//
you're reading...
Hukum & Kriminal

Aktifis LSM Di Polisikan

Manggarai/NTT (BIN). Aktivis LSM yang getol menolak tambang di laporkan ke Polres Manggarai pada tanggal 15 juli 2014 oleh PT. Aditya Bumi Pertambangan. Kapolres Manggarai AKBP Tony Binsar Marpaung,SH,SIK.MSi, melalui Kasat Reskrim Iptu Edy,SH.MH di Ruteng 8/8 membenarkan Laporan tersebut. Iptu Edy menjelaskan bahwa perusahaaan melaporkan Marianus Kisman alias Bobek yang mengaku aktivis dari LSM. Sdr. Bobek mengaku dari LSM, kepada perusahaan tersebut dia menjelaskan bahwa suaranya di dengar dan berpengaruh di Tumbak, desa Satar Punda, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur. Dia menawarkan diri dan meyakinkan kepada perusahaan bahwa dia bisa mendamaikan serta melunakkan orang-orang yang kontra, “saya bisa bantu,” katanya.
Tetapi bantuan tersebut ternyata tidak diberikan secara cuma-cuma, namun harus ada biaya operasional. Maka diberilah aktivis LSM tersebut uang sejumlah Rp.5.000.000,- yang di transfer melalui rekening keluarganya atas nama Rikardus Kumin pada tanggal 12 maret 2014, setelah uang itu masuk ke rekeningnya kemudian diserahkan ke Marianus Kisman alias Bobek. Atas perbuatannya tersebut Bobek dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. Untuk sementara kasus tersebut sedang didalami oleh pihak Kepolisian. Jelasnya Kasat Reskrim tersebut.
Ketika di Konfirmasi tim wartawan Berita Investigasi Nasional di Ruteng (10/8), Marianus Kisman alias Bobek menjelaskan, “ Pada waktu saya urusan keluarga di Ruteng, di rumah Kakak saya Marsianus Sintar di Kumba Ruteng, saya menerima telpon dari Rikardus Kumin, katanya ada telpon penting dari bapak Fidelis Doni seorang Polisi yang bertugas di Polres Manggarai. Pak Fidelis mau ketemu. Begitu saya datang, Kakak Rikar Kumin menelpon Bapak Doni meberitahukan bahwa saya sudah datang. Kurang lebih satu jam bapak Fidelis Doni kemudian tiba di rumah tersebut. Setelah bersalaman Pa Fidelis menelpon pihak perusahaan, pak Fidelis menyampaikan bahwa bobek sudah datang, tidak sampai satu jam, dua orang datang dan pak Fidelis menjelaskan bahwa mereka dari Perusahaan Adytia Bumi Pertambangan, lalu mereka memperkenalkan diri dengan nama Santoso dan Sony.” Jelas Bobek kepada Berita Investigasi Nasional.
Bobek melanjutkan bahwa pada saat pertemuan itu Pa Fidelis Doni mempersilahkan Pihak PT.ABP menyampaikan maksud kedatangannya. Pihak perusahaan menyampaikan untuk meminta bantuannya bagaimana agar bisa masuk ke Tumbak dan ketemu kelompok delapan Satar Teu, saya menjawab, kalau ke Tumbak itu tidak bisa, kalau anda mau silahkan datang sendiri ke Tumbak, kalau satar saya bisa bantu bisa pertemukan dengan Kelompok delapan. Pada saat pertemuannya sore hari, saya lupa tanggalnya,”Ungkapnya.
Besoknya Pak Rikar kumin, menanyakan kepada saya bagaimana biaya perjalanan kamu dalam mengurus persoalan ini, kemudian dia menelpon pak Fidelis menanyakan uang perjalanan, setelah itu Rikar Kumin menelpon ke perusahaan, bagaimana uang transportnya, Bobek memang tidak minta bos, teteapi bagaimana dia jalan. Hari yang sama uang ditransfer ke rekening Bank NTT Ruteng atas nama Rikar Kumin, kemudian uang diserahkan ke saya Rp. 5.000.000, dengan mengatakan ini uang untuk fasilitas.
Bobek menegaskan bahwa tidak pernah mengatakan bisa urus tumbak, “ untuk Tumbak saya tidak bisa, kalau bapak mau masuk silahkan, untuk satar teu saya bisa pertemukan bapak dengan mereka. saya tidak pernah meminta uang kepada perusahaan tidak pernah mendatangi perusahaan” ungkap Bobek.S.( Yos NTT)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,290 hits
