadi, kalau Pemerintah Kota Pangkalpinang tidak mengijinkan atau tidak mengeluarkan ijinnya,” Sekali lagi mengatakan “ Menolak Keras”. Dan kita sudah tahu, bahwa khusus di Kota Pangkalpinang dilarang melakukan Pertambangan Pasir Timah.” Kalau pun mereka melakukan aktipitas tersebut, itu tanggung jawab dan resiko mereka dan jangan coba-coba membawa nama atau mengatasnamakan masyarakat ampui”. Lanjut Ketua RT 02.

Salah satu pengurus TI Apung, pernah bertemu dan mengutarakan tujuan kegiatan Pertambangan dengan alasan menyelamatkan anak-anak muda di Kelurahan Ampui agar dapat pekerjaan dan tidak nakal lagi,” Saya jawab (RT) apa selama ini anak-anak muda tidak makan dan tidak besar kalau tidak ada Pertambangan Pasir Timah alias TI Apung di ampui, dan jangan membuat alasan seperti itu, juga jangan membawa-bawa atas nama masyarakat lah…! Kepada pihak penegak hukum yang terkait agar mengambil tindakkan tegas dan jangan diam,” ungkap Ketua RT 02.

Ketua RT 03 Dessy saat di konfirmasi melalui ponselnya mengungkapkan kepada Wartawan Berita Investigasi Nasional Bahwa dia (Dessy) tidak mencapuri urusan mengenai Pertambangan TI Apung di wilayah RT 03, karena saya sudah bekerja. Dan itu tanggung jawab juga resiko mereka yang membuka kegiatan tersebut dengan nada singkat.
Wartawan Berita Investigasi Nasional mengkonfirmasi dengan Kepala Kelurahan Ampui Irawan Asin di ruangan kerjanya beberapa lalu menjelaskan “ Kami selaku lurah hanya menyampaikan laporan kepada atasan kami, dalam hal ini Camat dan Kasat Pol PP. Dan Camat dalam hal ini telah menyampaikan kepada pihak Pemerintahan Kota Pangkalpinang, melalui Sat Pol PP sudah beberapa kali melakukan tindakkan di lokasi, mereka berhenti, setelah itu mereka kerja kembali.” Kita dalam hal sudah menyampaikan kepada pihak Polsek, namun sampai sekarang hanya batas itu-itu saja. Apa lagi kita sebagai Lurah, ada keterbatasan wewenang.Yang jelas jujur saja saya dari pihak Kelurahan tidak pernah mengijinkan dan kita sudah mengadakan rapat bersama masyarakat dan Ketua LPM, menolak keberatan TI alias Pertambangan Pasir Timah di Kelurahan Ampui. Saat di singgung oleh Wartawan Berita Investigasi Nasional mengenai kabar angin alias kabar burung Pak Lurah mendapat jatah dari hasil Pertambangan, Pak Lurah menegaskan Itu tidak benar dan demi Allah, tidak serupiah pun menerima uang dari hasil kegiatan tersebut, apa lagi ini bulan puasa.

“ Memang pernah saya di iming-iming hal itu, jujur saya menolak… ! Pak Wartawan tolong kasih tahu siapa yang berbicara seperti itu, biar saya lapor balik dan ini pencemaran nama baik saya,” ungkap Lurah Irawan Asin.( Suryadi.L )

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: