//
you're reading...
Berita daerah, Nasional, Politik & Korupsi

Tim BBM Kotim Bidik Penimbunan dan SPBU Nakal

“Bila terbukti bakal diberikan sangsi keras”

spbuSAMPIT-Kalteng, (BIN) – Tim Penertiban BBM Kabupaten Kotawaringin Timur terus melakukan Penertiban, tidak hanya menyasar para pelangsir yang setiap harinya beraktivitas di semua SPBU di Kotim, namun kali ini juga menyasar gudang-gudang yang diduga tempat penimbunan BBM.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Wartawan Berita Investigasi Nasional (BIN), Tim Gabungan yang dipimpin oleh Rudi Kamislan ini telah melakukan penyisiran dan penggerebekan terhadap Gudang yang diduga tempat penimbunan BBM jenis Solar milik Uung yang berada di jalan Walter Contrad Rt/Rw 35/06 Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Sampit Kabupaten Kotim.

Menurut Rudy mereka mengalami sedikit keterlambatan untuk melakukan penggerebekan digudang tersebut, menurut informasi warga yang tidak mau menyebutkan namanya bahwa,” sekitar lima menit yang lalu satu buah truk yang membawa dua buah tangki yang diduga berisi solar keluar dari gudang ini , saat Tim BBM tiba hanya menemukan beberapa frofil tank yang kosong,” ujar Rudy, (02/10/14)

Hasil temuan Tim di lapangan bahwa ada delapan profil tank yang berada di dalam gudang tersebut, dua diantaranya berkapasitas 1.200 liter, sementara enam lainya bisa menampung 5.200 liter. Menurut Uung pemilik gudang, benar bahwa gudang tersebut miliknya, “gudang tersebut hanya tempat penyimpanan kendaraan roda empat saja, seperti truk dan pikap saya disimpan disini, kalau profil tenk itu hanya titipan saja, isinya juga kosong” jelasnya ketika ditanya Tim BBM.

Pantauan Wartawan BIN bahwa Uung akan segera memindah profil tank tersebut dari dalam gudang ketempat yang berbuka, “ Saya letakan saja profil ini di pinggir jalan lalu saya tulis bahwa profil tenk ini mau dijual,” ucap Uung

Sebelumnya pada hari yang sama Tim BBM juga telah melakukan penertiban di SPBU Kecamatan Kota Besi dan SPBU yang berada di jalan Tjilik Riwut Km.8 Sampit. Penertiban ini tidak membuahkan hasil, diduga sebelum operasi ini digelar sudah bocor, sehingga pada saat Tim BBM tiba tidak seorangpun pelangsir yang terjaring.

Ada beberapa SPBU yang akan dijadikan target karena Tim BBM sudang mengantongi SPBU mana saja yang selama ini dianggap nakal, tinggal menunggu waktu saja kapan waktu yang tepat untuk mengunngkap kasus tersebut.

Ditambahkan Rudy, sejauh ini memang belum ada ditemukan yang mengarah ketindak pidana yang dilakukan oleh pemilik SPBU. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan ada permainan antara pengelola SPBU maupun operatornya, mengingat sampai saat ini kegiatan para pelangsir masih terus berjalan.

“Saat ini indikasi pelanggaran kuat yang dilakukan kalangan pelangsir, mengingat kegiatan ini sipatnya komersil, jadi kalau ditemukan barang bukti jual beli tanpa ada izin niaga atau pengangkutan, maka akan segera diproses,” tambah Rudy.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan sudah tercapai komitmen untuk menindak para pelaku kelas besar, “ Dari hasil Razia selama beberapa hari ini , pelanggaran hanya dilakukan orang-orang kecil, sementara target saat ini meencari pemain besar,” ulasnya.

Sementara itu menurut Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bongkar Audy Valent yang juga bagian dari Tim BBM, meminta kepada DPRD Kotim serta LSM lainnya ikut turun ke lapangan melihat kondisi BBM saat ini ,

” Jangan hanya bisa menyalahkan Tim BBM, tidak ada gunanya seperti itu, kalau mau ikut Tim turun langsung lihat kondisi di lapangan,” tegas Audy.

Sebagai Koordinator Forum Bersama (Forbes) LSM di Kotim, ia mengatakan masalah BBM saat ini bekan lagi masalah orang per orang,” Tidak akan selesai kalau hanya Saling salah menyalahkan, termasuk teman-teman LSM kalau mengetahui informasi pemain besar ayo ikut tunjukan kepada kami, ” tambah Audy, diakui bahwa Kinerja Tim BBM saat ini masih belum maksimal. (to)

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

lowker

Edisi 101

101_Page_01

Pendiri / Pimpinan Umum

pimred

” Siap Tangkap & Penjarakan KORUPTOR …! “

LOGO W CORRUPTION web
16Y

STOP PRESS !

stopress web joko purnomoedi tengku h martono marshandi

Arsip Berita

Kategori Berita

Kumpulan Berita

Fan’s page BIN

Blog Stats

  • 211,113 hits
%d bloggers like this: