//
you're reading...
Nasional

Bantuan CSR dari Perusahan Tambang Untuk Pustu Marobola Belum Dilaporkan ke Dinas Kesehatan MATIM

Pustu yang direhab PT.MM

Pustu yang direhab PT.MM

Obat2 bantuan CSR PT.MM

Obat2 bantuan CSR PT.MM

Tempat tidur pasien dari PT.MM

Tempat tidur pasien dari PT.MM

Manggarai Timur,NTT-BIN–Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai Timur (Matim) tidak mengetahui terkait adanya bantuan sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) untuk fasilitas kesehatan seperti Puskesmas pembantu (Pustu) Marobola dari perusahaan tambang di desa Lenggur Lai kecamatan Elar kabupaten Matim. Bantuan yang ada berupa rehab bangunan Pustu, obat-obatan dan tempat tidur untuk pasien.
Kepala dinas Kesehatan kabupaten Matim, Philipus Mantur, yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (10/9) kaget setelah ditanya terkait bantuan CSR tersebut. Sejujurnya dia sama sekali tidak mengetahui kalau ada bantuan dari pihak perusahan tambang Manggarai Manganese (PT.MM) dalam bidang kesehatan di Pustu Marobola desa Lenggur Lai kecamatan Elar. Jika benar ada bantuan, mestinya harus melalui dinas Kesehatan. Ungkap Mantur.
“Saya baru tahu ada bantuan CSR itu. Selama ini tidak ada laporan dari tingkat pustu dan puskesmas setempat tentang bantuan tersebut. Kalau memang benar, pihak perusahan mestinya tidak boleh langsung ke pustu tapi melalui dinas, supaya ada surat pernyataan penyerahan bantuan”. ujar Mantur
Dia pun kesal karena selama ini, pihak Pustu Marobola terutama petugas dan Puskesmas Elar tidak menyampaikan terkait bantuan CSR tersebut. Mantur juga kesal kepada pihak perusahan tambang PT MM, yang memberikan bantuan tanpa melalui dinas kesehatan. Ada sejumlah bantuan dari pihak swasta selama ini dengan membantu fasilitas kesehatan di kabupaten Matim, tapi prosedurnya melalui dinas. Ini penting agar dinas memiliki data terkait bantuan dari pihak luar. Ungkapnya.
Dihadapan koran ini pun, Mantur langsung mengkonfirmasi hal itu kepada kepala Puskesmas Elar, Audaks Parlin, yang saat itu sedang mengikuti kegiatan di kantor dinas Kesehatan kabupaten Matim di Lehong. Dari penjelasan kepala Puskesmas Parlin, membenarkan adanya bantuan CSR dari PT MM di Pustu Marobola. Namun bantuan itu tidak juga diketahui oleh pihak Puskesmas Elar.
“Saya dapat informasi dari orang disana kalau ada bantuan itu. Ketika saya tanya ke petugas di Pustu itu, ternyata benar. Setelah sudah lama bantuan itu diserahkan ke Pustu, kami baru dapat informasi. Kami pikir dinas kesehatan telah mengetahui adanya bantuan itu, sehingga selama ini kami juga tidak informasikan ke dinas”, ungkap Parlin
Sementara Projek Manager PT.MM, Desta Tagor Harahap, kepada Berita Investigasi Nasional di Ruteng, Minggu (7/9) mengatakan pihaknya belum melakukan eksploitasi tambang di kawasan Sawisange desa Lenggur Lai kecamatan Elar, tapi aktifitas yang telah dan sedang dilakukan masih tahap eksplorasi (penelitian). Dalam kegiatan eksplorasi itu, ada tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat di wilayah desa, seperti bantuan dibidang kesehatan pada Pustu Marobola, yakni rehab bangunan Pustu, obat-obatan dan tempat tidur”. Jelas Diesta.
Diesta menjelaskan kepada Berita Investigasi Nasional bahwa ada juga bantuan untuk rumah ibadah seperti Kapela, rumah adat, bantuan untuk air minum bersih dengan membangun sejumlah bak air dan bangun fasilitas air minum lainnya.”Kami ada bantuan CSR untuk masyarakat disana. Bantuan itu tidak hanya sampai disitu. Masih ada bantuan CSR lainnya nanti”. Ungkapnya. (Yos Syukur)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: