//
you're reading...
Hukum & Kriminal, Nasional

Pembuatan Paspor Kantor Imigrasi Batam Tidak Transparansi Diduga Pemain Paspor Berada di Tubuh Imigrasi Batam Sendiri

Kantor Imigrasi Batam Kelas IA. Pelayanan Publik Pembuatan Paspor

Kantor Imigrasi Batam Kelas IA. Pelayanan Publik Pembuatan Paspor


Masyarakat Menunggu Antrian

Masyarakat Menunggu Antrian

Nomor Yang Diberi Pihak Imigrasi

Nomor Yang Diberi Pihak Imigrasi

Kepri-BIN, Pelayanan Paspor di Imigrasi Batam di rasakan tidak trasparan dari proses pengajuan sampai pengambilan nomor antrian. “ pelayanan imigrasi kurang transparan baik dari segi pengambilan Nomor Antrian hingga pemeriksaan berkas. Nomor antrian yang kita terima sebelum jam 7 pagi telah di Print oleh pihak imigrasi, tetapi pelayan di buka jam 8 pagi. Kita juga lihat para biro-biro pengurusan dengan gampang memegang nomor antrian, sedangkan kita memasukan data Online yang disediakan pihak Menhukam RI . Kalau petunjuk di web pembuatan Paspor hanya 1 hari, tetapi kita diberi hasil resi pengambilan Paspor 3 hari, tetapi di lapangan Implementasi prosedur tidak demikian. Kalau kita lihat semua belum transparan, sehingga saya melihat pimpinan Imigrasinya yang tidak konsisten dalam melakukan peraturan. Sistim sudah bagus, tapi pelaksanaannya mungkin kurang bijak,” Ungkap Junaedi.
Ibu Yana salah seorang yang mengurus perpanjangan Paspor harus menunggu 1 bulan lamanya dengan cara mendaftar secara manual. Kalau dulu buat Paspor secara manual setelah menunggu 1 minggu lagi untuk merekam dan wawancara, setelah itu 1 minggu lagi pengambilan.
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Paspor Sugeng Renda Hartanto yang di temui (07/07) jam 14.15 Wib didampingi oleh Kasi Pelayanan Perizinan Paspor Iman yang dikonfirmasi tentang pelayanan pembuatan Paspor secara Online dan Manual mengatakan “ bahwa pembuatan Paspor mau secara Online maupun secara manual tetap mengisi Formulir yang disediakan di Kantor Imigrasi , karena di Formulir harus ada Tanda Tangan Pemohon dan ada Catatan Petugas, setelah datang ke Kantor Imigrasi untuk mengambil Nomor Antrian dan akan di arahkan ke Customer Care Imigrasi untuk mengisi Fomulir. Kebanyakan Pemohon hanya membawa dokumen saja, seperti KTP, KK, Ijazah ,segala macam .
“Baik permohonan secara Online dan Manual harus mengisi Formulir. Mengenai petunjuk di Online 1 hari selesai adalah prosedur untuk pelayanan Wawancara dan Foto setelah itu waktu pengambilan prosesnya 3 hari dan apabila tidak ada masalah seperti sudah mempunyai Paspor tetapi mengisi belum mempunyai Paspor itu akan terdeteksi di Pusat. Proses Online itu data sistimnya di Pusat sedangkan kami belum ada arsif,” terang Iman Staff Pengganti Edo yang pindah ke Cirebon.
Sugeng Renda Hartanto, SH membenarkan bahwa Proses secara Online itu adalah sistim Pusat dan mempercepat pelayanan , Sedangkan yang secara Manual tetap aja prosesnya sama, datang ke Kantor Imigrasi dan mengambil Nomor Antrian di Customer Care untuk mengisi Formulir, prosesnya 30 hari bahkan lebih . karena dalam 1 hari berkisaran 250 berkas yang masuk sedangkan tenaga pegawainya terbatas, Kalau masyarakat ingin mengajukan pembuatan Paspor, bisa juga melaui Biro Jasa.
“Kalau mau konfirmasi jangan seakan-akan mau menyudutkan dan seharusnya anda harus membuat alur cerita data untuk di konfirmasi dan jangan seakan-akan dengar dari orang atau hanya katanya saja. Biro Jasa yang ada sebanyak 70 yang tersedia, dan kami tidak ada membeda-bedakan juga waktu pengurusan kalau melalui Biro Jasa pasti sama untuk umum,” Kata Sugeng.
Ketika di ditanyakan jam berapa buka kantor ?, Sugeng menjawab buka kantor jam 08.00 WIB. , dan ketika dikonfirmasi menunjukan bukti Nomor Antrian jam 06.44 WIB, Sugeng tampak sedikit gugup dan mengemukakan alasan kalau Nomor Antrian itu sebelum jam kantor buka kemungkinan mesin cetak Nomot Antrian takut rusak .
Tim Media Berita Investigasi Nasional menjelaskan kepada Sugeng , yang dilakukan wartawan hanya konfirmasi dan klarifikasi dan memberitakan apa yang dikatakan , karena sebagai Aparatur Negara yang dimintai konfirmasi berdasarkan UU KIP. Apapun keterangan yang diberikan , Media hanya memberitakan berdasarkan data, Fakta dan keterangan narasumber..
Kepala Imigrasi Batam Pak Yudi yang di konfirmasi melalui pesawat seluler kebenaran jumlah Mitra Kerja Biro Jasa Imigrasi dalam Pengurusan Paspor sebanyak 70 untuk TKW apakah legal atau tidak, beliau tidak menjawab..
Namun Kepala Bidang Pelayanan Perizinan Paspor Pak Segung mengatakan, “Saya tidak tahu Paspor itu untuk TKW atau untuk apa, biasanya Pengurusan TKW/TKI itu melalui perusahaan masing-masing. Masalah Legalitas 70 Biro Jasa itu ada di Pinang Kantor Kakanwil, Kita melakukan pelayanan yang umum saja,” Ungkapnya (A.Rianto)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: