//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Polres Pati Ringkus Kawanan Pencuri Spesialis Elektronik

Kasat Reskrim AKP. Agung Setyo Budi Utomo, SH

Kasat Reskrim AKP. Agung Setyo Budi Utomo, SH

Para Tersangka beserta barang bukti

Para Tersangka beserta barang bukti

Pati-BIN, Kawanan pencuri spesialis peralatan komputer dan LCD proyektor dengan sasaran sekolah – sekolah di wilayah Kabupaten Pati berhasil ditangkap oleh unit Resmob Polres Pati pada Selasa ( 22/7 ) dengan tempat kejadian perkara ( TKP ) dibelakang komplek SMP N 07 Pati yang merupakan areal persawahan.
Berhasil dibekuk masing – masing, Arif Fuadi alias Mbethu ( 34 ) bin Sutiyar, Haris Muryoso alias Kunyit ( 25 ) bin Sukiman keduanya warga Desa Pasucen Kecamatan Trangkil dan Arif Sukarno alias Gaban ( 34 ) bin Prapto Subaji warga Dukuh Puhbango Desa Mojoagung Kecamatan Trangkil. Sedangkan Triyono alias Gundul berhasil melarikan diri saat dilakukan penangkapan dan sempat melakukan perlawanan dengan menggunakan linggis ukuran kecil yang disabetkan ke dagu Brigadir Polisi Jaiz. Karena melakukan perlawanan, dua diantaranya terpaksa dilumpuhkan dengan senjata api.
Setelah dilakukan penyidikan terungkap bahwa komplotan tersebut yang diotaki oleh Gundul telah melakukan pencurian yang sama di enam belas titik dengan sasaran sekolah SD dan SMP di wilayah Kabupaten Pati.
Berhasil diamankan hasil kejahatan berupa satu unit CPU merk HP, satu unit CPU Votre, satu unit LCD merk LG, satu unit LCD merk Awake dan satu unit over head proyektor ( OHP ) merk Optima. Barang tersebut disita dari seorang penadah Sp warga Desa / Kecamatan Trangkil yang juga telah ditangkap. Disita pula alat – alat yang digunakan untuk melakukan aksi berupa satu buah tas kain warna hitam yang berisi peralatan terdiri dari enam buah obeng berbagai jenis dan ukuran, dua buah gunting, satu buah betel, satu buah linggis, satu buah gergaji besi ukuran kecil, dua buah pisau dan satu unit sepeda motor merk Honda Scoopy warna hitam putih dengan nomor polisi K 3501 TS keluaran tahun 2011 milik tersangka Arif Fuadi alias Mbethu.
Para tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, diancam pidana penjara selama 7 tahun. Dan Pasal 480 KUHP tentang penadahan barang hasil pencurian.
Dalam keterangannya, Kapolres Pati AKBP Budi Haryanto, SIK melalui Kasat Reskrim AKP. Agung Setyo Budi Utomo, SH bahwa modus operandi yang dilakukan para tersangka adalah dengan cara bersama – sama memanjat pagar tembok sekolah lalu mencongkel pintu dan masuk ke ruang kelas mengambil barang – barang yang ada. Atas peristiwa itu, Kasat Reskrim menghimbau kepada masyarakat khususnya lembaga sekolah untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan. “Jangan hanya mengandalkan pengamanan dari kepolisian, hendaknya melakukan pengamanan mandiri dan selalu menjalin kerjasama antara masyarakat dengan kepolisian.”, ujar AKP Agung Setyo Budi Utomo. (Indro)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: