//
you're reading...
Berita daerah, Hukum & Kriminal

Ilegal Loging Diduga Marak di Perbatasan Kab.Tojo Una-una

IMG2552AAmpana, (BIN)  – Setiap harinya puluhan bahkan ratusan meter kubik (m3) kayu ilegal keluar masuk perbatasan kab.Tojo Una-una tepatnya di Desa Longge kecamatan Ampana Tete Kab.Tojo Una-una. Tidak tanggung-tanggung pelaku pembalakan liar marak di daerah ini.

Hal ini berdasarkan hasil investigasi di lapangan Media BIN baru-baru ini saat bertandang ke pedalaman Desa Longge yang berbatasan langsung dengan wilayah kab.Banggai.

Sudah dikonfirmasi sebelumnya kepada staff kantor Dinas kehutanan kab.Tojo Una-una bahwa tidak ada izin pengolahan kayu di daerah Longge wilayah Kec.Ampana tete. Namun fakta berbicara lain karena ternyata ilegal loging marak di daerah yang cukup terpencil ini. Padahal dijalur perbatasan terdapat 2 Post penjagaan dari 2 Kabupaten. “Sudah lama dorang mengolah kayu didaerah ini,bahkan mereka tidak perduli dengan teguran saya,”kata Kades Obobalingara.

Kayu Log tersebut dibawa ke Somill Obo wilayah Kec.Nuhon dengan somill Padang Uloyo, wil.Kec.Ampana Tete.
Sudah berulang kali TIM dari media ini mengkonfirmasi pemilik 2 somill tersebut namun pemiliknya tidak bisa ditemui.

Sampai berita ini dimediakan belum ada pihak yang terkait yang bersedia memberikan keterangan. Dinas terkait dalam hal ini Dinas kehutanan Kab.Tojo Una-una dengan Kab.Banggai nampaknya tidak serius dalam menindak pelaku pembalak liar yang selama ini beroperasi di daerah perbatasan Longge-Obobalingara.

Sungguh ironis kalau hal ini tidak diketahui oleh petugas karena wilayah perbatasan yang menjadi akses keluar masuk Truck pembawa kayu illegal dijaga oleh petugas dari ke-2 Kabupaten. Sudah pernah ditegur oleh Kades Obobalingara tapi hanya dijawab kalau mereka hanya suruhan dari Ko’Joni oknum pembeli kayu ilegal.

“Kalau menegur tolong tegur bos kami,qok Joni dengan since,torang hanya pekerja biasa yang mencari sesuap nasi,” tutur kepala Desa Obobalingara sembari menirikan kata2 pekerja kayu ilegal diwilayah kerjanya. (Tam-BIN)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,133 hits
%d bloggers like this: