//
you're reading...
Nasional

Bupati Pati Rayakan Panen Kopi

Kab Pati, BIN,- Bertempat di hamparan kebun kopi di Desa Klakahkasihan Kecamatan Gembong pada (25/8) diselenggarakan Temu Lapang Petani dan Panen Raya Kopi oleh Bupati Pati H Haryanto bersama petani kopi yang tergabung dalam Kelompok Tani Sido Makmur desa setempat. Acara diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Pati dihadiri Jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Muspika serta tamu undangan lainnya.
Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan apresiasi karena petani telah merintis perkebunan kopi dan berharap dapat dikelola dengan baik. Menurut ketua kelompok tani Sido Makmur Abdul Kholik, saat ini kelompoknya yang didirikan pada 09 Juni 2004 beranggotakan enam puluh orang mengelola lahan seluas 63 hektare dengan jenis tanaman kopi robusta usia rata – rata enam tahun. Pada setiap musim panen mampu menghasilkan 2000 kilo gram kopi kering dengan asumsi setiap pohon mampu berbuah sebanyak 4 – 5 kilo gram.
Ia menambahkan, kendala yang dihadapi petani adalah kesulitan mendapatkan pupuk, musim penghujan dan infrastruktur atau sarana transportasi yang tidak memadai. Pihaknya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pati dapat membantu petani dalam hal ketersediaan pupuk, alat pengering biji kopi dan perbaikan sarana transportasi demi meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.
Menanggapi keluhan tersebut, Bupati melalui dinas terkait akan merealisasikan yang menjadi harapan petani pada tahun anggaran 2015. “Tanpa diminta pun pemerintah Kabupaten Pati selalu memperhatikan dan akan merealisasikan, hanya saja belum tiba waktunya” ujar Bupati yang disambut tepuk tangan petani.
Dalam acara itu dilaksanakan pula penyerahan bibit kopi dan tunas kelapa serta penyerahan bantuan alat pengolahan dan fermentasi biji kakao kepada kelompok tani terpilih, berikut pemberian uang pembinaan sebesar delapan juta rupiah dari Gubernur Jawa Tengah kepada Kelompok Tani Tebu Subur Jaya dari Desa Karangrejo Kecamatan Jakenan sebagai juara ke tiga kategori Pelaku Pembangunan Perkebunan Tingkat Jawa Tengah. (Indro Bin)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: