//
you're reading...
Nasional

Wamen Parekraf Buka Kegiatan Borneo Extravaganza 2014 Di Bali

borneoPontianak, BIN. Upacara adat “Ngopu Antank” dan Tarian selamat datang “Morarang” dari Kalbar sambut wakil Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif , Sapta Nirwandar, Pada acara Borneo Extravanza 2014 di Bali. (22/8). Kegiatan yang berlangsung di Mal Bali Galeria selain di hadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan, Drs. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM selaku host/Tuan Rumah juga, di hadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Keratif Kalimantan Timur, Selatan, tengah, dan Kalbar, serta undangan lainnya.
Di selenggarakannya Borneo Extravanza tahun 2014 bertujuan meningkatkan kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara dengan memberi wadah bagi pemerintah daerah se Kalimantan untuk melakukan promosi pariwisata secara terpadu Tahun ini, Borneo Extravanza 2014 mengangkat tema “Kalimantan-the Real Borneo” dalam pameran selama tiga hari yang menampilkan destinasi di kelima provinsi, sekaligus memperlihatkan keragaman budaya dan pariwisata Kalimantan atau yang di mancanegara lebih dikenal dengan nama Borneo .
Kemeriahan acara pameran Borneo Extravanza menghadirkan atraksi tarian dan budaya, fashion show busana serta berbagai kerajinan dan perhiasan batu-batu mulia dari Kalimantan Barat.
Dalam sambutannya, Sapta Nirwandar mengatakan, tahun 2013 sektor pariwisata Indonesia meraih kunjungan 8.802.129 wisatawan mancanegara (wisman) atau tumbuh 9,42 persen dengan perolehan devisa sebesar 10,05 milyar dollar AS atau naik 10,99 persen jika dibandingkan penerimaan devisa tahun 2012 yang sebesar USD 9,1 milyar. Nilai kontribusi tersebut menempatkan pariwisata dalam peringkat kelima dibawah migas, batubara, minyak kelapa sawit, dan karet olahan. Sapta Nirwanda menambahkan pencapaian target sektor pariwisata sepanjang tahun 2013 tersebut semakin menguatkan bahwa prospek pariwisata akan cerah pada tahun 2014.
Kemajuan pariwisata akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, karena pariwisata mempunyai dampak pengganda yang besar terutama dengan industri kreatif, yang mempunyai hubungan sangat erat dengan pariwisata. Pariwisata dan ekonomi kreatif juga sektor yang pertumbuhannya inklusif karena nilai tambahnya langsung dirasakan oleh masyarakat lokal. Berbagai sektor dalam industri kreatif sudah menjadi atraksi pariwisata yang semakin popular, seperti kuliner, seni pertunjukan, desain, ataupun fashion.
Sementara itu, selaku host/tuan rumah Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Drs. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM mengatakan, kemajuan pariwisata tentunya harus didukung oleh semua pihak terkait baik dari pemerintah daerah, pusat, maupun dari pihak swasta. Pulau Kalimantan memiliki luas wilayah yang sangat luas, di Kalimantan Barat sendiri luas wilayah melebihi pulau Jawa, hal ini tentunya membutuhkan perhatian serius khususnya di bidang pembangunan yang ada. Bagaimana wisatawan bisa berkunjung ke suatu daerah, jika di daerah tersebut memiliki jalan rusak, hal ini sangat berdampak semakin berkurangnya wisatawan yang akan berkunjung, dan membuat kerugian bagi daerah. Melalui even ini, diharapkan segala kendala yang terjadi untuk meningkatkan jumlah wisatawan bisa teratasi.
“ Bali merupakan pintu beradaban pariwisata di Indonesia, terselengaranya kegiatan di Bali, merupakan hal yang sangat tepat untuk menunjukan segala potensi yang ada di Kalimantan. kepada kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif, kita berharap even/kegiatan ini untuk terus di adakan, bila perlu di seluruh Indonesia, dan menjadi agenda setahun sekali, mengingat dengan jarak waktu dekat maka semakin membuat para wisatawan mudah untuk mengingat, dan berkunjung ke daerah Kalimantan,” tutur M. Zeet. (BG/H-KB).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: