//
you're reading...
Hukum & Kriminal

PENIPUAN DANA DATA BASE

Luwuk Banggai, Sulteng, BIN,-. Saat ditemui BIN pada beberapa pihak korban Data Base di Kecamatan Batui senin 14/07/2014 bahwa pada tanggal 03/06/2011 telah terjadi suatu pembicaraan tentang pengangkatan PNS yang dilakukan . Mansyur Suong selaku anggota PNS Perpajakan di Kecamatan Batui Kabupaten Luwuk Banggai yang juga bekerja sama dengan pihak anggota PNS yang menjabat sebagai Tata Usaha di SMP Negeri 1 Luwuk Banggai kepada masing-masing pihak korban yaitu Wartawan Ipul, Nur Afni Kamarudin, Jumrawati, Hasnawati M Wahida S.Pd, Muslima Karau, Nursalim Karau, dan beberapa korban lainnya yang berdomisili di Kecamatan Toili dan Batui Kabupaten Banggai Sulteng, jumlah keseluruhan korban kurang lebih 40 orang dengan dana yang bernilai ratusan juta Rupiah.
Menurut Mansyur Suong kepada beberapa pihak korban dijanjikan akan di permudah dalam pengangkatan mereka menjadi anggota PNS namun dengan syarat harus memberikan sejumlah uang muka (DP) rata-rata Rp.5.000.000/orang kepada Mansyur Suong selaku penerima dana Date Base yang bertanda tangan diatas materai 6.000 sebagai bukti penerimaan dana tersebut dengan perjanjian yaitu dana DP untuk biaya pengurusan Data Base dan pengurusan berkas apabila belum berhasil dana tersebut akan dikembalikan utuh kepada masing-masing korban.
Dari semua korban yang telah dijanjikan untuk menjadi anggota PNS tenyata tidak ada satu orangpun yang terbukti berhasil menjadi anggota PNS seperti yang telah dijanjikan Mansyur Suong. Dari pihak korban menuntut dikembalikan sejumlah uang yang telah diserahkan kepada Mansyur Suong sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati berupa bukti kwitansi.
Pada tahun 2013 beberapa pihak korban melaporkan di Mapolsek Batui atas tindakan penipuan yang dilakukan oleh oknum PNS tersebut agar dimediasikan antara korban dengan pelaku Mansyur Suong dan Hasna Dayanun agar dana-dana yang sudah diterima harus dikembalikan sesuai dengan bukti kwitansi yang ada, hasil mediasi telah disepakati oleh pelaku untuk mempertanggung jawabkan dengan mengembalikan dana yang telah diterima melaui surat pernyataan di Mapolsek Kecamatan Batui Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.
Tapi ternyata sampai pada tanggal 20 juli 2014 surat pernyataan tidak berhasil sehingga pada tanggal 21 juli 2014 beberapa pihak korban melaporkan penipuan ini kepada wartawan BIN untuk meneruskan perkara ini ke Mapolres Luwuk Banggai agar di tindak lanjuti sesuai hukum yang berlaku, Kasus ini sementara dalam proses penyelidikan Kepolisian Mapolres Luwuk Banggai. (Agus Cokro /Verra.T)

Discussion

One thought on “PENIPUAN DANA DATA BASE

  1. menanggapi penipuan dana data base :

    seharusnya masyarakat harus cerdas dan lebih berhati-hati dalam mengikuti test CPNS apalagi yang menyangkut pemberian sejumlah uang untuk mempermudah mejadi PNS karna tidak sedikit yang menjadi korban penipuan yang berkedok dana data base.

    Posted by Yessi | September 2, 2014, 13:05

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,560 hits
%d bloggers like this: